Tips Hemat Anti Ngutang-ngutang Club~

Tips Hemat Anti Ngutang-ngutang Club~

Sering kali kita merasa kekurangan dalam hidup kita, salah satunya dalam hal finansial alias sering bokek pas tengah bulan. Akhirnya ya untuk bisa hidup sampai gajian memilih untuk cari pinjaman alias ngutang. Hmm sebenernya ini gak akan terjadi di kamu, kalo kamu punya tindakan preventif. Apa aja tuh? Simak poin-poinnya di bawah ini:

  1. Buat Anggaran Tiap Bulannya

Pastinya kamu udah harus mengalokasikan pengeluaran kamu perbulannya, untuk apa aja dan berapa dana nya. Dengan membuat anggaran ini, kamu gak akan ketakutan lagi kalo tengah bulan akan kehabisan uang. Karena kamu udah menyisihkan uangnya. Buat bayar kos, beli pulsa, ojek online, paket data, semuanya harus kamu catat ya. Jadi uangnya juga gak akan terpakai untuk yang lainnya.

  1. Catat Pengeluaran Sepeserpun

Nah ini juga penting nih, catet pengeluaran sepeserpun. Bahkan yang dua ribu atau seribu juga harus dicatet. Kadang (atau mungkin sering) kita suka menyepelekan seribu atau dua ribu yang kita keluarkan setiap harinya. Padahal dikit-dikit lama-lama menjadi bukit.

  1. Jangan Gelap Mata

Nah biasanya nih kalo liat brand favorit lagi ada sale atau ngeliat sepatu, tas warnanya dan modelnya lucu, langsung beli. Padahal mah sebenernya gak butuh, tapi hati ini bergejolak ingin membeli dan akhirnya kalap. Berulang terus setiap bulannya. Akhirnya bikin kamu kesusahan di akhir bulan dan harus kesana-sini untuk cari pinjaman. Ingat, selalu dahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

  1. Siapin Dana Darurat

Dana darurat ini berguna banget untuk jaga-jaga misalnya kamu sakit, atau ada pengeluaran mendadak untuk kuliah. Inget ya, bukan dana darurat untuk diskon baju, make-up atau makanan. Dana darurat ini gak boleh kamu gunakan untuk keperluan lainnya, karena dana darurat ini sebagai dana simpanan kamu untuk kondisi darurat. Idealnya besar dana darurat yang harus kamu punya adalah 6 kali dari angka pengeluaran per bulannya. Misalnya pengeluaran kamu perbulan Rp 4 juta, maka dana darurat yang harus kamu punya adalah sebesar Rp 24 juta.

  1. Bawa Uang Cash Secukupnya

Hal ini untuk menghindari pengeluaran sedikit-sedikit yang lama-lama jadi bukit itu. Karena sekarang udah cashless dimana-mana, jadi dari anggaran yang udah kamu buat, langsung aja kamu isi saldo dompet digital kamu. Sediakan aja Rp 100.000 tiap minggunya di dompet kamu untuk dana jaga-jaga. Palingan nanti uangnya juga terpakai untuk jajan. Ayo ngaku aja, uang cash kamu pasti banyak kamu habiskan untuk jajan kan?

  1. Stop Gunakan Kartu Kredit

Terakhir yang gak kalah penting adalah stop penggunaan kartu kredit. Karena ini yang nantinya akan membuat kamu berhutang. Enak sih awalnya bisa belanja sesuka hati, tapi nanti kalo udah dateng tagihannya..hmmm jangan sampe cari pinjaman lagi untuk menutup tagihan. Itu sih namanya gali lobang tutup lobang.

Nah itu dia tips hemat anti ngutang-ngutang club. Atur skala prioritas dengan sebaik-baiknya biar terhindar dari segala jenis pinjaman. Walaupun sulit pada awalnya untuk menyesuaikan diri dengan tips ini, tapi nanti hasil baiknya bakalan kamu rasakan sendiri kok. Semangat YOTers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *