Kaesang Pangarep: Ubah UKM dari Usaha Kecil Menengah jadi Usaha Kecil Milyaran

Kaesang Pangarep: Ubah UKM dari Usaha Kecil Menengah jadi Usaha Kecil Milyaran

*sumber foto: ngopi bareng

Bertambahnya jumlah Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) tentunya juga harus diimbangi dengan pemasaran produk agar semakin dikenal di pasar lokal hingga global. Digitalisasi merupakan salah satu solusi untuk permasalahan tersebut, mengingat semakin banyaknya marketplace untuk membantu promosi produk dan juga penetrasi internet di Indonesia juga semakin meluas. Sehingga, semakin mudah juga produk tersebut untuk dijangkau.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sendiri melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya di tahun 2019 ini, Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta. Jumlah yang masih sedikit ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni masih kurangnya edukasi terhadap pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya di dunia maya. Apalagi pelaku UMKM masih didominasi oleh generasi di atas millennials, yang masih belum paham tentang pemanfaatan teknologi.

Kaesang Pangarep, Founder PT. Hebat mengatakan bahwa etos kerja adalah hal penting untuk bisa go digital. Karena, untuk menghadapi era digital ini banyak hal yang harus dipelajari. Jika tidak mempelajari hal ini tentunya bisnis kita akan ketinggalan zaman dan sulit untuk berinovasi. Hal itulah yang ia terapkan dalam berbagai bisnisnya yakni Sang Pisang, Markobar, Ternakopi, Yang Ayam, Mangkokku dan bisnis lain miliknya. Apalagi ke depannya, ia berharap kalau UKM bukan lagi jadi Usaha Kecil Menengah, tetapi Usaha Kecil Milyaran.

Kaesang Pangarep: Ubah UKM dari Usaha Kecil Menengah jadi Usaha Kecil Milyaran

Kaesang Pangarep jadi salah satu speaker di acara Brilianpreneur 2019 UMKM Export membahas UMKM Go Digital

“Bagi saya etos kerja itu penting untuk dimiliki para pelaku UMKM. Karena dengan cara ini mereka bisa go digital dan ke depannya bisa jadi Usaha Kecil Milyaran,” kata Kaesang yang juga mengatakan PT. Hebat siap melakukan investment sebagai bukti dukungannya terhadap UMKM di Indonesia.

Sementara itu, Billy Boen, Founder & CEO Young On Top juga mengatakan bahwa permodalan untuk UMKM di Indonesia yang sebenarnya adalah mentorship. Tentunya agar semakin banyak UMKM yang mau dan bisa go digital. Mentorship ini selain berguna untuk bekal dalam membangun bisnis juga sebagai acuan untuk membangun bisnis yang sustainable.

“Bukan cuma modal uang aja, tapi juga mentorship supaya bisnis bisa berinovasi dan semakin banyak UMKM yang mau dan bisa go digital,” papar Billy Boen. Ia juga menambahkan kunci sukses bisnis lainnya yang harus dimiliki seorang entrepreneur adalah memiliki mindset, skill dan karakter yang baik agar bisa membawa kita ke jaringan yang lebih luas lagi. Jangan lupa juga untuk selalu mau belajar dan berbagi sebanyak-banyaknya.

Kaesang Pangarep: Ubah UKM dari Usaha Kecil Menengah jadi Usaha Kecil Milyaran

Billy Boen jadi salah satu speaker di acara Brilianpreneur 2019 UMKM Export membahas UMKM Go Digital

Keduanya sepakat bahwa jangan jadikan modal sebagai penghambat. Karena, di era digital saat ini semakin banyak akses untuk memasarkan produk kita, salah satunya melalui marketplace, “kalau gak punya modal banyak, bisa distribusikan produk lewat digital, salah satunya lewat marketplace,” tutup Kaesang.

Billy Boen dan Kaesang Pangarep menjadi speaker ‘UMKM Go Digital’ di acara Brilianpreneur 2019 UMKM Export yang diselenggarakan pada 20-22 Desember 2019 di Jakarta Convention Center. Dalam talkshow ‘UMKM Go Digital’ juga menghadirkan beberapa narasumber inspiratif lainnya yakni Catur Budi Harto (Wakil Direktur Utama Bank BRI), Radityo Triatmojo (Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia) dan Ria Sarwono (Co-Founder Cotton Ink).

Kaesang Pangarep: Ubah UKM dari Usaha Kecil Menengah jadi Usaha Kecil Milyaran

Para speakers talkshow UMKM Go Digital di acara Brilianpreneur 2019 UMKM Export

Billy Boen dan Kaesang Pangarep tergabung dalam speakers management, Inspira Speakers. Billy Boen merupakan expertise di bidang brand management, youth development & digital technology. Kaesang Pangarep merupakan expertise di bidang entrepreneurship dan bisnis F&B retail dengan insight terkini dan relevan.

Bagi anda yang tertarik untuk mengundang Billy Boen dan Kaesang Pangarep untuk menjadi speaker di event anda, silakan hubungi:

Email: contactinspiraspeakers@gmail.com
Call/WA : 0856-9442-5086

Kaesang Pangarep: Ubah UKM dari Usaha Kecil Menengah jadi Usaha Kecil Milyaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *