Gak Selalu Buruk, Ini Dia Manfaat Sambat!

Gak Selalu Buruk, Ini Dia Manfaat Sambat!

Sambat udah sering kita temui sehari-hari terutama di media sosial. Twitter adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk sambat. Terlebih lagi saat kemunculan akun NKSTHI (Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini) di platform Instagram dan Twitter, yang menarik perhatian netizen. Sambat yang dikeluarkan dari akun ini relate banget sama generasi Y & Z. Bahkan, sambat pernah dan sering jadi trending topic di Twitter lho.

Gak Selalu Buruk, Ini Dia Manfaat Sambat!

Sambat sendiri diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti mengeluh. Nah, banyak yang menilai negatif dari kegiatan yang satu ini. Padahal, sambat itu juga punya efek positif lho.

  1. Membuatmu Lebih Lega

Dengan mengeluh tentunya akan membuatmu lebih lega karena bisa meluapkan beban yang ada. Ya sambat sih gak akan bisa menyelesaikan masalah, tapi setidaknya bisa mengurangi bebanmu kan.

  1. Mencegah Stress

Tau gak kalo masalah yang ditumpuk itu akan menambah beban pikiranmu yang akhirnya bisa bikin kamu stress. Gak ada salahnya untuk sambat daripada kamu pendam semuanya sendiri.

  1. Bikin Kamu Lebih Kritis

Ada momen di mana saat kamu sambat, kamu akan bertanya dan berpikir ‘kenapa ya bisa kayak gini?’ Nah di saat itu lah kamu bisa menganalisis akar masalah yang tentunya bisa membuat kamu lebih kritis.

  1. Belajar Menerima Saran dan Kritik

Saat kamu sambat ke temen kamu, tentunya gak sedikit dari mereka yang akan dengan senang hati kasih saran dan kritik untuk kamu. Di momen inilah kamu bisa belajar untuk bisa menerima saran dan kritik. Kamu jadi tau apa yang harus diperbaiki atau ditingkatkan dari diri kamu biar bisa berkurang sambatnya.

  1. Memanusiakan Dirimu Sendiri

Mengeluh itu sah-sah aja kok. Jangan menutupi dirimu untuk selalu baik-baik aja, karena itu yang akhirnya akan ngebuat fisik dan batinmu jadi gak sehat. Kalo emang ada masalah, gak ada salahnya untuk mengeluh. Jangan menutupi kesedihan untuk pura-pura bahagia.

Emang sih, sambat itu gak bisa menyelesaikan masalah. Tapi setidaknya bisa bikin kamu sedikit lega. Tapi kalo kebanyakan sambat yaa kayaknya ada yang kurang beres sama hidup kamu. Jangan segan buat ceritain masalah kamu ya kalo kamu udah ngerasa sering sambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *