Masih Susah Ngomong Depan Umum? Coba Terapin Tips Gampang Ini!

Masih Susah Ngomong Depan Umum? Coba Terapin Tips Gampang Ini!

Banyak orang bilang bahwa public speaking hanya untuk yang pandai bicara atau ekstrovert yang suka bergaul dengan orang lain. Hmm apakah benar? Faktanya, orang-orang hebat di dunia seperti Mark Zuckerberg dari Facebook, Warren Buffet dari Berkshire Hathaway yang merupakan orang ketiga terkaya di dunia, Larry Page – Co-Founder Google, Steve Wozniak – Co-Founder Apple dan Elon Musk – Founder mobil listrik Tesla, ternyata adalah orang-orang introvert yang cenderung pendiam dan lebih nyaman dengan dirinya sendiri. Nah, kebayang kan jika mereka harus bicara di depan publik yang dilihat jutaan orang di dunia melalui internet.

Namun, kesulitan untuk berbicara di depan audiens atau publik bukan hanya dirasakan oleh orang yang tergolong introvert, tetapi orang ekstrovert pun sering mengalaminya. Senang berbicara bukan berarti kita bisa berkomunikasi lho, karena komunikasi pada dasarnya adalah menyampaikan pesan melalui saluran atau medium yang kita pilih untuk mendapatkan hasil. Jadi kalau ada yang sering berbicara namun lawan bicara tidak paham ya bisa dibilang dia hanya berbicara untuk dirinya sendiri, bukan berkomunikasi pada orang lain. Dasar dari public speaking adalah komunikasi yang berdampak. Berbicara di depan publik tidak hanya bermodalkan keberanian dan pengalaman saja, namun perlu teknik agar bisa dilakukan dengan hasil yang maksimal. Dari sekian banyak teknik dan tips public speaking, ada salah satu teknik yang menarik, yaitu Mindfulness Communication, karena banyak teknik public speaking yang hanya berpusat pada speakers atau pembicaranya saja.

Apa sih Mindfulness Communication? Ini adalah suatu teknik komunikasi yang menyatukan kita dengan audiens atau publik, memahami dan belajar dari audiens atau publik kita. Lalu bagaimana cara Mindfulness Communication bisa efektif dalam public speaking? Nah berikut tips-nya:

  1. Kamu harus hadir secara fisik dan jiwa bersama audiensmu.  Pernahkah merasa ada secara fisik tetapi pikiran melayang entah kemana? Nah salah satu tips bisa melakukan Mindfulness Communication adalah hadir secara utuh baik fisik dan jiwa. Kamu harus berpikir rileks sebelum berbicara dan memahami audiens yang hadir.
  2. Hadir utuh didalam pikiran yang tenang. Kebanyakan dari kita terlalu riuh dalam pikiran karena sibuk memikirkan apa yang orang pikirkan dalam hatinya tentang kita; apakah topik kita menarik, bahasa kita jelas atau pembawaannya kita asyik? Saat itulah fokus kita akan terbawa pada hal-hal yang di luar dari apa yang seharusnya disampaikan, kita jadi penuh asumsi dan sering masuk pada kesimpulan.
  3. Hadir utuh bersama diri sendiri. Sebelum kita berbicara di depan publik, kita wajib mengenali emosi diri, jangan hanya terjebak pada sisi negatif atau positif semata. Mengenal emosi diri akan menjadi bekal komunikasi yang baik untuk disampaikan pada audiens. Kita wajib lepaskan diri dari penilaian orang lain pada kita dan mampu berikan yang terbaik sesuai dengan yang kita miliki.

Untuk mempraktekkan ini gampang banget, kamu tinggal duduk hening, ambil nafas lalu tenangkan diri, fokuskan diri kita pada kenyamanan diri dan interaksi dengan audiens. Jika ada sikap audiens yang tidak membuatmu nyaman, kamu fokuskan pada orang lain yang benar-benar tertarik pada pesanmu dan coba bawa aura mereka kepada audiens lain. Semuanya perlu latihan dan keberanian untuk mencobanya. Pentingnya kemampuan public speaking akan meningkatkan performa karir, memudahkan mendapatkan klien dan meningkatkan kredibilitas kita. Gak sulit kan? Yuk kita coba, semoga hasilnya memuaskan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *