IMBSJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia)

IMBSJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia)

sebuah organisasi yang lahir pada tahun 2003 dan telah mengalami lima kali pergantian kepengurusan. Organisasi yang berfungsi sebagai media penyalur aspirasi seluruh mahasiswa bahasa dan Sastra Jerman di Indonesia ini bertugas menampung banyak isu, kritik, dan saran yang hendaknya diangkat ke permukaan agar dapat difasilitasi.

Atas dasar tersebut, maka diselenggarakan kegiatan yang bertajuk Rapat Koordinasi Nasional IMBSJI. Rapat Koordinasi tersebut akan disisipkan dalam acara kegiatan yang diberi nama Kongres Nasional Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman se-Indonesia (IMBSJI). Hingga saat ini, sudah terhitung sebanyak 9 kali kongres tersebut diselenggarakan.

Sehingga nama acara yang akan dilaksanakan tahun ini adalah Kongres Nasional Ke-IX Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman se-Indonesia (IMBSJI). Rangkaian kegiatan Kongres IMBSJI KE-IX ini akan berlangsung di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama 4 hari berturut-turut sejak tanggal 18 Agustus hingga 21 Agustus 2015. Kegiatan ini bertemakan “Jugend und Jakartas Kultur”.

Dalam acara ini akan disajikan materi Interkulturelle Kommunikation dan Motivasi Kepemudaan, Bakti Sosial di Sanggar Anak Akar dan Panti Asuhan Anak Yayasan Hajjah Hasmah Noor sebagai wadah ejawantah empati sosial, juga kunjungan ke Taman Wisata Alam Angke Pantai Indak Kapuk di Cipinang Melayu sebagai wadah ejawantah budaya go green. Kongres Nasional ke-IX IMBSJI juga menghadirkan mahasiswa dan mahasiswi jurusan bahasa dan sastra Jerman dari universitas dan perguruan tinggi se-Indonesia.

Rangkaian acara ini tidak hanya menitikberatkan pada jalinan komunikasi antar lembaga kemahasiswaan, namun juga diharapkan dapat semakin memupuk tali persaudaraan, komunikasi dan kerjasama yang baik antarmahasiswa bahasa dan sastra Jerman di Indonesia.

Acara pertama dalam kegiatan Kongres IMBSJI Ke-IX dimulai dengan penyambutan peserta kongres di Wisma UNJ pada pukul 18.00 WIB dilanjutkan dengan istirahat. Kemudian tanggal 19 Agustus akan dilaksanakan upacara pembukaan yang diisi persembahan mahasiswa Jurusan Bahasa Jerman UNJ berupa Tari Polka, tarian khas negara Jerman, pemberian materi Interkulturelle Kommunikation dan pembahasan terkait internal organisasi IMBSJI, seperti AD/ART organisasi dan pemilihan pengurus harian IMBSJI periode 2014-2016.

Kemudian pada tanggal 20 Agustus akan ada penampilan teater oleh Bengkel Sastra UNJ, pemberian materi Motivasi Kepemudaan oleh motivator kondang, Dedi Dwitagama, dan Cooking Time masakan khas negara Jerman. Selanjutnya tanggal 21 Agustus akan dilaksanakan kunjungan ke Sanggar Anak Akar, Panti Asuhan Yayasan Hajjah Hasmah Noor, dan Taman Wisata Alam Angke.

Selama kegiatan berlangsung, pembawa acara akan mengenakan pakaian adat DKI Jakarta yang mencerminkan pemuda-pemudi yang bangga akan budaya DKI Jakarta. Selain itu, peserta akan disuguhi makanan khas Jakarta. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan anak muda Jakarta terhadap seluk beluk budaya Jakarta dan memperkenalkan budaya Jakarta kepada para peserta yang berasal dari luar Jakarta.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menggali potensi diri dan menjadi pemuda yang sesungguhnya dengan sikap sesuai rambu interkulturelle Kommunikation yakni bisa saling menhormati perbedaan pendapat, situasi, dan juga kondisi yang ada. Selain itu, peserta dapat menumbuhkan rasa empati melalui bakti sosial di Sanggar Anak Akar dan Panti Asuhan Yayasan Hajjah Hasmah Noor, juga membangun kepedulian terhadap alam melalui penanaman mangrove di Taman Wisata Alam Angke Pantai Indak Kapuk.

Tulis Komentarmu