Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email Lamaran Kerja?

kapan waktu yang tepat untuk mengirim email lamaran kerja

Dalam mengirim email lamaran kerja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Selain isi atau konten dari email itu sendiri, kamu juga harus perhatikan waktu yang tepat untuk mengirimkan email lamaran kerja.

Ini dia, tips dari CEO Top Karir menganai isi CV untuk mahasiswa! Apa aja sih? 

Pastinya pihak HRD akan mendapatkan banyak email masuk setiap harinya dari para pelamar kerja. Jadi, kira-kira waktu yang tepat untuk kirim CV tuh kapan sih?

Waktu Terbaik Mengirim Email Lamaran Kerja

Ternyata, waktu yang tepat untuk mengirimkan email lamaran kerja itu di hari kerja lho, YOTers. Berdasarkan data yang dihimpun dari Mailchimp, kecenderungan membuka email itu memang banyak dilakukan pada hari kerja dibandingkan hari libur. Lalu dilansir dari Business Insider, waktu terbaik untuk mengirimkan email lamaran kerja adalah antara jam 06.00 hingga 10.00 pagi. Waktu tersebut memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan respon positif dari HRD.

Saat Jam Makan Siang?

Sementara itu, data yang dihimpun dari TalentWorks juga mengungkapkan bahwa waktu setelah makan siang, yakni sekitar pukul 12.30 juga merupakan waktu yang tepat untuk mengirim email lamaran kerja. Karena, sebagian orang memanfaatkan waktu ini untuk mengecek email.

Apa Saja yang Harus Dicantumkan di Email?

Nah, setelah tahu kapan waktu yang tepat untuk kirim email lamaran kerja, jangan lupa untuk memperhatikan kembali CV serta portofolio yang akan kamu kirimkan. Ingat ya, lampirkan beberapa poin penting saja di CV. Karena, cukup 1 menit saja HRD akan menilai dirimu dari CV-mu.

Pastikan kamu mencantumkan beberapa poin penting seperti pengalaman berorganisasi, pencapaian yang diraih, jabatan di organisasi tersebut, job desc yang harus dipercayakan untuk kamu, atau tuliskan secara singkat pengalaman kerja kamu (untuk yang sudah pernah bekerja sebelumnya), lalu sertakan pencapaian kamu di perusahaan sebelumnya.

Gimana? Mudah dimengerti bukan? Yuk, mulai dari sekarang, jangan asal mengirim lamaran, tapi perhatikan juga jam-jam mengirim lamaran. Jangan malah kamu mengirim lamaran di jam selesai kantor.

Selamat mencoba!

TOEFL dan IELTS berguna gak sih untuk karir? Nah, yuk cari tahu jawabannya di sini!

Ingin mendapatkan bacaan seputar karir atau bacaan inspiratif lainnya? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel, video, ataupun podcast dari narasumber yang berpengalaman? Yuk, bergabung menjadi premium member Young On Top di sini!

 

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

5 thoughts on “Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email Lamaran Kerja?

  1. Pingback: Jangan Sembarangan Kirim Lamaran Kerja! | Young On Top

  2. Pingback: Saat Gak Dapet Kepastian dari HRD Soal Lamaran Kerja | Young On Top

  3. Pingback: Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi! Wah, Siapa yang Tertarik? | Young On Top

  4. Pingback: Budaya Kerja Orang Korea yang Layak ditiru | Young On Top

  5. Pingback: Tetap Happy di Tanggal Tua dengan 3 Tips Ini! | Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *