Kemana Perginya Lemak Setelah Kita Berolahraga?

Kemana Perginya Lemak Setelah Kita Berolahraga?

Hai YOTers! Siapa nih yang sering berolahraga? Sering kepo gak sih kemana perginya lemak setelah kita berolahraga? Ternyata ada nih jawaban ilmiah tentang kemana perginya lemak-lemak tersebut.

Menurut penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal, ternyata lemak di tubuh kita itu bisa keluar dari banyak jalur. Sebanyak 84% molekul lemak keluar lewat pernapasan dalam bentuk karbon dioksida. Lalu sekitar 16% sisanya keluar melalui keringat, air, urine, air mata dan cairan tubuh lainnya.

Jadi, pada dasarnya lemak itu adalah senyawa kimia yang terdiri dari atom karbon, hidrogen dan oksigen. Setelah melalui banyak proses penguraian secara kimiawi, sebagian besar lemak akan terbuang dalam bentuk atom-atom ini.

Oh ya, karena sebagian besar lemak keluar melalui pernapasan, bisa dibilang aktivitas fisik yang memacu pernapasan akan membakar kalori lebih banyak. Jadi, kamu bisa pilih olahraga yang bisa memacu napas, biar semakin banyak juga lemak yang terbakar.

Nah, jenis olahraga yang cocok buat membakar lemak adalah olahraga kardio atau disebut juga dengan olahraga aerobik. Dimana olahraga ini gak hanya melatih jantung, tapi juga pernapasan. Jadi, lemak yang berkurang juga semakin banyak.

Apa aja olahraganya? Mulai dari jalan kaki, bersepeda (dinamis ataupun statis), berlari dengan treadmill, berenang, mendaki tangga, senam aerobik dan zumba. Nah, jangan lupa konsistensi untuk olahraga dalam jangka waktu panjang, yakni minimal 30 menit setiap hari supaya semakin banyak lemak yang terbuang.

Buat yang udah konsisten olahraga setiap hari, pertahankan ya! Buat yang masih males-malesan berolahraga, yuk mulai berolahraga, jangan mageran, jangan rebahan melulu! Inget, sel lemak ini bisa membesar kalo kamu sering makan makanan tinggi kalori. Tapi, bisa mengecil kalo kamu berolahraga dan beraktivitas fisik.

Oh ya, kamu bisa mulai dari berolahraga ringan sebelum memulai aktivitas lho, YOTers. Supaya kamu juga bisa merasakan banyak manfaatnya. Semangat YOTers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *