#KumpulTanpaRokok : YOTBekasi mau udara bersih, bukan asap rokok!

#KumpulTanpaRokok : YOTBekasi mau udara bersih

Bukan rokoknya, melainkan asapnya yang berbahaya. Namun, bagaimanapun juga asap itu berasal dari rokok yang dibakar!!

Seperti yang kita ketahui bahwa perokok pasif lebih berisiko akan kesehatan dibanding perokok aktif. Hal tersebut dikarekan asap rokok yang tidak sengaja dihirup melalui hidung dan mulut, meskipun tidak secara langsung menghisap rokok. Asap rokok akan mengganggu kesehatan, mulai dari gangguan pernapasan, hingga penyakit jantung, paru-paru, bahkan kanker.

Survei Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik/BPS (http://www.kpai.go.id/) menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah perokok yang mulai merokok pada usia di bawah usia 19 tahun, dari 69 % pada tahun 2001 menjadi 78 % pada tahun 2004. Perokok usia muda kian meningkat!

Berkumpul menjadi bagian rutin yang dilakukan oleh suatu komunitas, tak terkecuali YOTBekasi. Kegiatan kumpul yang dilakukan setiap minggunya dilakukan di tempat terbuka yang tentunya sangat memungkinkan bersinggungan dengan orang lain. Persinggungan yang terjadi bukan suatu hal yang dihindari, melainkan harus diantisipasi dengan sebuah tidakan persuasif. Salah satunya adalah dengan kegiatan kumpul tanpa rokok yang baru saja dilakukan pada Kamis, 30 Juli 2014 dengan hashtag #KumpulTanpaRokok.

Young On Top Bekasi yang berawal dan terdiri dari semangat pemuda bekasi sangat tergerak untuk menyadarkan bahwa jangan berikan penyakit ke orang lain melalui asap rokokmu! Data dari BPS juga menyadarkan YOTBekasi bahwa perlu mengajak anak usia muda untuk sadar akan penggunaan rokok bagi kesehatan.

Biasanya yang sering kita lakukan ketika bersinggungan dengan asap rokok (perokok) adalah  “Uhuk….uhuk…” dengan begitu kencang, berusaha menutup hidup dengan tangan atau mengipas-ngipaskan tangan, dan bahkan menghindar atau pergi menjauh.

Jika hal tersebut dilakukan maka akan mengganggu berjalannya kegiatan YOTBekasi. Maka yang YOTBekasi lakukan adalah penggunaan masker. Penggunaan masker tersebut merupakan tindakan persuasif yang dilakukan yang diharapkan dapat menyadarkan para perokok aktif untuk menghentikan sejenak kegiatan merokoknya apabila bersinggungan dengan orang yang tidak merokok karena sesungguhnya udara yang bersih itu penting.

 

Lagi dan lagi kesehatan itu sangat penting, guys dan jangan bahayakan orang lain jika ingin enak!

Sudahkah kamu matikan rokokmu, anak muda?

 

Andreas Maydian Puspito

Vice Chairman

Young On Top Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *