10 Tips Kreatif Memotret Selfie

10 Tips Kreatif Memotret Selfie
Mungkin sebagian orang beranggapan memotret selfie adalah perbuatan yang sia-sia atau tampak konyol, namun jika kamu hobi memotret, ada baiknya kamu mulai melakukan kegiatan selfie ini. Memotret potret diri bisa sangat bermanfaat karena kamu belajar bagaimana untuk mengarahkan orang lain saat dipotret. Karena cara terbaik mengarahkan orang untuk berpose adalah dengan menunjukkan kepada mereka apa yang kamu inginkan untuk mereka lakukan.
 
Walaupun demikian memotret selfie atau self-portrait memiliki kesulitan tertentu, karena kamu harus berpose sekaligus memotret sendiri. Tidak jarang harus bolak-balik melihat kamera untuk mengecek hasil foto apakah sudah sesuai dengan keinginan atau tidak. Tentu jika orang lain yang memotret bukan lagi disebut foto selfie. Namun demikian, ini sepadan untuk dilakukan. 
 
Nah, berikut beberapa tips kreatif selfie menggunakan kamera smartphone:
 
1. Jangan Lupakan Komposisi
Komposisi tidak hanya berlaku dalam memotret landscape, namun juga berlaku dalam memotret diri. Rule of Third, diagonal, similarity, bahkan framing. Kamu harus perhatikan hal-hal tersebut sebelum memulai memotret diri. Kebanyakan dari kita akan berpose persis di tengah frame atau di death center. Kalau tidak ada alasan yang cukup kuat, sebaiknya kamu berpose di samping atau pojok frame. Selfie yang bagus tidak saja menunjukan wajah kamu namun juga background lokasi foto. 
 
2. Dress Up
Yup, tidak ada salahnya kamu tampil rapih dan berpakaian khusus untuk berselfie. Saat ini tidak sedikit profile sosial media kita dilihat sebagai bagian dari resume pekerjaan, khususnya perusahaan asing, sehingga tidak ada salahnya jika kamu berpakaian khusus dalam membuat foto selfie. Ini salah-satu keuntungan kamera smartphone, karena saat ini kita tidak perlu harus ke studio dulu untuk membuat sebuah foto selfie yang bagus.
 
3. Gunakan Properties
Kadang tidak berhenti dengan pakaian saja, namun juga gunakan elemen atau properties yang menarik seperti payung warna-warni, bando, atau berpose dari balik sepeda. Kamu juga bisa menggunakan atribut dari hobi kamu, karena ini memberikan personaliti dan emosi ke dalam foto selfie-mu. 
 
4. Selfie Tidak Selalu Foto Wajah
Saya paham kebutuhan kita untuk narsisme di depan kamera, namun foto selfie bukan selalu tentang wajah kita. Foto anatomi bagian tubuh kita pun termasuk dari foto selfie. Kamu bisa memadukannya bersama dengan aksesoris mu yang sudah menjadi 'identitas' diri. Contohnya seperti foto siluet selfie. Misal seperti permen karet dari Lupus, atau cangkok tembakau dari Sherlock Holmes.
 
5. Crop Selfie
Dari pada penampilkan foto wajah yang utuh, coba untuk mengcrop-nya, atau merotasi dan menampilkan sebagian wajahmu. Intinya jangan monoton hanya dengan menampilkan seluruh wajah kita dalam foto selfie. Ciptakan kesan foto yang misterius, menarik, sekaligus eksploratif.
 
6. Tidak harus selalu tersenyum. 
Self-portrait berbicara mengenai menampilkan emosi manusia ke dalamnya, dan emosi manusia tidak sebatas hanya senyum dan tertawa. Kamu dapat berpose ekspresi emosi seperti marah, sedih, bingung, kaget, dsb. 
Latihan yang baik untuk ini kamu dapat membuatnya ke dalam satu kolase foto berbagai ekspresi wajahmu. Menarik bagaimana melihat ekspresi kita di depan kamera. Ini melatih kita bagaimana tampil alami di depan kamera tanpa terlihat canggung. Selain itu ini juga sangat berguna nantinya saat kamu harus mengarahkan orang lain dalam memotret.
 
7. Gunakan Objek Reflektif
Sebagai penggemar selfie pasti sudah tidak asing dengan cermin, namun selain cermin kita dapat brmain dengan objek reflektif lain seperti perkakas dapur, tutup panci, dan hal menarik lainnya yang bisa kamu temui dan gunakan. Intinya adalah mencipatakan sesuatu yang kreatif dan tidak monoton.
 
8. Eksplorasi Dengan Kamera Depan dan Belakang
Beberapa smartphone dewasa ini hadir dengan dua kamera, yaitu kamera utama (di belakang HP) dan kamera sekunder (di depan HP) yang biasanya diperuntukan untuk melakukan panggilan video (video call). Karena tantangan memotret selfie yang dilakukan sendiri, tidak jarang kamera depan digunakan untuk memotret selfie, karena kita dapat melihat preview dilayar sebelum memotret.
 
Sering kita menemukan sudut lensa yang berbeda antara kamera depan dengan belakang (utama). Contohnya seperti pada HTC One yang memiliki kamera depan dengan sudut yang lebih lebar. Namun sebaliknya sering kali kendalanya adalah kamera depan memiliki pixel dan kualitas yang lebih rendah dibandingkan kamera utama. 
Untuk itu cobalah untuk bereksperimen menggunakan kedua kamera ini, dan temukan situasi-situasi mana saja yang lebih baik menggunakan kamera utama atau sekunder.
 
9. Gunakan Timer / Shutter Release
sering kali keterbatasan kita dalam bereksplorasi dengan foto self-portraiture adalah jangkauan lengan kita yang terbatas. Sedangkan jika meminta bantuan orang lain, selain canggung, tentu sudah tidak dapat lagi disebut foto selfie. Solusinya anda dapat menggunakan mode timer. Tentunya ini perlu ditunjang dengan tripod atau bantuan kursi, meja, dan benda-benda lain yang bisa digunakan sebagai pengganti fungsi tripod.
 
Solusi lain kamu dapat menggunakan shutter release. Beberapa smartphone memungkinkan penggunaan handsfree nya sebagai shutter release (biasanya dengan menekan tombol volume), beberapa smartphone juga dapat terhubung dengan handsfree bluetooth untuk shutter release (biasanya double click pada tombol bicara atau volume). Bahkan ada beberapa smartphone yang menyediakan aksesoris khusus untuk keperluan shutter release, misalnya Oppo N1 dengan o-click nya. Ini sangan membantu sekali dalam membuat selfie.
 
10. Membuat Tema
Tantang diri kamu sendiri dengan membuat sebuah tema selfie series yang menarik. Kamu bisa membuat tema atau bercerita dengan foto-foto selfie kamu. Beberapa contoh yang dapat kamu lihat pada Instagram ini. Intinya adalah untuk menjadi kreatif dan tidak berhenti dalam foto-foto yang monoton. Tujuan dari selfie atau self-portrait bukan sekedar memotret, tapi mendokumentasikan diri dan bercerita.
 
Nah, sekarang waktunya kamu bereksperimen sendiri dengan foto selfie mu ya. Jangan lupa untuk share foto selfie-mu dengan menggunakan hashtag #selfiewithstyle dan mention @memotretcom atau @fotodroids. Biar kita diskusi bersama foto selfie-mu 🙂 
 
Sumber : http://www.memotret.com/2014/03/10-tips-kreatif-memotret-selfie.html @JohJuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *