Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini!

Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini!

Hai YOTers! Siapa nih di sini yang ngaku cinta bumi, tapi ternyata masih pakai produk yang merusak lingkungan? Plastik, misalnya. Tahukah kamu kalau Indonesia merupakan Negara peringkat kedua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik ke laut yang mencapai 187,2 juta ton. Fakta ini disampaikan dalam jurnal Plastic Waste Inputs From Land Into The Ocean (2015) dan juga menurut data PBB 2017 dan World Economic Forum 2016.

Ada juga nih studi di jurnal Climate Change pada Februari 2019 yang ngasih tau kalo setiap pembuatan ton plastik (PET), menyumbang 3 ton karbon dioksida (CO2) ke udara. Sedangkan sampah tas plastik membutuhkan waktu 10-20 tahun untuk bisa diurai oleh alam dan 400-450 tahun botol plastik bisa diurai oleh alam. Wah ngeri banget ini sih, sampe anak-cucu kita lahir dan tumbuh nanti sampah plastik yang kita buang hari ini bakalan masih ada.

Gak hanya itu, sampah plastik juga bisa mengganggu kehidupan lautan. Berdasarkan data dari Konferensi Laut PBB di New York tahun 2017 lalu, limbah plastik telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut dan ikan-ikan dalam jumlah besar tiap tahunnya.

Ngeliat kondisi ini tentunya kita harus ngebuktiin cinta bumi kita dengan gak menggunakan produk berbahan dasar plastik. Apa aja tuh? Ini dia:

  1. Sedotan Logam

Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini! - sedotan stainless

sumber foto: shutterstock

Tau gak kalo sedotan plastik itu mengandung bahan berbahaya yang disebut polypropliolyne yang bisa merubah tingkat estrogen manusia. Ada bermacam-macam jenis sedotan logam, mulai dari alumunium, stainless steel dan titanium. Sekarang penjual sedotan logam ini mudah kamu temui di mana aja, harganya pun juga murah. Sedotan ini bisa kamu pakai berulang-ulang, tapi jangan sampe lupa kamu cuci ya. Jadi, mulai dari sekarang, kalo kamu minum kopi susu, boba atau minuman apa pun itu, gak usah minta sedotan plastiknya lagi ya. Kece kan kalo minumnya sambil jaga lingkungan.

  1. Sikat Gigi Bambu

Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini! - sikat gigi bambu

sumber foto: t-online

Kedua, kamu bisa pakai sikat gigi bambu. Kenapa? Karena sikat gigi plastik punya zat berbahaya yaitu Bisphenol-A (BPA) yang bisa menyebabkan ketidaksuburan sampai penyakit kanker. Ngeri banget kan? Nah, solusinya kamu bisa pakai sikat gigi bambu, karena bulunya terbuat dari 62% minyak biji jarak dan batang sikat giginya terbuat dari 100% bambu alami.

  1. Tumbler

Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini! - tumbler

Kamu tau gak YOTers kalo botol plastik itu mengandung PVC atau polikarbonat yang bisa menyebabkan kanker. Makanya, mulai dari sekarang kamu stop deh pake botol plastik dan beralih ke tumbler. Karena, botol yang berbahan dasar stainless steel ataupun kaca gak ada kandungan yang bisa merusak tubuh dan juga lingkungan. Apalagi sekarang udah tersebar refill air mineral gratis, lumayan kan kamu bisa irit beli minum dan juga gak perlu ‘nyumbang’ sampah plastik.

Nah, kalo kamu emang beneran cinta bumi, pake tumbler ya dari sekarang. Kalo kamu pengen punya tumbler yang bisa sebarin value positif, kamu bisa pake tumbler kece dari Young On Top. Ada tiga value positif yang bisa kamu sebarin ke temen-temen kamu lewat tumbler ini, yaitu Attitude, Be On Time dan Respect. Cus ke youngontop.com/store/tumbler buat order tumbler kece nya!

  1. Totebag

Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini! - totebag

Penggunaan plastik sendiri saat ini udah dibatasi di beberapa provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah Jakarta yang di akhir 2019 kemarin mengeluarkan Peraturan Gubernur No. 142 tahun 2019 yang melarang pengunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan, swalayan dan pasar rakyat. Peraturan ini dikeluarkan dengan melihat fakta bahaya yang ditimbulkan dari sampah plastik. Solusinya, kamu bisa pake totebag nih, YOTers.

Oh ya, kalo kamu mau buktiin rasa cinta bumi kamu sekaligus sebarin value positif, kamu bisa pake totebag nya Young On Top lho! Ada dua value positif yang bisa kamu sebarin ke temen-temen kamu lewat totebag ini, yaitu Do What You Love dan Never Give Up! Langsung aja ke youngontop.com/store/totebag buat order totebag kece nya!

  1. Alat Makan Kayu

Yuk Buktiin Cinta Bumi dengan Pakai Produk Pengganti Plastik Ini! - sendok garpu kayu

sumber foto: rumah umkm

Pilihan produk cinta bumi lainnya adalah alat makan kayu, yaitu sendok dan garpu. Tau gak kalo kamu pakai sendok plastik saat makan, maka makananmu berisiko terkontaminasi banyak zat berbahaya dari dalam plastiknya. Selain itu, kamu juga bisa pakai kotak makan reusable. Stop pakai styrofoam atau tempat makan berbahan dasar plastik ya YOTers, karena zat berbahaya di dalamnya akan aktif kalau terkena panas.

Nah itu dia berbagai produk pengganti plastik. Yuk buktiin cinta bumi kamu dengan stop pakai produk berbahan dasar plastik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *