Yakin Kamu Anti Korupsi? Masih Suka Ngelakuin Hal Ini Gak?

Yakin Kamu Anti Korupsi? Masih Suka Ngelakuin Hal Ini Gak?

Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia, YOTers! Kamu tau gak kalo setiap tanggal 9 Desember, dunia memperingati Hari Anti Korupsi. Kita bahas sedikit yuk sejarahnya. Jadi, Hari Anti Korupsi ditetapkan oleh PBB melalui Konvensi PBB tentang Antikorupsi yang diadopsi dalam Sidang Majelis Umum ke-58 melalui Resolusi Nomor 58/4 pada tanggal 31 Oktober 2003.

Kofi Annan, Sekretaris Jenderal PBB menyatakan bahwa perjanjian yang disusun itu merupakan sebuah terobosan besar dalam upaya mengembalikan aset Negara yang dikorupsi oleh orang tak bertanggungjawab. Apalagi untuk Negara berkembang yang dikhawatirkan jika praktik korupsi bisa membuat kesejahteraan masyarakat terenggut. Dalam perjanjian itu menetapkan tindakan suap, penggelapan dan pencucian uang publik sebagai sebuah tindakan kejahatan.

Sementara itu, menurut Transparency International Indonesia (TII) menyebutkan skor Corruption Perception Index (CPI) 2018 mengalami kenaikan yang menyatakan Indonesia berada di peringkat 89 dengan angka 38 (dari 0-100). Indonesia naik satu poin dari hasil CPI 2017 yang mendaparkan skor 37.

Kita juga tau kalo hampir setiap hari di pemberitaan media massa pasti ada aja berita kasus korupsi di Indonesia. Kita sebagai anak muda tonggak penerus cita-cita bangsa tentunya harus menjauhi perbuatan ini, supaya generasi selanjutnya juga jauh dari perbuatan negatif ini. Salah satu caranya adalah dengan tidak melupakan sifat anti korupsi yang paling sederhana dan sering kita lupakan.

Nah, YOTers di bawah ini mau ngasih pendapat mereka soal korupsi dan sifat anti korupsi paling sederhana yang bisa kita terapkan sehari-hari dalam kehidupan kita. Yuk kita simak!

 

“Korupsi merupakan salah satu hal yang tidak terpuji, karena hal itu bisa merugikan orang lain dengan kita mengambil hak orang lain. Korupsi tidak melulu soal uang, tapi soal waktu. Salah satu contoh anti korupsi yang paling sederhana adalah kita antre sesuai urutan, karena dengan itu kita tidak mengkorupsi waktu otang lain.”- Nidya Pitaloka, YOT Surabaya.

 

“Korupsi merupakan perbuatan seseorang dimana orang itu menyalahgunakan kekuasaannya untuk mencari keuntungan pribadi. Sikap anti korupsi yang paling sederhana itu adalah datang tepat waktu, soalnya kita kan paling sering tuh korupsi waktu. Mulai dari dateng kuliah telat, dateng rapat telat. Terus juga pas kita ngadain event itu sering molor waktunya dan itu masuk ke dalam korupsi waktu.” – Deski Dwi Saputri & Nurul Fatohah, YOT Pontianak.

 

“Menurut saya korupsi itu ambil hak yang bukan punya kita dan sikap anti korupsi yang paling sederhana itu dateng tepat waktu setiap event apapun.” – Risma Wulansari, YOT Purwokerto.

 

“Menurut saya korupsi itu menggunakan dana, biaya atau apapun itu yang bukan milik hak kita. Sikap anti korupsi paling sederhana itu harus ditanamkan dari diri sendiri, nantinya bisa mencontohkan kepada sosial dan masyarakat lebih luas serta untuk mengingatkan jika ada tindakan atau kesalahan dari orang lain agar bisa diperbaiki lebih lanjut.” – Riky Rohan, YOT Purwokerto.

 

“Korupsi itu menyalahgunakan kepercayaan seseorang untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Sikap anti korupsi paling sederhana adalah dengan gak nyontek pas lagi kuis saat kuliah atau ulangan saat sekolah.” – Leony Patricia, YOT Purwokerto.

 

“Korupsi itu menyalahgunakan kepercayaan orang lain. Sikap anti korupsi paling sederhana adalah tidak mengambil uang Ibu yang ada di bawah bantal.” – Trimar Mardani, YOT Purwokerto.

 

Nah itu dia pendapat YOTers mengenai sikap anti korupsi sederhana yang sering kita lupakan. Jadi, yakin gak nih kalo kamu udah anti korupsi? Masih suka ngelakuin hal-hal di atas gak? Pokoknya, korupsi itu hanya akan membawa dampak negatif untuk hidup kita. Jadi, stop korupsi mulai dari diri kamu sendiri ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *