Tips Sukses Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

tips sukses menyelesaikan skripsi tepat waktu

Proses yang dilalui mahasiswa untuk menjadi sarjana memang cukup panjang. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, kamu diharuskan untuk sesegera mungkin menyelesaikan skripsi karena hal ini lah yang akan berpengaruh pada kelulusan.

Namun, gak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang kerap merasa bahwa skripsi merupakan suatu hal yang menyebalkan. Belum juga mulai menulis, terkadang kita suka khawatir akan tantangan yang nantinya dihadapi selama menyusun skripsi, mulai dari bingungnya memilih topik skripsi yang menarik, takut jika skripsi tidak selesai tepat waktu, hingga tantangan saat sidang kelulusan nanti.

Nah, bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang dilema dengan kondisi ini, kamu gak perlu khawatir karena Young On Top akan membagikan tips sukses menyelesaikan skripsi tepat waktu. Yuk simak langsung tipsnya!

1. Memilih Topik dan Tema Skripsi yang Tepat

Salah satu alasan yang membuat penyusunan skripsi terhambat di tengah jalan yaitu karena topik skripsi yang dipilih terlalu berat sehingga kita malas untuk meneruskannya. Padahal penentuan tema skripsi merupakan hal utama dalam menyusun skripsi.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum kamu mulai menyusun skripsi, pastikan bahwa tema skripsi yang kamu pilih sesuai dengan keahlian dan bidang yang kamu minati. Namun juga memiliki banyak manfaat nantinya. Dengan memilih tema yang kamu minati, tentunya akan memacu semangat kamu untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat.

Nah, untuk membantu kamu dalam menyusun skripsi, kamu bisa mengunjungi web jurnal pilihan.

2. Memilih Dosen Pembimbing yang Tepat Kunci Cepat Menyelesaikan Skripsi

Selain tema skripsi, kamu juga perlu pintar-pintar memilih dosen pembimbing. Pada dasarnya, semua dosen memiliki kemampuan yang berbeda-beda pada suatu bidang. Karenanya, kamu harus memilih dosen yang memang memahami tema skripsi yang kamu pilih dan mampu membimbing kamu selama menyusun skripsi tersebut.

Jangan sesekali memilih dosen pembimbing hanya karena kamu memiliki kedekatan personal saja. Pasalnya, hal itu tidaklah cukup untuk membantu kamu dalam menyusun skripsi. Apabila salah dalam memilih dosen pembimbing, dikhawatirkan hasil skripsi nantinya tidak sesuai dengan ekspektasimu dan arahnya pun tidak sesuai dengan topik skripsi yang diangkat.

3. Buat Deadline

Kunci sukses menyelesaikan skripsi tepat waktu sebenarnya sangatlah sederhana. Keinginan ini harus berasal dari dalam dirimu sendiri. Agar tujuanmu menyelesaikan skripsi tepat sesuai rencana, pastikan kamu membuat deadline pengerjaan.

Misalnya, minggu pertama di bulan November kamu harus bisa menyelesaikan bab 1, minggu ke dua kamu mengerjakan revisi apabila memang ada dan lanjut untuk mengerjakan bab 2. Dengan adanya deadline ini, kamu tentunya jadi punya target dan terpacu menyelesaikan skripsi dengan lebih cepat.

4. Gabung dengan Pejuang Skripsi Lainnya

Bergabung dengan para pejuang skripsi lainnya bisa memotivasi kamu untuk menyelesaikan skripsi dengan lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi mengenai skripsi satu sama lainnya. Percaya deh, gabung dengan lingkungan yang baik juga akan berpengaruh baik terhadap dirimu.

Jadi, mulailah untuk fokus pada skripsi yang sedang dikerjakan. Jangan biarkan pikiranmu terpengaruh dengan hal lain. Jika perlu, kamu bisa mengerjakan skripsi dengan teman seperjuangan, namun carilah tempat yang kondusif agar tidak menurunkan konsentrasimu.

5. Jangan Malas dan Konsisten

Jangan malas dan konsisten merupakan dua hal yang perlu kamu pegang teguh apabila ingin menggapai segala keinginanmu, termasuk dalam hal pengerjaan skripsi.  Kalau sudah malas, dijamin skripsi kamu gak akan pernah selesai. Ingat niat kamu dari awal menulis skripsi, ingat pula tujuan kamu menulis skripsi.

Selain bisa mendapatkan gelar untuk perjalanan kariermu ke depannya, kamu juga bisa membahagiakan orang tua. Gak mau kan segala susah payah terbuang sia-sia gitu aja?

Itu dia berbagai tips supaya kamu bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat. Tetap semangat untuk kalian para pejuang skripsi!

Dapatkan konten-konten inspiratif seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir, bisnis, dan dunia kuliah untuk kamu!

 

One thought on “Tips Sukses Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *