Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMK Semua Jurusan, Skuy!

Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMK Semua Jurusan, Skuy!

Hai YOTers! Banyak dari kita yang memutuskan untuk sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan harapan bisa lebih siap untuk bekerja. Karena, di SMK kita bisa secara dalam menekuni bidang yang sesuai dengan profesi yang kita inginkan untuk berkarir nantinya. Tapi, terkadang bidang pekerjaan yang didapatkan gak sesuai dengan bidang yang kita tekuni saat SMK. Atau emang ternyata kita susah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang kita pelajari saat SMK.

Tapi tenang aja YOTers, kalo kamu ternyata menemui tantangan yang kedua, kita mau kasih rekomendasi berbagai pekerjaan untuk kamu. Apa aja tuh? Skuy kita bahas:

  1. Sales

Untuk menjadi seorang sales, kamu gak melulu harus dari lulusan marketing kok. Kuncinya adalah kamu harus pandai berbicara dan mengajak orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan. Nah, makanya penting banget buat ngasah soft skill saat kamu masih sekolah di SMK. Hard skill-nya harus diimbangi dengan soft skill-nya.

  1. Customer Service

Rekomendasi pekerjaan yang kedua adalah customer service. Biasanya, berbagai perusahaan gak membatasi untuk bisa bekerja di perusahaan ini harus lulusan dari jurusan tertentu. Selama kamu punya skill berbicara yang baik, bisa jadi modal kamu untuk bekerja sebagai customer service.

  1. Graphic Designer

Lalu ada graphic designer. Sama kayak poin satu dan dua, biasanya untuk posisi ini berbagai perusahaan juga gak membatasi kamu harus dari jurusan apa. Asalkan kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan, dimana yang pastinya adalah harus bisa nge-design. Selain itu poin plus lainnya adalah punya kreativitas yang tinggi.

  1. Social Media Admin

Profesi lainnya adalah social media admin. Karena di Indonesia sendiri juga belum ada jurusan khusus di bidang ini, jadinya siapa aja juga punya peluang jadi admin media sosial. Di beberapa perusahaan, kebutuhan ini berbeda. Ada yang hanya menjawab pertanyaan atau keluhan customer di media sosial, ada juga yang harus buat konten media sosialnya juga. Kalo kamu nemuin yang kedua, yang penting kamu punya kreativitas dalam mengelola konten media sosial. Kuncinya nih, kamu harus sering scrolling media sosial biar bisa punya referensi konten yang menarik.

  1. Entrepreneur

Rekomendasi karir lainnya adalah jadi entrepreneur. Kalo emang kamu gak menemukan karir yang sesuai dengan bidang kamu, kenapa gak jadi entrepreneur aja? Kamu bisa bangun usaha dari hobi atau passion kamu, pasti juga akan lebih enjoy untuk ngejalaninnya.

Nah itu dia beberapa rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMK. Tapi, tenang aja YOTers, masih ada peluang karir lainnya kok, selama kamu punya skill mumpuni yang dibutuhkan sama industri yang ingin kamu tekuni. Inget, yang terpenting adalah soft skill dan hard skill harus dipenuhi ya keduanya. Semangat YOTers!

[wp_ulike]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *