Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar
Kita semua tahu bahwa telinga adalah organ vital dari sistem sensori tubuh manusia. Telinga adalah organ sistem pendengaran yang bertanggung jawab untuk indera pendengaran. Fungsi utamanya adalah untuk menerima gelombang suara dan mengirimkan sinyalnya ke otak. Melalui cara inilah kita dapat mendeteksi dan menginterpretasikan jenis-jenis suara yang berbeda. Selain berfungsi sebagai organ sistem pendengaran, telinga juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tanpa telinga, kita tidak akan bisa mendengar suara-suara dan tubuh menjadi tidak seimbang.
 
Telinga yang nampak dari luar bukanlah keseluruhan bagian dari telinga. Telinga terdiri dari tiga bagian yang keseluruhannya bekerja membentuk suatu sistem pendengaran. Telinga luar atau yang kita biasa lihat adalah telinga bagian luar yang berfungsi sebagai organ pelindung gendang telinga. Fungsi dari telinga luar adalah untuk mengumpulkan dan memandu gelombang suara menuju telinga tengah. Telinga luar pun terdiri dari dua bagian Pinna (telinga flap) dan Meatus (saluran telinga). Telinga tengah terletak diantara telinga luar dan telinga dalam.Telinga tengah berfungsi untuk merasakan gelombang suara dari telinga luar dalam bentuk gelombang tekanan. Telinga tengah adalah rongga berisi udara dan terdiri dari gendang telinga dan tulang-tulang kecil.Telinga bagian dalam, sesuai dengan namanya adalah bagian terdalam dari telinga. Telinga dalam berfungsi sebagai untuk pendengaran sekaligus sistem keseimbangan tubuh. Telinga dalam terdiri dari koklea, saluran setengah lingkarang dan saraf auditori.
 
Setiap bagian telinga melakukan fungsi tertentu yang berkontribusi terhadap fungsi keseluruhan sistem pendengaran manusia. Setiap kerusakan pada tiap bagian telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran bahkan hingga kehilangan kemampuan mendengar (tuli).
 
Seringkali kita merasa terganggu dan risih dengan adanya kotoran pada telinga kita. Baik yang berbentuk cair ataupun padat. Kotoran telinga terbuat dari sekresi campuran antara lemak dan keringat. Ada pula cairan telinga yang diproduksi oleh daerah di sepertiga bagian terluar lubang telinga, cairan ini biasa disebut cerumen. Cairan ini adalah salah satu mekanisme alami tubuh kita untuk membersihkan lubang telinga dan membuat lubang telinga tetap bisa mendengar. Singkatnya cairan ini yang bertanggung jawab untuk proses pembersihan telinga secara alamiah. Cairan ini akan memberi manfaat bila tidak berlebihan jumlahnya. Setelah membersihkan telinga, cairan ini akan terdorong hingga daun telinga dan menjadi serpihan.
 
Membersihkan telinga dari kotoran memang penting karena kadang telinga kotor bisa sedikit banyak berpengaruh baik secara estetika maupun kesehatan. Tetapi membersihkan telinga pun mempunyai caranya tersendiri agar tidak mengganggu dan tidak membahayakan.
 
 
Cara Membersihkan Telinga yang Benar
 
  • Menggunakan cairan baby oil untuk membersihkan daun telinga.
  • Hindari membersihkan telinga hingga terlalu dalam. Cukup bersihkan sebatas daun telinga saja terutama bila menggunakan cotton bud, karena cotton bud di disain untuk membersihkan daun telinga saja, bukan untuk membersihkan bagian dalam. Jika terlalu dalam akan menyebabkan kotoran terdorong dan menumpuk.
  • Bila telinga terasa gatal, gunakan kapas yang telah direndam air panas lalu untir dan gunakan untuk membersihkan bagian telinga yang gatal.
  • Bila terdapat kotoran telinga yang mengeras pada bagian dalam, gunakan cotton bud yang memiliki ujung seperti kail, jangan gunakan pembersih yang berbentuk sama namun terbuat dari logam.
  • Jika terlalu banyak dirangsang, kelenjar minyak pencegah kotoran yang masuk dari luar akanmengeluarkan minyak/cairan berlebih. Untuk itu, hindari membersihkan telinga terlalu sering.
  • Jika kotoran terasa sangat menganggu pendengaran, segera periksakan ke dokter THT untuk mendapat perawatan.
  • Cara lain untuk membersihkan telinga bisa dengan memasukan air ke telinga ketika mandi, lalu miringkan kepala untuk mengeluarkan airnya. Pastikan airnya hangat, karena jika terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan vertigo.
  • Perhatikan kebersihan telinga anda, namun jangan terlalu berlebihan karena tubuh anda pun memproduksi mekanisme untuk membersihkan telinga secara alami
 
 
Sumber: http://www.detiksehat.com/2014/10/cara-membersihkan-telinga-yang-benar.html#ixzz3ievpoV5a

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *