Sepuluh Tahun YOT: Saatnya Menyatukan Indonesia!

Sepuluh Tahun YOT: Saatnya Menyatukan Indonesia!

“Sepuluh tahun YOT sudah berdiri dan telah menginspirasi jutaan anak muda Indonesia. Saatnya seluruh pengurus YOT yang kini ada di 26 kota untuk mengambil peran aktif dan strategis untuk Tanah Air yang kita cintai bersama. Saatnya, seluruh YOTers yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara untuk menjadi penggerak generasi muda yang Menyatukan INDONESIA,” – Billy Boen, Founder Young On Top.

Di usianya yang ke sepuluh, Young On Top sebagai youth community organization berharap bisa menyebarkan value positif ke seluruh anak muda di Indonesia. Terlebih lagi, satu tahun ke belakang ini banyak isu yang berkembang di masyarakat yang bisa memecah belah kesatuan Negara Republik Indonesia. Menyadari peranan pemuda sangat besar dalam keutuhan tanah air, pada 28 Oktober 2019 Young On Top menyatakan perannya untuk Menyatukan Indonesia.

 

Berawal Dari Sebuah Email

“Mas, saya ingin sekali kuliah, tapi tidak diizinkan orang tua karena tidak punya biaya. Dunia di depan saya sudah runtuh. Namun, minggu lalu saya ke toko buku, dan saya membaca buku ‘kuning’ itu. Sekarang saya jadi tahu mesti ngapain. Terima kasih, Mas.”

Email tersebut yang menjadi awal perjalanan Billy Boen memutuskan mendirikan Young On Top bukan hanya sekadar judul buku. Email dari seorang anak muda di Medan tersebut ia dapatkan setelah ia merilis bukunya Young On Top: 30 Rahasia Sukses di Usia Muda di tanggal 6 April 2009. Sebenarnya, pada saat itu Billy sedang menjabat sebagai Direktur MRA Group. Namun, ‘panggilan’ dari email tersebut yang membukakan jalannya untuk menemukan purpose dalam hidupnya, yaitu ‘berbagi’ dan dari situlah perjalanan membangun YOT dimulai.

Sementara itu, perjalanan membangun YOT Kota diawali dari tahun 2011. Saat itu, Billy Boen menantang siapa yang berani untuk menjadi inisiator di kota masing-masing melalui website-nya. Di tahun yang sama inilah dalam 1-2 hari ada 42 orang dari 42 kota yang siap mendirikan komunitas YOT di Kota mereka. Tetapi, karena belum adanya kesiapan untuk memberikan mentorship program dari YOT Pusat akhirnya hanya ada dua kota yang bertahan, yaitu Jogja dan Malang.

Sepuluh Tahun YOT: Saatnya Menyatukan Indonesia!

YOT Malang sukses menyelenggarakan Connext Conference Malang dengan menghadirkan 1.881 peserta

Singkat cerita, di tahun 2015 YOT Kota ‘reborn’ dengan menjalankan fungsi 5 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial dan entrepreneurship serta memiliki 12 pengurus inti dan saat ini YOT Kota telah ada di 26 kota di Indonesia, yaitu Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Padang, Palembang, Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor Bekasi Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Banyuwangi, Bali, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Jember dan Lombok. YOT Kota memberikan kontribusi nyata melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara berkala dan melibatkan lebih banyak generasi muda di tiap kota untuk berkontribusi positif tanpa memandang perbedaan. Pada bulan Januari – Agustus 2019 YOT Kota telah melakukan 242 kegiatan, melibatkan 12.200 partisipan, menyumbang 7.000 kantong darah dan menggerakkan generasi muda ke arah yang positif, bermakna dan berdampak.

Young On Top bukan hanya sekadar komunitas, melainkan community organization. Dimana dapat didefinisikan sebagai perkumpulan orang dengan struktur yang jelas dan nilai yang sama menjalankan tujuannya berlandaskan aturan serta nilai yang telah disepakati. Nilai yang ada di YOT ialah integritas, respect dan value positif YOT lainnya.

Sepuluh Tahun YOT: Saatnya Menyatukan Indonesia!

Love Donation 2019 yang diselenggarakan oleh YOT Jakarta di Mall Ciputra, Jakarta pada 17 Juni 2019

 

Young On Top 2.0

Memasuki usia ke sepuluh, tentunya banyak harapan yang dimiliki oleh Billy Boen untuk bisa menyebarkan value positif dan menginspirasi lebih banyak lagi anak muda di Indonesia. Terutama di era digital ini, harus ada satu inovasi yang dapat menghubungkan YOTers secara online dengan tujuan agar YOTers bisa learn and share dengan lebih mudah di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

“Di ultahnya YOT yang ke-10, kita ingin naik level. Maka dari itu, tahun ini kita bikin SocialConnext mobile apps, dimana YOTers di masing-masing kota terkoneksi 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 3600 hari setahun. Sehingga mereka bisa saling nanya, bisa saling sharing, bisa saling nanya ke mentor dan masih banyak lagi,” papar Billy Boen.

Sepuluh Tahun YOT: Saatnya Menyatukan Indonesia!

SocialConnext udah bisa kamu download di PlayStore lho!

Tidak ada kata lain selain terima kasih yang dapat diucapkan Billy Boen selaku Founder Young On Top kepada seluruh YOTers di Indonesia. Karena, berkat dukungan YOTers, Young On Top dapat terus berkembang dan semangat menjalankan visinya yaitu creating the next stronger generation of Indonesia.

Sepuluh Tahun YOT: Saatnya Menyatukan Indonesia!

Ask Mentor, salah satu fitur di SocialConnext untuk bisa bertanya ke berbagai mentor yang ahli di bidangnya

“Buat saya nomor satu lebih ke impact nyata. One day, YOTers jumlahnya jutaan di Indonesia. Tapi saya tau, it is only beginning, YOT perjalanannya masih jauh banget, masih 100 tahun ke depan. Saya cuma mau bilang terima kasih from the bottom of my heartStay through purpose-nya YOT. Kehadiran YOT di bumi nusantara ini untuk creating the next stronger generation of Indonesia. Dengan motto-nya learn and share, belajar sebanyak-banyaknya dan berbagi sebanyak-banyaknya,” harap Billy Boen.

 

Sumpah Pemuda: Saatnya Menyatukan Indonesia!

Sumpah Pemuda lahir dari spirit para pemuda untuk memerdekakan Indonesia. Semangat tersebut yang seharusnya masih kita tanamkan untuk sama-sama menjaga keutuhan tanah air tercinta. Satu tanah air, bangsa dan bahasa adalah sebuah gambaran bagaimana pemuda saat itu berkobar untuk Menyatukan Indonesia.

Namun, nyatanya saat ini kita terpecah belah karena isu sosial, agama, politik, suku yang ada di masyarakat. Bahkan, kita juga mudah tersulut dengan berbagai isu yang belum tentu benar adanya alias hoax. Bahkan mirisnya adalah perpecahan bisa mudah terjadi dengan adanya perbedaan pendapat. Padahal, perbedaan dan keberagaman itulah yang membuat kita kaya.

Young On Top #MenyatukanINDONESIA

Sejak Young On Top berdiri di tahun 2009, salah satu nilai yang ada di YOT adalah menghormati semua orang tanpa melihat perbedaan suku, ras, agama, status sosial dan jenjang pendidikan. Motto yang dimiliki YOT adalah ‘Learn and Share’, yakni ingin mengajak generasi muda Indonesia untuk belajar sebanyak-banyaknya dari siapapun dan berbagi sebanyak-banyaknya kepada siapapun yang membutuhkan. Di tahun ini, YOT ingin kembali menegaskan komitmen yang dimiliki untuk Menyatukan Indonesia.

“Ayo, kita jaga NKRI yang sudah merdeka untuk tetap utuh. Kita harus bersyukur karena kita terlahir di negara yang kaya raya. Saling menghargai sesama adalah bentuk rasa syukur kita yang konkret untuk Indonesia. Mari, kita sama-sama Menyatukan INDONESIA!,” harap Billy Boen.

Gimana YOTers, kamu udah siap untuk Menyatukan Indonesia bersama Young On Top?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *