20 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Bilang “Iya Ya, Kita Banget!”

20 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Bilang “Iya Ya

Di buku-buku sejarah dikatakan penjajah gampang datang ke Indonesia karena kebiasaan orang Indonesia itu ramah dan baik hati terhadap orang asing. Ada benernya sih kalau melihat kenyataan sekarang.

Kebiasaan orang Indonesia saat ini kalau ketemu bule di jalan pasti nyapa “Halo, mister…” Apalagi kalau anak-anak dan di lokasi wisata.

Disapa begitu, misternya cuma senyam-senyum doang. Tapi kayaknya yang sering disapa hanya bule cowok ya. Kamu ga pernah nyapa bule cewek dengan sapaan halo mister kan?

Kebiasaan orang Indonesia nyapa orang lain itu baik, meski kadang disalahpahami oleh orang yang disapa. Tapi ada juga lho kebiasaan orang Indonesia yang bikin geleng-geleng kepala. Jangan-jangan kamu salah satu orang yang punya kebiasaan ini.

Simak nih 20 kebiasaan orang Indonesia yang mungkin bakal bikin kamu bilang, “Iya, ya, aku banget!”

1. Bulan ini berapa tanggal merahnya?

Hari Kejepit Nasional selalu dirayakan banyak orang di Indonesia.

Pertanyaan itu sering keluar dari pekerja khususnya pas awal bulan. Baru memulai bulan untuk bekerja, eh, udah pengin cepet-cepet libur.

2. Mumpung ga ada polisi
Mumpung ga ada polisi Aji mumpung selalu diandalkan. Mumpung ga ada polisi, lampu merah bablas saja.

Yakinlah hanya satu di antara seribu orang Indonesia yang taat kepada aturan di jalan. Entah pemotor entah pemobil, kalau di jalan ga ada polisi ya bablas aja walau lampu menyala merah, apalagi pas malem.

3. Nyingkat kata
Nyingkat kata Hayo, siapa yang lagi galon sekarang alias gagal move on

Dari pejabat sampai orang biasa di Indonesia punya kebiasaan menyingkat kata. Tahu kepanjangan ipoleksusbudhankam? Pejabat Indonesia hebat banget bisa nyingkat tujuh kata jadi satu kata saja.

4. Cuiiih
CuiiihPernah ga sih liat di jalan banyak ludah nemplok.. jijai bajai deh

Pernah ga sih di jalan liat ludah di mana-mana? Orang Indonesia entah kenapa hobi ngeludah di jalan. Apalagi pas batuk. Ewwww

5. Pengin cepet
Pengin cepet Orang Indonesia sangat menghargai waktu. Antre dianggap buang-buang waktu.

Mungkin ini penyebab mi instan laku banget di Indonesia. Semuanya serba pengin cepet. Mau isi bensin ga mau antre. Mau pinjem duit di bank ga mau ikut prosedur, maunya dateng, ke teller, kasi KTP, pulang bawa duit. Lha kok enak bingiiitttss?

6.  Ngaret
Ngaret Sekarang tu zamannya WIB, alias Waktunya Indonesia Berdisiplin

Janjian ketemu ama temen-temen jam 5, eh, datengnya jam 6. Dalihnya sengaja ga dateng tepat waktu: “Halah, paling yang lain juga telat.”

7. Banyak alasan
Banyak alasan Orang Indonesia punya segudang alasan biar lepas dari kesalahan

Kalau sudah ketahuan salah langsung sibuk ngeluarin jurus seribu alasan. Udah gitu dalam alasannya, malah sempet-sempetnya nyalahin orang lain!

8. Nyampah
Nyampah Kalau kaya akan budaya sih oke. Tapi kalau kaya akan sampah?

Buat orang Indonesia, pelajaran SD yang paling gampang dilupain kayaknya adalah jangan buang sampah sembarangan. Dari Sabang sampai Merauke, sampah gampang ditemui di jalan, kali, got, apalagi di kota besar.

9. Nggosip
Nggosip Nggosip pun ga perlu lagi lewat tatap muka sekarang, berkat Facebook

Entah emansipasi entah apa, sekarang ini bukan hanya ibu-ibu yang doyan nggosip. Bahkan pas bulan puasa infotainment gosip di tivi-tivi ga nutup warung.

10. Ngutang
Ngutang Ngutang boleh-boleh aja, asal jangan lupa dibayar lunas

Yang paling ngerti kebiasaan orang Indonesia yang satu ini kayaknya pemilik warteg dan pedagang di pasar-pasar. Apalagi pas akhir bulan.

11. Ngerokok di mana-mana
Ngerokok di mana-mana Gak peduli aturan dibikin gimana, kalau lagi pengen ngerokok ya kelepussss…

Ga peduli walau lagi di stasiun, terminal, atau tempat umum lain, orang Indonesia terutama yang cowok ga lupa melakukan hobinya: ngerokok. Udah gitu kalau ditegur marah padahal banyak orang ga ngerokok di sana.

12. Menggalaukan diri
Menggalaukan diri Berkat Facebook, Path, Twitter, pengumuman galau orang Indonesia bisa dibaca seluruh umat manusia.

Bisa jadi yang paling bahagia atas terciptanya Facebook, Twitter, dan Path adalah orang Indonesia. Kalau ga ada media sosial itu, di mana lagi orang Indonesia menggalaukan diri di depan orang banyak?

13. Nyesel belakangan
Nyesel belakangan Sering ga pikir panjang, hantam rata, daaaan menyesal kemudian

Udah tahu punya tanggungan kredit motor tapi masih suka foya-foya ga ngatur keuangan. Akhirnya motor disita karena nunggak cicilan. Terus ngeluh, “Duh, bangkrut deh.” Nyesel kaaann?

14. Ngritik sana-sini, tapi…
Ngritik sana-sini, tapi Kritik boleh, tapi harus konsekuen, ga lempar batu sembunyi tangan

Jadi tukang kritik itu bagus, tapi harus konsekuen dengan apa yang dikritik. Jangan malah ngelakuin hal yang dikritik secara sembunyi-sembunyi.

15. Nawar sampai mati
Nawar sampai mati Yang paling menderita karena kebiasaan ini tukang sayur di pasar

Biasanya ibu-ibu yang suka begini. Biarpun harga bawang di pasar dipatok pas Rp 1000 ama penjualnya, demi duit keluarganya, si ibu bakal nawar Rp 900. Kalau ga boleh, dia carilah penjual lain.

16. Beraninya rombongan
Nawar sampai mati Orang Indonesia kalau sudah “bersolidaritas” dengan kelompoknya susah dilawan

Kalau lagi nggerombol, cowok bakal rame sampai teriak-teriak godain cewek yang lewat. Tapi kalau pas sendirian, melempem.

17. Lupa
LupaNah ini ga heran lagu yang liriknya cuma “lupa lupa lupa syairnya” populer di Indonesia

Kebiasaan lupa naruh barang, bawa dompet, bawa hape, bahkan bawa anak dimiliki banyak orang Indonesia. Cek deh di mal, pasti hampir tiap hari ada pengumuman “Telah hilang, anak umur 5 tahun…”

18. Pacaran di jalan
Pacaran di jalan Bro, beneran deh, daripada pacaran di pinggir jalan, mending nonton TV bareng di rumah

Aksi muda-mudi pacaran di atas sepeda motor di jalan sudah jadi pemandangan lumrah. Ada yang cari tempat gelap di pinggir kali, ada juga yang nangkring di atas jalan layang.

19. Nertawain temen yang kena musibah
Nertawain temen yang kena musibah Udah tau orang kena musibah, bukannya nolongin, malah bikin meme ejekan.. nyebarin pula di medsos! ckckck

Udah tau temen kejedot pintu, kitanya malah ngakak. Tapi pas kitanya yang kena musibah terus diketawain marah-marah.

Lebih kacau lagi yang bikin meme-meme becanda dari suatu musibah. Terus, ada aja gitu yang nyebarin di medsos nganggep itu lucu!

20. “Bisa dikondisikan, ga?”
Bisa dikondisikan, ga? Kalau udah urusan ama polisi biasanya jurus ini keluar

Kalau ada masalah, apalagi sama polisi, pasti pengin cari jalan pintas dengan cara nyogok. Bukan rahasia umum bahwa penegak hukum di Indonesia juga mau-mau aja “dikondisikan”.

Itulah 20 kebiasaan orang Indonesia yang sering terpantau. Kebiasaan kamu yang mana? Hayo, ngaku.

 

Sumber : https://blog.duitpintar.com/20-kebiasaan-orang-indonesia-yang-bakal-bikin-kamu-bilang-iya-ya-kita-banget

Tulis Komentarmu