Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Pemuda itu harusnya kasih aksi, bukannya malah menebar janji. Salah satunya adalah ngasih bukti kalo bisa berkontribusi untuk Indonesia. Nah itulah yang dilakukan sama teman-teman YOT Kota melalui lima pilarnya, yaitu di bidang catalyst (pendidikan), energy (kesehatan), green (lingkungan hidup), social (sosial) dan entrepreneurship (kewirausahaan). Apa aja kegiatan yang udah dilakukan sama YOT Kota sebagai bagian dari #MenyatukanINDONESIA? Ini dia:

 

Dialog Psikologi – YOT Solo

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia pada 10 Oktober lalu, YOT Solo menyelenggarakan dialog psikologi dengan tema ‘Kemana Aku Mencari Jati Diriku’ pada hari Minggu (13/10) lalu. Tema ini berawal dari keresahan YOT Solo dalam melihat masyarakat sekitar terutama kalangan mahasiswa yang belum memahami mengenai passion dan pengelolaan emosi. Padahal kedua hal tersebut punya nilai yang tinggi dalam mengatur atau me-manage kesehatan mental masing-masing individu.

Acara ini mendapat sambutan dari Riki Sonjaya (Direktur Operasional Young On Top) dan ketua penyelenggara. Kemudian acara yang diselenggarakan di UMS ini dilanjutkan dengan materi yang diisi oleh Salma Afifah, S.Psi dan Guta Aulia Nurani, M.Si. Oh ya, acara ini merupakan hasil kolaborasi antara YOT Solo dengan LPM PSYCHE Fakultas Psikologi UMS dan di-support oleh KPSI Simpul Solo Raya dan Healing Consulting.

 

Indonesia Bebas Asap Karhutla – YOT Yogyakarta

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Sadar akan bahaya dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia sepanjang tahun 2019 kemarin, YOT Yogyakarta menyelenggarakan kampanye ‘Peduli Perlindungan Hutan Atas Karhutla’ pada hari Minggu (13/10) lalu. Kampanye yang diselenggarakan di Titik Nol KM Malioboro ini mengajak para wisatawan dan warga lokal untuk lebih peduli akan manfaat hutan dan karhutla.

Acara yang diikuti oleh 29 partisipan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang penyebab dan dampak dari karhutla serta manfaat hutan bagi dunia. Kegiatan ini tentunya diharapkan bisa menginspirasi para pemuda sebagai agen perubahan untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kepedulian akan pentingnya merawat lingkungan.

 

Kamis Rutin – YOT Solo

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Teman-teman YOT Solo juga nggak ketinggalan dalam menunjukkan kontribusinya untuk Indonesia. Pada hari Kamis (10/10) lalu, YOT Solo mengunjungi anak-anak di daerah pinggiran rel kereta api Gilingan yang dikembangkan oleh Komunitas Sekolah Pos. Kunjungan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan YOT Solo setiap bulannya. Kegiatan ini diisi dengan bimbingan belajar dan pemberian nilai-nilai untuk anak-anak usia TK hingga SMP.

Kegiatan ini juga diisi oleh games perkenalan yang diharapkan agar anak-anak lebih peduli dengan sekitarnya. Kemudian, anak-anak juga diberikan waktu untuk menampilkan bakat menarinya. Kunjungan ini memberikan pesan kepada kita yaitu, ‘betapa kreatifnya anak-anak kita jika kita sebagai orang dewasa bisa mendukung minat dan bakatnya.’

 

Roadshow Love Donation – YOT Purwokerto

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Bentuk kepedulian terhadap sesama itu bisa berbagai cara bentuknya, salah satunya melalui donor darah. Karena itu, sub divisi energy YOT Purwokerto menyelenggarakan kegiatan Roadshow Love Donation pada Senin (21/10) lalu. Acara ini dilakukan secara konsisten sebagai wujud dari kepedulian terhadap sesama, karena setetes darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Melalui kegiatan ini, pemuda dan pemudi dapat berkontribusi secara langsung dalam kegiatan sosial untuk membantu orang lain.

Acara yang mengusung tema ‘Purwokerto for Thalassemia,’ ini berhasil mengumpulkan 98 kantong darah dengan total pendaftar sebanyak 119 orang. Acara ini sukses diselenggarakan dengan melihat meningkatnya jumlah pendonor. Love Donation kali ini, YOT Purwokerto berkolaborasi dengan KSR IAIN Purwokerto. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya persaudaraan dan rasa tolong menolong antar sesama manusia.

 

YOT Class – YOT Jember

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Dalam rangka menyambut Hari Keuangan Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Oktober mendatang, divisi catalyst YOT Jember menyelenggarakan program literasi keuangan yang berjudul ‘Ngatur Duwit, Ngatur Uripmu’ bersama OJK Jember pada Minggu (20/10) lalu di Ctrl A, Ruko Pandora Square, Jember. Acara ini berfokus pada pembahasan mengenai tips dan trik untuk pelajar dan mahasiswa dalam mengatur keuangan.

Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini diisi oleh Azilsyah Noerdin (Kepala OJK Jember) tidak hanya membahas peran OJK sebagai lembaga independen yang berfungsi untuk mengawasi kegiatan pada sektor jasa keuangan. Di luar itu, para peserta juga memperoleh insight mengenai bagaimana tips dalam mengalokasikan keuangan dan investasi untuk pemula dan juga mengenai bahaya keuangan yang dapat mengancam pengguna jasa keuangan. Acara ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan para pelajar dan mahasiswa di Jember.

 

YOT Class Internal – YOT Malang

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Berkontribusi untuk Indonesia juga harus didukung dengan pengetahuan dan soft skill. Hal tersebutlah yang memotivasi YOT Malang untuk menyelenggarakan YOT Class Internal pada Senin (30/9) lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari divisi Personal General Affair dan merupakan kegiatan pertama di batch 9. YOT Class Internal ini mengangkat tema ‘Modal Awal Menuju Dunia Kerja’ yang dibawakan oleh Riki Sonjaya (Direktur Operasional Young On Top).

Dalam sesi sharing-nya, Riki Sonjaya bercerita tentang perjalanan studi dan karirnya yang tidak terlepas dari prinsip kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Tidak hanya itu, ia juga berpesan bahwa tingkat percaya diri juga mampu membawa siapa saja untuk meraih kesuksesan. Riki juga membagikan tips and trick yang harus dikuasai oleh pelamar kerja, salah satunya dalam pembuatan CV. Riki juga menyampaikan pesan bahwa untuk memperoleh kesuksesan, anggota YOT harus memberi dampak bagi lingkungannya sehingga komunitas YOT dapat terus menginspirasi orang lain untuk bergerak maju.

 

YOT Mengajar – YOT Jakarta

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Teman-teman YOT Jakarta juga baru aja selesai menyelenggarakan acara nih, yaitu YOT Mengajar. Kegiatan dari divisi catalyst ini diselenggarakan pada hari Minggu (20/10) lalu dan berkolaborasi dengan komunitas Rubic Madani. Dalam kegiatan ini, YOT Jakarta memberikan pengajaran berupa kreasi origami kepada adik-adik di komunitas tersebut. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mereka dalam membuat kreasi berbagai bentuk.

 

YOT Gathering – YOT Medan

Pemuda Itu Aksi, Bukan Cuma Kasih Janji!

Menyatukan Indonesia salah satunya juga gak terlepas dari kerukunan dan kekompakan yang harus dijaga oleh setiap warga Negara-nya. Nah, makanya teman-teman YOT Medan mengadakan YOT Gathering, yaitu acara kumpul bersama internal YOT Medan yang dikemas dalam bentuk outbound dan workshop. Dimana acara ini juga ingin memperkenalkan Young On Top kepada anggota internal YOT Medan secara khusus kepada batch 5 YOT Medan yang baru aja bergabung.

Gak hanya sekedar menjaga kerukunan dan kekompakan aja, acara ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan seputar manajemen acara melalui workshop yang diselenggarakan. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar anggota internal YOT Malang melalui outbound.

 

Nah itu dia berbagai kegiatan yang diselenggarakan YOT Kota sebagai bagian dalam tujuan untuk #MenyatukanINDONESIA. Kita sebagai pemuda tentunya harus memberikan kontribusi terhadap Negara kita tercinta melalui kegiatan positif. Yuk jadi bagian dalam #MenyatukanINDONESIA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *