Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Selamat Hari Guru Nasional! Hari ini, tepatnya tanggal 25 November kita memperingati Hari Guru Nasional. Kita bahas sedikit yuk sejarahnya. Hari Guru Nasional ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Di tanggal 25 November ini juga ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tercetusnya Hari Guru Nasional berawal dari perjuangan para guru tanah air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Singkat cerita, nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) dan membuat geram Pemerintah Belanda. Ketika masa pendudukan Jepang, PGI dibungkam dan melarang semua organisasi serta menutup semua sekolah.

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali berkobar ditambah lagi dengan digelarnya Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Hasil kongres mencatat sejarah dimana pada tanggal 25 November 1945 PGRI berdiri sekaligus menjadi tanggal diperingatinya Hari Guru Nasional.

Nah, di tahun ini, Hari Guru Nasional mengusung tema ‘Guru Penggerak Indonesia Maju’. Teman-teman dari YOT Kota juga gak mau ketinggalan kasih ucapan ke guru favorit mereka semasa sekolah. Yuk kita simak!

 

Ni Kadek Yuliati – YOT Bali

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favoritku adalah Mr. Rio. Beliau itu orangnya dewasa, bijaksana, bener-bener bisa memposisikan diri kapan jadi guru, orangtua dan teman. Hal yang paling diinget adalah beliau pernah bilang kalo misalnya kamu belum bisa menolong seseorang, jangan pernah menyakiti orang tersebut. Makasih udah membimbing saya selama di SMA, makasih udah ajarin dari 0 sampe saya bisa. Makasih banyak udah jadi sosok yang selalu mendengarkan keluh kesah saya sampe sekarang. Sehat selalu Mr. Rio, selamat hari guru.

 

Deden – YOT Jember

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favorit saya adalah Bu Sri Utami, beliau adalah sosok guru yang tegas, sabar, penyayang. Terakhir ketemu beliau 3 tahun yang lalu. Terima kasih untuk guru SD, SMP, SMA yang telah mendidik kami. Terus semangat dan sabar. Selamat Hari Guru Nasional!

 

Dani – YOT Purwokerto

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favorit aku pas masih sekolah namanya Bu Erna, beliau adalah guru geografi. Beliau orang yang baik, pengertian meskipun menurut beberapa siswa/i beliau termasuk guru yang cukup galak. Beliau itu orang yang asik buat diajak cerita dan solutif banget. Jadi kalo misalnya kita lagi ada masalah, beliau siap membantu kita siswa/i nya. Aku mau ngucapin makasih banyak buat bu Erna yang udah ngasih semangat aku, yang udah support aku terus di SMA Semoga kita bisa ketemu lagi di kemudian hari, mungkin ketika aku udah sukses atau ketika kita ada waktu dan bisa nyempetin waktu untuk ketemu. Makasih Bu Erna.

 

I Gusti Ayu Ari Leoni – YOT Bali

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favorit aku namanya Pak Dipta Samsidim, beliau orangnya kreatif dan juga mengajarkan matematika dengan metode yang menarik dan mudah dimengerti. Hal yang paling aku inget dari Pak Dipta adalah beliau mengajarkanku berpikir kreatif dan menginspirasi aku untuk menjadi pengajar privat sambil berkuliah yang sedang aku jalani saat ini. Terima kasih Pak Dipta.

 

Haikal – YOT Purwokerto

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favoritku adalah Pak Dida, beliau adalah guru sejarah. Beliau sangat humoris di sekolah, yang paling diinget kalo setiap dalam pembelajaran, beliau selalu menyelipkan sisi humoris beliau sehingga siswa di dalam kelas gak jenuh alias enjoy. Pak Dida, terima kasih banyak ya, sudah memberikan pembelajaran bagi aku ke depannya. Juga untuk guru yang lain, sehingga aku bisa seperti sekarang.

 

Salma – YOT Purwokerto

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favoritku waktu SMA adalah Pak Agus, beliau adalah guru fisika. Pak Agus orangnya humoris, soalnya beliau suka cerita tentang kehidupan beliau di sela-sela pelajaran fisika. Hal yang paling diingat dari beliau ya humorisnya, karena suka cerita lucu selama pelajaran. Buat Pak Agus, makasih udah mau ngajar dengan sabar, apalagi udah tau sikap dan sifat saya seperti apa. Maaf kalo selama sekolah saya nakal dan buat Pak Agus semoga sehat selalu.

 

Suci – YOT Semarang

Untukmu yang Tercinta, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru favoritku adalah Bu Ruminten Supadmi. Beliau sosok guru yang baik, disiplin dan humble banget sama seluruh muridnya. Beliau selalu ngajarin ‘jangan pernah nyerah dan selalu taat kepada Tuhan.’ Untuk Bu Ruminten, makasih udah ngajarin aku selama 3 tahun ini. Berkat Ibu, aku jadi sosok Suci yang seperti sekarang.

 

Nah itu dia ucapan terima kasih dari teman-teman YOT Kota untuk guru favorit mereka semasa sekolah. Kalo kamu, siapa guru favoritmu ketika sekolah dan apa yang mau kamu sampaikan? Yuk tulis pesan kamu di bawah. Selamat Hari Guru Nasional!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *