Kunci Sukses Bisnis Freelancer

Kunci Sukses Bisnis Freelancer

Banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi seorang freelance yang kreatif dan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah. Seorang pekerja freelance yang profesional tentu akan mudah memperkenalkan dirinya kepada calon pengguna jasanya. Bahkan, tidak akan ada orang yang bisa meniru apa yang dilakukan oleh pekerja freelance kreatif dan juga profesional. Hasil-hasil karyanya selalu mampu memuaskan pengguna jasanya sehingga tak ragu untuk menjalin kerja sama dengannya kembali. Berikut ini beberapa hal yang bisa diterapkan agar menjadi seorang pekerja freelance yang sukses.

 

Jangan melewati batas waktu yang ditentukan

Bukan hanya seorang pekerja kantoran saja yang harus bekerja tepat waktu. Seorang pekerja freelance pun harus bisa menyelesaikan pekerjaannya tanpa melewati batas waktu yang telah disepakati. Anda harus bekerja bahkan berjuang lebih keras dari biasanya agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jangan pernah sekali-sekali menyamakan pekerjaan freelance dengan aktivitas nongkrong bersama teman-teman yang boleh tertunda setiap saat. Pasalnya, keterlambatan terlebih dalam bidang pekerjaan akan menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai waktu orang lain dan bisa jadi Anda mendapat reputasi buruk di mata pelanggan. Anda bisa mengatur waktu yang ada sedemikian rupa agar setiap pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu.

 

Tunjukkan sikap yang ramah

Bukan hanya kepada seorang pegawai kantoran saja, seorang customer tentu akan merasa enggan bekerja sama jika Anda teridentifikasi sebagai seorang pekerja freelance dengan sikap yang buruk. Artinya, Anda harus tetap bersikap ramah walaupun hanya melakukan pembicaraan by phone ataupun email. Jangan menjadi seseorang yang sangat sulit dihubungi seolah-olah Anda adalah seorang pejabat pemerintahan yang sangat penting. Jika memang Anda berbuat kesalahan maka segera minta maaf dan memperbaiki pekerjaan yang salah tersebut. Sebaliknya jika klien Anda yang melakukan kesalahan maka tetap hadapi dirinya dengan sopan dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah disepakati. Jangan pernah menunjukkan sikap yang menyebalkan seolah-olah tidak ada pekerja freelance lainnya yang lebih baik dari Anda.

 

Perhatikan pekerjaan Anda

Jika Anda sudah memulai sesuatu maka segera selesaikan dan jangan sampai membuatnya berantakan. Jika memang Anda sudah mengacaukan pekerjaan tersebut maka sebaiknya Anda tetap bertanggung jawab. Dengan belajar dari kegagalan tersbeut maka diharapkan Anda bisa menjadi seorang yang lebih baik ke depan nantinya. Dan mulailah untuk selalu berkomitmen dengan apa yang sudah dikatakan. Oleh karena itu, sebelum menyerahkan pekerjaan Anda kepada klien maka sebaiknya dikoreksi terlebih dulu. Jangan menyerahkan sebuah pekerjaan kepada klien dengan hasil yang tidak rapi atau terkesan seadanya, terlebih dalam keadaan yang memang belum terselesaikan. Dengan selalu melakukan koreksi pada setiap pekerjaan Anda, maka seiring berjalannya waktu pekerjaan Anda pun akan semakin berkualitas.

 

Jangan memberikan penawaran secara berlebihan

Sebagai pekerja freelance, mungkin Anda pernah menyelesaikan salah satu kontrak kerja sama. Bahkan, kontrak tersebut adalah pekerjaan terbesar yang pernah Anda lakukan. Tapi, bukan berarti hal tersebut harus menjadi sebuah hal yang terus menerus untuk diceritakan kepada klien. Disaat berbincang dengan klien maka jangan sampai Anda terlihat lebih dominan dengan selalu membanggakan hasil pekerjaan yang sebelumnya. Selain itu, jangan terkesan memberikan hasil yang luar biasa jika Anda memang tidak mampu untuk melakukannya.

 

Meminta feedback

Sebuah hasil pekerjaan yang baik itu salah satu faktornya adalah adanya komunikasi yang baik diantara Anda dengan klien. Jadi, usahakan agar klien bisa menyampaikan apa yang diinginkannya. Begitu pula dengan Anda agar bisa menyelesaikan pekerjaan seperti yang diinginkan oleh klien. Namun yang perlu diingat adalah dengan cara tidak merendahkan diri Anda sendiri sehingga terkesan menuruti semua keinginan pelanggan. Anda boleh meminta feedback kepada klien terkait progress pekerjaan yang sedang berjalan. Jika memang bisa membantu untuk menyelesaikan pekerjaan maka gunakanlah masukan tersebut sebaik-baiknya. Jangan pernah menutup diri dari kritik yang disampaikan oleh klien demi hasil kerja yang lebih baik.

 

Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih

Bagi banyak orang, mengucapkan terima kasih mungkin terlihat sebagai sesuatu yang remeh. Padahal, ucapan tersebut sangat berpengaruh besar bagi seseorang atas apa yang sudah dikerjakannya. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengucapkan terima kasih kepada klien atas kerja sama yang sudah terjalin. Jika memang klien tampak senang dengan hasil pekerjaan Anda maka jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas apresiasi atau pujian yang sudah diberikan. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan berikutnya.

 

Enjoy dengan apa yang dikerjakan

Bekerja dalam bidang apapun, Anda akan merasa tertekan jika tidak bisa menikmati setiap pekerjaan yang diberikan. Oleh karena itu, Anda harus selalu mencintai pekerjaan Anda walaupun hanya dengan status sebagai seorang pekerja freelance. Jika Anda tidak mampu menikmati pekerjaan dengan baik maka yang terjadi adalah Anda tidak menghargai setiap pekerjaan yang didapatkan. Padahal, belum tentu orang lain bisa mendapatkan pekerjaan seperti yang didapat oleh Anda. Selain itu, jangan terlalu berharap lebih dengan pekerjaan yang sudah didapat. Jika memang nantinya klien memberikan tambahan uang maka hal tersebut patut disyukuri. Tapi, jika klien membayar sesuai dengan yang telah disepakati sekalipun Anda merasa berhak mendapat lebih maka hal tersebut tetap harus disyukuri. Jadi, pastikan Anda selalu menikmati setiap pekerjaan yang didapat sehingga bisa menyelesaikannya tanpa ada rasa beban.

Seorang pekerja freelance pasti akan menjalin kerja sama dengan banyak orang yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memperluas jaringan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki dari waktu ke waktu. Anda harus selalu bersikap ramah saat menjalin hubungan kerja sama dengan klien agar memiliki image yang baik sehingga bisa menjadi rekomendasi bagi calon klien yang lainnya

Sumber: http://studentpreneur.co/kunci-sukses-bisnis-freelancer/

Tulis Komentarmu