Siap-siap, Ini Dia Profesi yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2020!

Siap-siap, Ini Dia Profesi yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2020!

Hai YOTers! Memasuki tahun baru tentunya banyak tren yang harus kita ketahui dan kita ikuti perkembangannya. Salah satunya adalah tren seputar karir yakni profesi apa aja yang paling banyak dicari di tahun 2020. Tentunya kita udah harus tau pekerjaan apa aja yang nantinya paling banyak dibutuhkan SDM nya. Ditambah lagi, di tahun depan Indonesia akan menghadapi bonus demografi, dimana tenaga kerja usia produktif (14-64 tahun) akan lebih mendominasi dibanding tenaga kerja di usia tidak produktif. Hal ini didukung dari data BPS 2018 dimana jumlah generasi millennials berusia 20-35 tahun mencapai 24 persen, setara dengan 63,4 juta dari 179,1 juta jiwa yang merupakan usia produktif.

Belum lagi era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan kita semakin siap dengan kemajuan teknologi. Maka dari itu, diperlukan adanya kesiapan SDM terutama generasi millennials dan Z untuk bisa menghadapi bonus demografi dan juga bisa mengikuti era revolusi industri yang begitu cepat ini. Untuk ngebahas soal tren karir dan persiapannya, kita bakalan ngobrolin semuanya bareng Bayu Janitra, CEO TopKarir. Yuk kita simak!

 

Profesi di bidang teknologi apa sajakah yang akan banyak dicari di 2020? Begitu juga dengan profesi yang di luar teknologi?

Menurut survei ‘The Future of Jobs’ World Economic Forum ada beberapa profesi yang paling dicari hingga 2024 berkaitan dengan teknologi di antaranya:

  • Data Analyst
  • Digital Marketing
  • Back-End Programmer
  • Security Analyst
  • Application Software Developer

Untuk pekerjaan lain yang tidak terlalu berkaitan dengan teknologi di antaranya:

  • Tenaga Medis
  • Jasa Pelayanan (waiters, barista, pegawai concierge hotel dan cleaning services)
  • Pengasuh Anak
  • Spesialis Lingkungan

Hal ini sesuai dengan industri yang tersedia di TopKarir Teknologi Informasi berada di posisi 5 besar.

 

Apakah di 2020 nanti banyak penurunan SDM karena digantikan teknologi?

Menurut menurut laporan ‘The Future of Jobs’ World Economic Forum, akan ada 4,75 juta pekerja administrasi di sekitar 18 negara yang terancam dirumahkan karena disrupsi teknologi hingga 2020 mendatang. Pekerja di bidang manufaktur sebanyak 1,6 juta juga terancam dirumahkan. Namun di sisi lain, lapangan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tinggi akan semakin meningkat, karena pekerjaan dengan keterampilan rendah akan digantikan dengan otomasi. SDM tidak akan langsung terganti, terbukti dengan masih tingginya permintaan pencarian SDM dari 13.000 perusahaan yang telah terdaftar di TopKarir.

 

Apa yang harus dipersiapkan sama generasi Y&Z? Baik yang sudah berpengalaman maupun fresh graduate. Karena di tahun ini akan terjadi bonus demografi dan belum lagi memasuki era revolusi industri 4.0.

Agar siap menghadapi masa depan terutama dunia karir, anak muda tidak boleh mudah puas dan harus haus akan belajar. Generasi Y & Z harus mengembangkan dirinya dengan hard skill maupun soft skill yang dibutuhkan masa depan seperti public speaking, negosiasi, analisis data, digital marketing dan masih banyak lagi lainnya yang sesuai dengan perkembangan zaman di masa depan. Saat ini anak muda sudah bisa mengembangkan dirinya dengan mudah dengan informasi pelatihan yang tersedia di TopKarir yang diadakan oleh Pemerintah maupun swasta.

 

Ada gak pekerjaan yang gak akan tergantikan oleh teknologi? Apa aja pekerjaan tersebut?

Ada pekerjaan yang akan sulit tergantikan dengan robot seperti penulis, juru masak (chef) dan juga software developer. Namun pekerjaan apapun dapat kita pertahankan jika kita terus mengembangkan diri kita dengan kemampuan-kemampuan yang mengikuti perkembangan, salah satu caranya bisa dengan mengikuti pelatihan, beasiswa ataupun membaca tips karir yang tersedia di TopKarir

 

Apa saja basic skill yang harus dimiliki untuk kualifikasi pekerjaan di bidang teknologi?

Keahlian umum terkait kualifikasi pekerjaan di bidang teknologi di antaranya adalah networking, analisa sistem, membuat struktur database dan dasar pemograman serta logika dasar. Basic skill bisa dikuasai dengan berlatih atau berkonsultasi dengan para profesional di bidang teknologi seperti di TopKarir Klinik maupun mengikuti pelatihan yang tersedia.

 

Industri apa yang kemungkinan besar akan berkembang dan membuka lowongan kerja besar-besaran?

Industri yang kemungkinan akan terus berkembang terutama di Indonesia yaitu industri fintech, layanan on-demand, cloud computing dan software as a service (SaaS). Industri-industri ini juga telah ada di TopKarir dan membuka kesempatan untuk anak muda Indonesia.

 

Kalau untuk bisnis sendiri, di 2020 nanti bisnis di bidang apakah yang akan banyak bermunculan?

Mengingat akan terjadi bonus demografi di beberapa tahun ke depan, banyak bisnis yang menargetkan anak muda sebagai target marketnya dan bisnis yang akan banyak bermunculan seperti bisnis yang ramah lingkungan, e-commerce masih akan mendominasi dan juga one stop solution business dalam satu aplikasi menyediakan banyak kebutuhan masyarakat, seperti TopKarir yang menyediakan beragam informasi karir untuk membantu anak muda Indonesia.

 

Pesan untuk anak muda untuk menghadapi perkembangan teknologi di 2020 khususnya untuk dunia kerja

Jangan mudah puas, kita harus terus menambah wawasan dan keterampilan, mengasah kemampuan berkomunikasi kita agar bisa bersaing dan bisa mengambil bagian dari membangun Bangsa.

Siap-siap, Ini Dia Profesi yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2020! - Bayu Janitra, CEO TopKarir Indonesia

Nah itu dia pembahasan mengenai tren profesi di tahun 2020 yang akan paling banyak dicari dan juga berbagai kesiapan yang perlu kita perhatikan untuk mengikuti tren ini bareng Bayu Janitra, CEO TopKarirPastinya kita gak boleh cepet puas dengan kemampuan yang udah kita miliki, harus terus mengasahnya dan juga jangan tertutup dengan perkembangan yang ada, karena itu bisa menambah kemampuan kita. Semangat YOTers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *