Pelajar Naik TransJ Gratis Asal Pakai Seragam dan Tunjukkan KJP

Pelajar Naik TransJ Gratis Asal Pakai Seragam dan Tunjukkan KJP

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan siswa pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) akan gratis naik bus TransJakarta. Syaratnya, para pelajar harus mengenakan seragam sekolah dan menunjukkan KJP serta kartu siswanya.

"Asal pakai seragam walaupun belum ada combo, tunjukin KJP dan kartu pelajarnya terus si petugas di seluruh halte TransJakarta akan memakai tiketnya untuk nempel (di-tap) dan siswa bisa langsung masuk," ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015).

Ahok menargetkan mesin tap dari Bank DKI bisa siap untuk digunakan pemegang KJP yang hendak naik bus TransJ di seluruh halte busway bisa mulai efektif tahun 2016. Untuk sementara, dia menyiasatinya dengan cara pencatatan manual oleh petugas TransJ.

"Sekarang nggak usah tap, kamu tunjukin saja ini KJP dan kartu pelajar saya. Dia kalau masuk sekolah pagi, baru jam setengah 7 (naik transjakarta), kami nggak kasih. Berarti kamu terlambat, kecuali yang masuk siang," lanjutnya.

"Kalau kamu pukul 07.00 WIB (tapi baru berangkat pukul 06.30 WIB) nanggung kan. Kecuali kalau kamu bilang saya masuk siang. Ok kalau benar kamu masuk siang, kita akan catat nama kamu untuk dilaporkan ke Dinas Pendidikan. Kami cek, kalau pelajar itu bohong ya pecat (dikeluarkan dari sekolah) saja sudah," tambah Ahok.

Secara terpisah, Dirut PT Transportasi Jakarta ANS Kosasih menyebut uji coba penggunaan KJP untuk di halte busway sudah cukup baik selama penyelenggaraan Jakarta Book and Education Fair 2015 dari 27 Juli sampai 3 Agustus lalu. Sedikitnya tercatat ada 30.128 pengguna KJP yang naik bus TransJ secara gratis.

"Sistemnya manual, petugas kita pegang taping, tunjukin kartunya, dicatat kartunya. Dicatat kartu pelajarnya dan orangnya harus pakai seragam. Kita kerja sama dengan Bank DKI nanti akan menyiapkan kartu khusus yang bisa tap di gate TransJ. Sekarang belum bisa karena mesin kita di gate bukan EDC, tapi tap. Paling tidak akhir tahun menurut Bank DKI," kata Kosasih saat dihubungi hari ini. 

Sumber: http://news.detik.com/berita/2990888/ahok-pelajar-naik-transj-gratis-asal-pakai-seragam-dan-tunjukkan-kjp

Tulis Komentarmu