Indonesia Mulai Masuki Era Kereta Api Supercepat

Indonesia Mulai Masuki Era Kereta Api Supercepat

Indonesia tengah gencar mempercepat pembangunan moda transportasi berbasis rel kereta api (KA). Pembangunan bukan hanya berpusat di Jawa, tapi juga luar Jawa. Bahkan kini Indonesia segera memasuki era kereta api super cepat, sebagaimana dimiliki sejumlah negara pendahulu seperti Jepang, Tiongkok, serta sejumlah negara Eropa.

Untuk kereta api super cepat, pemerintah berencana membangun jalur Jakarta-Bandung dan Jakarta Surabaya. Dengan moda ini, Jakarta- Bandung bisa ditempuh dalam 33 menit, sedangkan Jakarta-Surabaya tidak sampai 3 jam. Dua raksasa kereta api, Jepang dan Tiongkok tengah berebut menggarap proyek Jakarta-Bandung tersebut.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid menyatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menunjuk konsultan internasional untuk memberikan masukan perihal rencana pembangunan kereta api super cepat Jakarta-Bandung yang ditaksir menyedot investasi Rp 60 triliun.

“Penunjukan konsultan internasional itu bertujuan menentukan pihak-pihak pemenang beauty contest yang akan membangun high speed train Jakarta-Bandung. Jadi, bisa dari Jepang, Tiongkok, ataupun negara lainnya,” kata dia..

Hadi menekankan, konsultan tersebut tidak boleh berasal dari negara yang berminat membangun proyek KA. Hal itu demi menjaga independensi, sehingga tidak ada prasangka bahwa pemerintah condong kepada salah satu pihak. “Konsultannya harus tidak memiliki kepentingan. Saat ini dalam proses persiapan dokumen dan sebagainya,” kata dia.

Sumber: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/08/11/indonesia-mulai-masuki-era-kereta-api-supercepat-segeralah/

Tulis Komentarmu