Apa Kampusmu Masuk 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2015?

Apa Kampusmu Masuk 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2015?
"Versi Webometrics"
Kamu yang ingin kuliah dan bingung dengan kampus mana yang paling baik, mungkin ini saatnya kamu kenalan dengan webometrics.
Webometrics adalah situs yang khusus memberi ranking untuk universitas-universitas di dunia. Indikator yang dipakai untuk mengukur ada empat, yaitu Impact (20%), presence (50%), excellence (15%) dan opennes (15%) terhadap masing-masing situs. Data ini adalah data yang dikeluarkan Webometrics bulan Januari 2015.
 
1. Universitas Gadjah Mada
UGM yang terletak di Jogja ini memang salah satu kampus kebanggaan Indonesia. Menurut data Webometrics, UGM berada di posisi 414 dunia. Beberapa alumni UGM antara lain Presiden Joko Widodo, Anies Baswedan, mantan Wakil Presiden Boediono, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Hotman Paris Hutapea, Adnan Buyung Nasution, Retno Marsudi, Artika Sari Devi dan banyak lagi.
 
2. Universitas Indonesia
Kampus UI yang terkenal dengan jas kuning mahasiswanya ini menempati urutan 532 dunia versi Webometrics. Tak heran, kampus ini selalu dipandang sebagai kampus paling prestisius di Indonesia. Banyak alumni UI yang dikenal memiliki prestasi cemerlang di Indonesia, di antaranya adalah Soe Hok Gie, Sri Mulyani, Agus Martowardojo, Yohanes Surya, Andrea Hirata, Ayu Utami, BJ Habibie dan banyak lagi.
 
3. Institut Teknologi Bandung
Di Webometrics, ITB menempati urutan 622 dunia. Kampus Ganesha ini memiliki ujian masuk yang dikenal luar biasa sulit, namun prestasinya memang sudah mendunia dan tak diragukan lagi. Dua mantan Presiden Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan B.J. Habibie adalah alumni kampus ini.
 
4. Bogor Agricultural University Institut Pertanian Bogor 
menempati urutan 813 dunia versi data Webometrics. Kampus ini dulunya adalah bagian dari Universitas Indonesia (UI) namun melepaskan diri pada tahun 1963. Beberapa alumninya antara lain adalah mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Marissa Haque, Asma Nadia, Marah Roesli dan Yana Julio.
 
5. Universitas Diponegoro
Berlokasi di Semarang, kampus Undip meraih ranking 1102 dunia versi Webometrics. Kanpus ini didirikan tahun 1957 an memiliki luas mencapai 2.009.862 m2 dari total tujuh lokasi kampus dan satu lokasi perumahan dinas.
 
6. Brawijaya University
Kampus Unibraw berlokasi di Malang. Kampus ini menempati urutan 1110 ranking dunia. Kampus ini berdiri tahun 1963 dan telah menjadi perguruan tinggi otonom sejak tahun 2007 silam. Di kampus ini, ada 18 program vokasi, 69 prodi S1, 37 prodi S2, 16 prodi S3 dan 17 program profesi.
 
7. Universitas Padjajaran
Kampus Unpad di Bandung juga sukses meraih peringkat 10 besar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Kampus Unpad menempati ranking 1210 dunia. Kampus yang dikenal sebagai kampusnya anak gaul Bandung ini banyak memiliki lulusan yang dikenal di Indonesia, antara lain Megawati Soekarno Putri dan Yovie Widianto.
 
8. Universitas Sebelas Maret
Universitas yang berlokasi di Solo ini meraih ranking 1383 dunia versi Webometrics. UNS ternyata memiliki sangat banyak pilihan jurusan lho! Bayangin aja, di kampus ini ada 56 prodi S1, 30 prodi S2, 9 prodi S3 dan 12 prodi profram pendidikan dokter spesialis. WOW!
 
9. Airlangga University
Tidak mengejutkan jika universitas dari Surabaya ini mendapat ranking 1508 dunia. Di Jawa Timur, kampus ini sangat terkenal untuk jurusan kedokterannya. Beberapa alumni Unair antara lain adalah Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Ari Lasso dan presenter gokil John Martin Tumbel yang terkenal melalui program John Pantau.
 
10. Gunadarma University
Universitas ini meraih peringkat 1647 dunia. Berlokasi di Depok, kampus ini menyandang motonya: Masa Depan Diraih Saat Ini. Untuk keperluan proses perkuliahan, kelas-kelas di Universitas Gunadarma dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang keperluan mahasiswanya.
 
11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS yang berlokasi di Surabaya ini meraih ranking 1688 dunia. ITS mendeklarasikan diri dengan visinya untuk menjadi universitas yang diakui dunia di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Dan itu dibuktikan dengan aktifnya mahasiswa ITS menuai prestasi dari berbagai kompetisi internasional di bidang sains.
 
12. Universitas Pendidikan Indonesia
Kampus UPI yang berlokasi di daerah Setyabudi Bandung ini meraih ranking 1691 dunia versi Webometrics. Kampusnya calon pengajar Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, mulai dari lapangan bola, kolam renang sampai laboratorium.
 
13. Universitas Negeri Semarang
Kampus UNS ini berhasil meraih ranking 1726 dunia lho! Unnes adalah kmpus negeri yang memiliki visi menjadi universitas konservasi bertaraf internasional. Tahun 2010, Unnes dideklarasikan menjadi universitas konservasi oleh Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh. Sebagai kampus konservasi, Unnes selalu menjunjung tinggi prinsipnya akan pengawetan, pemanfaatan, pengembangan dan pelestarian sumber daya alam dan budaya luhur bangsa.
 
14. Hasanuddin University
Kampus Universitas Hasanuddin yang berlokasi di Makassar ini menyabet peringkat 1780 dunia versi Webometrics. Kampus ini adalah salah satu universitas negeri terbesar di Indonesia. Beberapa alumninya antara lain adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Abraham Samad dan Hamdan Zoelva.
 
15. Universitas Negeri Malang
Kampus Universitas Negeri Malang meraih peringkat 1787 dunia. Sebelumnya, kampus ini memiliki nama PTPG Malang, lalu berubah menjadi IKIP Malang. Kampus ini sudah ada sejak Oktober 1954.
 
16. Petra Christian University
Kampus swasta yang berlokasi di Surabaya ini meraih peringkat 1833 dunia. Dengan visinya sebagai kampus global, Universitas Kristen Petra merupakan sister university dari Dongseo University, Korea Selatan.
 
17. Bina Nusantara (BINUS) University
Kampus Binus menempati peringkat 2038 dunia. Kampus swasta yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini juga terkenal sebagai salah satu kampus swasta paling berkualitas di Indonesia. Beberapa alumninya antara lain Bong Chandra, Joshua Suherman, Tina Toon dan Jessica Mila.
 
18. Yogyakarta State University
Universitas Negeri Yogyakarta ini meraih peringkat 2043 dunia. Kampus ini merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta, yang telah berdiri sejak 21 Mei 1964. Hanung Bramantyo dan Evan Dimas adalah alumni UNY yang namanya dikenal di Indonesia.
 
19. Universitas Sriwijaya
Akhirnya, satu kampus dari luar Pulau Jawa berhasil menembus 20 besar universitas terbaik versi Webometrics. Kampus ini mendapat peringkat 2122 dunia. Universitas Sriwijaya juga memiliki cukup banyak calon mahasiswa luar negeri dan bekerja sama dengan universitas internasional, salah satunya Kagoshima University, Jepang.
 
20. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Kampus ini menempati peringkat 2162 dunia. Dengan misinya menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang islami secara individu ataupun sosial, kampus UMY dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap. Lihat saja bangunan Sportoriumnya yang luar biasa keren.
Tapi, yang perlu diingat, indikator yang digunakan Webometrics ini tidak terkait langsung dengan kualitas akademik dari masing-masing perguruan tinggi. Jadi, kalau kampusmu belum masuk ke daftar ini, jangan berkecil hati dulu, karena belum tentu kampusmu tidak berkualitas. Kalau kamu mau membuat kampusmu unjuk gigi juga di Indonesia, coba dong kamu juga ikutan lomba Ini Uniknya Universitasku yang diadakan Indonesian Times hingga bulan April mendatang. 
 
Sumber : http://www.idntimes.com/novi/apa-kampusmu-masuk-20-universitas-terbaik-di-indonesia-2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *