Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Sumpah Pemuda

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

 

Hari ini, tepatnya di tanggal 28 Oktober kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, sebuah momentum dimana 91 tahun yang lalu para pemuda Indonesia bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan. Para pemuda Indonesia kemarin, kini dan nanti tentunya masih harus memiliki semangat juang yang sama, yaitu ingin bersama-sama Menyatukan Indonesia. Hal tersebut juga disepakati oleh YOTers yang memberikan pandangan mereka mengenai Sumpah Pemuda dan bagaimana seharusnya pemuda berperan untuk Menyatukan Indonesia. Yuk kita simak!

 

Selistia Toha (YOT Solo)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Hakikat perbedaan bukan berarti penyekat. Meski berbeda tetap memiliki tujuan yang kuat. Tetap berbeda karena kami Bhinneka Tunggal Ika. #MenyatukanIndonesia

 

Muhammad Fhadel Chaniago (YOT Balikpapan)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Menyatukan Indonesia adalah menyatukan seluruh warga negara Indonesia yang berbeda-beda mulai dari suku, agama dan bahasa. Dari hal tersebut kita belajar, setiap orang tidak pernah ada yang sama, pasti selalu terdapat perbedaan. Indonesia itu unik, dengan perbedaan yang dimilikinya kita bisa belajar bagaimana bersikap untuk menghargai satu sama lain dan melalui perbedaan kita buktikan kita tetap bisa bersatu. Itulah Bhinneka Tunggal Ika.

 

Desita Raudiyatuz Zahra (YOT Solo)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Bagi generasi muda jaman sekarang pasti sudah familiar banget sama yang namanya media sosial. Berbagai informasi bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media sosial. Tapi sayangnya tidak semua informasi yang kita terima merupakan informasi yang benar, beberapa di antaranya tidak bisa dibuktikan kebenarannya alias berita palsu atau hoax. Berita palsu atau hoax yang beredar di media sosial dapat mempengaruhi pemikiran orang-orang dan memecah belah persatuan masyarakat. Keadaan tersebut dapat menimbulkan ketidakharmonisan hubungan masyarakat dan berimbas pada konflik sosial. Menurutku salah satu langkah kita sebagai generasi muda dalam #MenyatukanINDONESIA ialah tidak ikut-ikutan termakan hoax dan menyadarkan masyarakat dari bahaya hoax. Tidak semua berita harus kita percaya 100%, akan tetapi harus kita filter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa berita tersebut benar atau tidak. Kita bisa melakukan riset kecil dengan mencari darimana dan siapa sumber berita tersebut.

 

Daniel Saputra (YOT Banjarmasin)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Indonesia punya banyak suku dan budaya

Indonesia kaya dengan sumber daya nya

Indonesia juga punya banyak macam agama

Indonesia juga punya kekuatan yang luar biasa

Salah satunya pemuda pemudi Indonesia

Pemuda yang hebat adalah pemuda merawat Kebhinekaan Tunggal Ika

Menyatukan Indonesia adalah menjadi tujuan utama, bukan untuk orang-orang tertentu saja. Kita lah bagian dari Indonesia justru merawat Indonesia dalam kemajemukannya

Kuat sumber daya manusia nya menjadi Indonesia satu dalam Bhinneka Tunggal Ika

Merangkul siapa saja tanpa membedakannya

Memeluk siapa saja tanpa memandang latar belakangnya

Mendukung setiap siapa saja untuk bersinergi bersama-sama membangun Indonesia

Saya pemuda, saya Menyatukan Indonesia dalam keberagamannya.

 

Apriliah Sri Ratnasari (YOT Balikpapan)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Indonesia, negara yang terjahit benang pulau-pulau dengan 33 provinsi beraneka ragam suku, ras, budaya serta agama dibumbui dengan toleransi sesamanya. Benang tersebut ialah Bhinneka Tunggal Ika, walau berbeda-beda tetapi tetap satu jua, terbesit makna menyatukan perbedaan sebagai pondasi yang kuat, erat bergandengan, saling merangkul, tidak saling menjatuhkan, tidak memandang warna kulit, berkumpul bersatu mewujudkan Indonesia yang kokoh, damai, indah, maju dan sejahtera.

 

Nur Azizah (YOT Semarang)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Menyatukan Indonesia itu menyatukan semua aspek yang ada di Indonesia. Perbedaan kita itu unik, perbedaan tak menghalangi kita bersatu mencapai tujuan bersama untuk Indonesia maju. Jangan sampai perbedaan menyebabkan kita terpecah belah. Kita satu, kita Indonesia.

 

Ella Ayu Kurnia Setyaningtyas (YOT Samarinda)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Indonesia itu luas. Dari sabang sampai Merauke. Miangas sampai ke pulau Rote. Indonesia itu unik. Beragam suku dan budaya. Ras dan agama. Indonesia itu kuat. Tak mudah goyah oleh perbedaan. Indonesia itu satu. Karena kita bersatu membangun Indonesia. Karena Indonesia adalah kita.

 

Jalu Anggita (YOT Solo)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Indonesia memiliki banyak sekali pulau-pulau, yang berada mulai dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Rote. Dengan kekayaan yang dimiliki harusnya kita bangga untuk selalu menjaga, merangkul dan menghargai antara satu sama lain. Menjadi anak muda bangsa dengan segala kreatifitas yang kita miliki mari kita berkoneksi dengan saudara-saudara yang berada di seluruh Indonesia, tanpa alasan! #MenyatukanINDONESIA.

 

Wahyu Wijaya (YOT Solo)

Sumpah Kita, Sumpah Pemuda!

Hi YOTers.. bagaimana kabarnya pekan ini? Luar biasa bukan? Seperti Indonesia yang senantiasa luar biasa.. Oh iya, tahu gak, apa yang membuat Indonesia itu luar biasa? Yup kebhinekaan. Seperti semboyan yang tertera dalam cengkeraman burung garuda simbol negara kita, bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Tentu yang indah itu yang saling melengkapi dan menciptakan suatu harmoni. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote keberagaman kita tak terbatas bukan? Suku, ras, adat, bahasa, bahkan kesenian yang sampai ribuan jenisnya. Patutlah kita bersyukur karena kita menjadi bagian dari Indonesia. Kitalah insan yang memiliki keberagaman nan mempesona. Selanjutnya tugas kita adalah menjaga dan merawatnya agar tetap berjaya, salah satunya dengan bertoleransi, menurunkan ego dan menghindari kekerasan, seperti wejangan bapak Ridwan Kamil, “tugas maha besar generasi kita adalah mewariskan toleransi bukan kekerasan,”  karena kekerasan hanya akan memperkeruh susana dan merusak satunya Indonesia. Mari menjaga Indonesia karena masa depan Indonesia berada di tangan kita. Salam satu Indonesia!!! #MenyatukanINDONESIA

 

Nah itulah cara YOTers sebagai pemuda Indonesia dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda. Udah saatnya jangan lagi terpecah karena perbedaan, karena udah saatnya kita bersatu untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur, sama seperti harapan kita semua. Karena ini saatnya untuk Menyatukan Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *