Langkah Membuat Rencana Pengembangan Diri

Langkah Membuat Rencana Pengembangan Diri

Setiap manusia tentunya selalu ingin mengembangkan diri atau menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Maka tak heran, jika kita akan selalu berusaha dan mempelajari hal-hal baru. Namun, jika kita ingin mengembangkan diri, kita harus membuat rencana agar kita bisa mengukur apakah kita sudah berkembang atau belum. Berikut ini ada beberapa langkah untuk membuat rencana pengembangan diri:

 

  1. Pahami kekurangan dan kelebihanmu

Jika kamu ingin mengembangkan diri, kamu harus tahu dulu apa kelebihan dan kekuranganmu. Dengan tahu akan kelebihanmu, tentunya akan menjadi peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih berkembang lagi. Sedangkan dengan tahu kekuranganmu, akan menjadi acuan agar kamu bisa mengatasinya.

 

  1. Buatlah list tujuan penting dalam hidup kamu

Setelah kamu tahu kelebihan dan kekuranganmu. Inilah saatnya menyusun list tujuan dalam hidupmu. Hal ini sangat penting, list tujuan akan menjadi tolak ukur apakah kamu berkembang atau tidak. Baik dari segi pengetahuan maupun soft skill. Tulislah beberapa tujuan hidupmu untuk memantau hasilnya.

 

  1. Tetapkan batas waktu

Dengan menerapkan batas waktu, kamu bisa mengukur apakah dalam jangka waktu tersebut segala tujuanmu sudah tercapai atau belum. Dengan menetapkan batas waktu, kamu tidak akan membuang waktumu secara percuma.

 

  1. Saatnya bertindak

Setelah rencana sudah tersusun, inilah saatnya kamu bertindak. Lakukan hal-hal yang menunjang tercapainya tujuanmu. Mungkin kamu akan mengalami berbagai hambatan atau kendala, tapi percayalah YOTers. Untuk menjadi sukses tidak ada yang instan.

Itulah beberapa langkah untuk membuat rencana pengembangan diri. Ingatlah bahwa dengan membuat perencanaan akan membantu kamu dalam mencapai cita-cita maupun tujuan hidupmu.

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

One thought on “Langkah Membuat Rencana Pengembangan Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *