7 Tips Foto Group Selfie Yang Bisa Dipelajari Dari The World’s Most Retweeted Photo

7 Tips Foto Group Selfie Yang Bisa Dipelajari Dari The World's Most Retweeted Photo
Demam foto #selfie merebak ke berbagai kalangan. Tidak hanya di Indonesia orang melakukan foto selfie, bahkan di luar negri pun orang senang mengambil foto narsis, termasuk tingkah para artist di malam Anugerah Oscar yang lalu, di mana foto group #seflie Ellen DeGeneres dkk menjadi foto #selfie paling epik dalam sejarah foto selfie itu sendiri, mengingat foto tersebut di retweet (RT) sebanyak 400,000 kali hanya dalam 30 menit. Mengalahkan foto selfie Barak Obama saat terpilih kembali di pemilu 2012 lalu, yang total 'hanya' di RT 778,424 kali.
 
Di luar foto selfie Ellen DeGeneres dkk yang fenomenal, kita dapat mengambil pelajaran bagaimana membuat foto seflie yang bagus, menarik, dan syukur-syukur bisa eksis juga. Berikut tips memotret foto #selfie:
 
1. Lihat Ke Kamera, Bukan ke Diri Anda
Mengingat foto selfie adalah self-potrait by yourself, maka kita sering memanfaatkan kamera depan untuk melakukan foto selfie, ketimbang kamera utama. Alasannya karena kita dapat leluasa melihat dan mengatur pose diri sebelum memotret. Sayangnya, masih banyak dari kita tersenyum dan melihat ke diri sendiri pada layar smartphone dan bukan pada kamera. Ini membuat hasil foto kamu seperti melihat / berpose ke arah lain. Pada foto ini, kamu bisa melihat bahwa hanya Jennifer Lawrence yang berpose dengan benar. Sedangkan contoh yang salah diperlihatkan oleh Ellen DeGeneres dan Bradley Cooper. 
 
2. Fokus Pada Mata
Ini adalah aturan untuk memotret semua subjek yang memiliki mata, entah itu hewan, patung, apa lagi manusia. Selalu fokus/tajam pada mata, makanya sisanya akan menjadi bagus.
 
3. Berpose Searah Sumber Cahaya
Kecuali jika kamu ingin membuat foto selfie siluet, maka sebaiknya jangan berpose membelakangi sumber cahaya yang kuat. Mungkin pada foto selfie Ellen DeGeneres tidak terlalu terlihat arah cahayanya, namun dari sisi ini kamu bisa lihat bagaimana sumber cahaya yang lebih kuat datang dari arah kamera.
 
4. Gunakan Warna Yang Cerah 
Kamu bisa melihat bagaimana Jennifer Lawrence tampil dengan mencolok. Ia satu-satunya yang menggunakan gaun berwarna merah cerah, ditambah dengan arah mata yang benar, foto selfie nya adalah salah-satu yang terbaik di sini. Tidak hanya baju, kamu bisa menggunakan ornamen atau properti yang berwarna-warni, seperti payung atau sunglass, ini akan membuat foto selfie mu lebih menarik dari sekedar berpose apa adanya di depan cermin. 
 
5. Hindari Melambaikan Tangan 
Mungkin karena bawaan artis yang sering melambai ke arah kerumumnan fans nya, sehingga saat berpose selfie pun Angelina Jolie tidak sadar melambai ke arah kamera. Ingat, ini bukan merekam gambar bergerak, kecuali jika kamu ingin terlihat seperti ingin ber-high five, hindari untuk melambaikan tangan ke arah kamera. Ini juga berlaku dengan berbagai isyarat dengan tangan, seperti 'peace', 'metal', atau 'maknyus', sebaiknya kamu menghindari pose-pose demikian.
 
6. Berikan kamera pada orang yang bertangan panjang
Jika kamu tidak memiliki tongsis, atau remote release seperti yang ada pada Oppo N1, maka sebaikanya berikan kamera kamu pada orang yang bertangan panjang. Ini akan membuat cakupan sudut yang lebih luas untuk foto group selfie. Alternatif lain, kamu dapat menggunakan lensa wide tambahan untuk memperluas sudut foto. Kamu juga bisa menggunakan mode panorama atau mengambilnya dari sudut yang berbeda seperti dari sudut bird eye, ini akan memuat lebih banyak anggota group selfie, karena posisi kamera bisa berada di tengah. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi Groopic, walaupun sedikit repot karena kita harus mempertahankan pose kita untuk waktu yang agak lama.
 
7. Tweet Foto Selfie Sebelum Mengirimkan Ke Teman Anda
Ini salah-satu tips untuk membuat fotomu lebih banyak di RT dan dilihat setidak oleh teman-teman yang ada di foto selfie tersebut. Karena mau tidak mau mereka harus membuka twit kamu dan paling tidak mengretwit sebelum mendapatkan foto mereka sendiri. 
 
Mungkin itu sebabnya di Indonesia foto selfie harus dilakukan sebanyak orang yang ada dalam group selfie tersebut, lengkap dengan kamera masing-masing 😉
 
Sumber : http://www.memotret.com/2014/03/7-tips-foto-group-selfie-yang-bisa-anda.html @JohJuda
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *