Hak Asasi Manusia yang Sering Kita Abaikan Sehari-hari

Hak Asasi Manusia yang Sering Kita Abaikan Sehari-hari

Selamat Hari Hak Asasi Manusia, YOTers! Kamu tau gak kalo setiap tanggal 10 Desember, seluruh dunia memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM). Kita bahas sedikit yuk mengenai sejarahnya. Hari HAM berawal dari Deklarasi Universal HAM yang diadopsi Majelis Umum PBB pada tahun 1948, yang merupakan pernyataan global pertama mengenai HAM yang tidak dapat dipungkiri.

Dalam deklarasi itu, dinyatakan bahwa setiap manusia berhak untuk memutuskan bagaimana dan di mana menjalani hidupnya, mengutarakan pendapat, menyembah Tuhan pilihannya sendiri atau tidak sama sekali, diperlakukan setara dengan rekan-rekannya di hadapan pengadilan, berpartisipasi dalam kehidupan publik dan suaranya didengar dalam hal-hal mengenai masyarakat, Negara dan masa depan bersama.

Nah, sayangnya masih banyak dari kita yang melupakan Hak Asasi yang dimiliki oleh tiap individu. Mirisnya lagi beberapa pelanggaran HAM itu kita lihat, alami atau lakukan sehari-hari tanpa kita sadari. Apa aja sih bentuk pelanggaran HAM yang gak kita sadari kita lakukan sehari-hari? Ini dia:

  1. Gak Menghargai Keyakinan yang Dianut Orang Lain

Udah jelas dalam Pancasila di sila nomor 1 berbunyi: Ketuhanan Yang Maha Esa, dimana setiap orang berhak untuk memilih agama yang diyakini dan tentunya tiap individu juga harus menghormati pilihan yang diambil oleh orang lain. Sayangnya toleransi dalam beragama masih sulit kita temui, bahkan perbincangan mengenai perbedaan agama masih jadi obrolan di ruang publik.

  1. Gak Menghargai Pendapat Orang Lain

Dalam deklarasi HAM sendiri dikemukakan setiap manusia berhak untuk mengutarakan pendapat. Tapi sayangnya kita masih suka abai dengan hak ini.

  1. Main Hakim Sendiri

Padahal juga belum tentu dia salah, tapi kita main menghakimi tanpa alasan. Kalaupun dia ternyata salah, kita juga gak punya hak untuk menghakiminya. Dengan main hakim sendiri, kita udah melanggar hak asasi manusia.

  1. Bullying

Sering kita temui tapi kita gak sadar kalo bullying juga melanggar hak asasi manusia. Saat orang menyampaikan kebebasan berekspresinya, kita malah nge-bully dia. Padahal seharusnya kita bisa menghargai itu.

  1. Setiap Orang Berhak Mendapat Perlakuan yang Sama

Kadang kita suka lupa kalo kita lahir dari latar belakang berbeda dan keunikan yang indah. Akhirnya kita suka membedakan perlakuan kepada seseorang. Karena kulitnya putih atau hitam, matanya sipit atau belo, bisa berjalan dengan kaki sendiri atau harus dengan bantuan tongkat, akhirnya suka membuat kita meremehkan orang lain hanya karena tampilan luarnya saja. Padahal, setiap orang berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sama.

  1. Hak Hidup Tanpa Diskriminasi

Setiap orang di dunia dilahirkan dengan kondisi yang berbeda. Tapi sayangnya kekuatan itu dilihat sebagai kelemahan di mata yang lainnya. Hal tersebut yang akhirnya membuat kita mudah mendiskriminasi orang lain. Padahal, setiap orang punya hak hidup tanpa diskriminasi.

Nah itu dia beberapa hak asasi manusia yang gak sering gak kita sadari atau mungkin sadar tapi gak peduli. Apalagi bentuk pelanggaran HAM yang sering kamu temui sehari-hari? Share di kolom komen ya, biar semakin banyak orang yang peduli dengan Hak Asasi tiap individunya dan kita bisa hidup berdampingan dengan bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *