3M dalam Membangun Bisnis, Penting Banget Nih!

3M dalam Membangun Bisnis, Penting Banget Nih!

Hai YOTers! Buat kamu yang mau ngebangun bisnis tapi masih bingung mulai darimana, sebenernya modalnya cukup 3M lho: modal, mentor dan mental. Yuk kita jabarkan satu persatu 3M ini!

  1. Modal

Nomor pertama itu pastinya modal. Modal yang cukup tentunya juga bisa mendukung bisnis kamu. Tapi inget ya, modal ini juga harus jelas penempatannya. Sesuaikan dengan model bisnis kamu juga. Misalnya kamu mau buka usaha konveksi, pastinya modal yang besar untuk membeli alat, bukan di sumber daya manusia. Beda hal kalo kamu mau buka bisnis di bidang fintech, maka kamu harus spare modal besar untuk merekrut engineer.

  1. Mentor

Kedua, mentor. Dengan adanya mentor ini, langkahmu tentunya jadi lebih terarah. Kamu bisa merencanakan bisnis kamu dengan lebih matang dan meminimalisir kegagalan. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Biar kamu gak salah pilih mentor, kamu bisa baca tips memilih mentor di sini: Tips Memilih Mentor yang Tepat. Karena sukses itu gak bisa sendirian, butuh mentor!

  1. Mental

Nah ini juga gak kalah penting. Mental yang kuat itu penting banget, supaya saat kamu menghadapi tantangan, kamu bisa ngejalaninnya dan ngelewatinnya. Saat mental kita kuat, ditempa dengan tantangan apapun pasti bisa menghadapinya dengan kuat juga. Bangun bisnis juga jangan sekadar ikut-ikutan tren aja. Karena sekarang boba lagi banyak yang suka, bukan berarti kamu harus buat usaha minuman boba. Biasanya yang ikuta-ikutan aja, bisnisnya gak akan bertahan lama.

Nah itu dia 3M dalam membangun bisnis: modal, mentor dan mental. Sukses buat kamu yang mau ngebangun bisnis!

[wp_ulike]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *