Jenis-jenis Aroma Parfum yang Bisa Redakan Stres Hingga Atasi Insomnia

Jenis-jenis Aroma Parfum yang Bisa Redakan Stres Hingga Atasi Insomnia
Menyemprotkan parfum atau membakar minyak aromaterapi terkadang menjadi satu rutinitas yang tidak boleh terlewatkan. Tak heran banyak orang yang menyimpan parfum di tasnya atau membakar aromaterapi untuk relaksasi tubuh. Ternyata, menghirup wewangian tersebut memiliki beberapa manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja?
 
1. Mawar
Dijelaskan oleh psikolog Kasandra Putranto, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Baron menunjukkan bahwa parfum yang harum mempengaruhi perilaku seseorang dengan cara membangkitkan suasana hatinya pada saat itu. Jika suasana hati kurang menyenangkan, semprotkan atau hirup wewangian yang dapat menimbulkan rasa senang dalam diri Anda. Misalnya, wewangian yang mengandung aroma bunga mawar dan buah lemon.
 
2. Chamomile
Setiap orang yang tengah mengalami stres tentunya banyak pikiran yang bersarang di kepalanya. Ada wewangian tertentu yang berfungsi untuk menurunkan tingkat stres sehingga tubuh menjadi lebih relaks. Aroma chamomile atau rempah-rempahan seperti daun kenanga dan kayu manis menjadi salah satu aroma yang bermanfaat untuk mengurangi stres.
 
3. Lavender
Psikolog 46 tahun itu mengatakan, wewangian juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. "Kalau Anda mengalami susah tidur atau terkena penyakit insomnia, mencium wewangian bunga lavender bisa membantu Anda untuk tidur pulas," ujarnya saat ditemui di acara Vitalis di The Resonanz, Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (25/8/2015).
 
4. Vanilla
Dengan menyemprotkan wewangian beraroma manis seperti vanilla atau musk, serta wewangian bunga-bungaan pada bagian tubuh, wanita lulusan Universitas Indonesia ini yakin bahwa kepercayaan diri seseorang perlahan akan timbul. Rasa percaya diri itu mampu membuat seseorang lebih bersemangat dalam menjalani aktifitasnya.
 
5. Jeruk
Terkadang seseorang merasa terlalu malas dalam mengerjakan sesuatu, Kasandra menyarankan untuk menghirup aroma buah-buahan yang segar dan lembut. "Kalau lagi malas kerja coba hirup wangi buah jeruk, karena wanginya membuat kita lebih aktif dalam bekerja," lanjutnya.
 
6. Peppermint
Aspek kognitif erat kaitannya pada kemampuan berfikir seseorang. Wanita yang sudah 12 tahun menjadi psikolog itu mengatakan, jika seseorang sulit berkonsentrasi, menghirup aroma peppermint dapat membantunya untuk lebih jernih dalam berpikir.
 
Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2015/08/25/162535/3000921/234/jenis-jenis-aroma-parfum-yang-bisa-redakan-stres-hingga-atasi-insomnia

Tulis Komentarmu