Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Berhenti Minum Kopi dan Teh

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Berhenti Minum Kopi dan Teh
DREAMERSRADIO.COM – Masing-masing orang memiliki kadar toleransi kafein yang berbeda-beda. Jika dikonsumsi secara tepat, kafein bisa memiliki efek menyehatkan seperti meningkatkan fungsi memori dan tingkat kewaspadaan pun semakin baik.
 
Tapi ada juga yang justru mendapat efek negatif dari mengkonsumsi kafein, sehingga mereka memutuskan untuk berhenti minum kopi, teh, dan minuman atau makanan lain yang mengandung kafein.
 
Nah sebelum kamu memutuskan untuk berhenti minum kopi, simak dulu efek samping dari tidak mengkonsumsi kafein bagi tubuh melansir Women’s Health Mag. Tentunya ada yang baik dan ada juga yang buruknya.
 
1. Tak bersemangat
 
Sekian lama mengkonsumsi kopi lalu memutuskan untuk tidak mengkonsumsinya lagi akan membuat tubuh lebih lelah, sakit kepala, dan perubahan mood yang tiba-tiba, kata Wesley Delbridge, R.D. dari Academy of Nutrition & Dietetics.
 
Bisanya hal ini akan terjadi pada 10 hari pertama tanpa kafein. Jika tak ingin merasakan efek tersebut terlalu lama, kamu bisa perlahan-lahan mengurangi asupan kafein setiap harinya.
 
2. Berat badan turun
 
Menurut Delbridge, banyak orang yang tidak mengetahui berapa banyak kalori yang mereka konsumsi setiap harinya dari kafein. Dengan mengurangi atau sama sekali berhenti minum kopi tentu akan mengurangi asupan kalori yang bisa menambah berat badan tersebut.
 
3. Berat badan naik
 
Di sisi lain, berhenti mengkonsumsi kafein juga bisa membuat kamu mengalami kenaikan berat badan. Kafein dipercaya bisa menekan nafsu makan, jadi jika kita berhenti mengkonsumsinya, rasa lapar akan lebih cepat datang dan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak.
 
4. Kualitas tidur lebih baik
 
Penelitian dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi enam jam sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur nantinya. Efeknya adalah saat bangun di pagi hari tubuh akan terasa lelah dan perlu lebih banyak kafein yang membuat kecanduan.
 
5. Merasa lebih tenang
 
Kafein itu sebuah perangsang, yang artinya bisa menekan pedal gas sistem saraf dan memicu pelepasan adrenalin. Mengurangi atau berhenti minum kafein bisa mengurangi rasa cemas dan stres menurut Delbridge.
 
6. Tidak andal saat olahraga
 
American College of Sports Medicine mengatakan bahwa kafein bisa meningkatkan kinerja dan intensitas olahraga.
 
7. Perut nyaman
 
Efek kafein adalah mempercepat sistem pencernaan dan sifat asamnya bisa menimbulkan risiko, kata Delbridge. Jadi mengurangi konsumsi kafein tentu membuat perut lebih sehat.
 
8. Kehilangan sumber antioksidan
 
Menurut penelitian di University of Scranton, kopi adalah sumber antioksidan nomer satu dalam makanan Amerika. Sedangkan teh hijau adalah minuman dengan sumber antioksidan yang paling kaya.
 
(fzh)
 
Sumber : http://www.dreamersradio.com/lifestyle/article/42907/inilah-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-kita-berhenti-minum-kopi-dan-teh

Tulis Komentarmu