Waspada Kondisioner Bisa Memicu Jerawat Pada Wajah dan Punggung

Waspada Kondisioner Bisa Memicu Jerawat Pada Wajah dan Punggung
Jakarta – Jerawat bisa timbul karena hal-hal yang tidak terduga. Ketika Anda memiliki jerawat di wajah, khususnya bagian dahi, mungkin Anda harus curiga dengan produk rambut yang digunakan saat keramas.
 
Menurut Dr. Jessica Weiser, dermatologist asal New York, produk rambut yang mengandung banyak minyak seperti kondisioner dapat meninggalkan residu pada kulit wajah ketika keramas. "Kondisioner bisa meninggalkan residu di kulit kepala dan kulit wajah sehingga terjadinya penyumbatan pori-pori," ujar Dr. Jessica seperti dikutip dari Teen Vogue.
 
Ketika kondisioner kurang bersih diseka pada kulit wajah, maka sangat memungkinkan timbulnya bakteri sehingga menyebabkan jerawat. Dr. Jessica menyarankan untuk memiliki kondisioner yang tidak begitu berminyak seperti menghindari kandungan jojoba dan shea butter.
Yang terpenting adalah dengan tidak mengaplikasikan kondisioner sampai ke kulit kepala. Kondisioner memang tidak diciptakan untuk diaplikasikan hingga kulit kepala. Hanya gunakan di ujung-ujung rambut saja. Ketika tidak diusapkan sampai kulit kepala, maka residu kondisioner pun tidak akan turun ke bagian dahi.
 
Disarankan, setelah shampo dan menggunakan kondisioner, bilas wajah menggunakan sabun wajah untuk mencegah terbentuknya residu di kulit. Dr. Jessica juga tidak menyarankan untuk keramas menggunakan shampo dan kondisioner setiap hari, selain tidak bagus untuk kesehatan rambut, juga memicu menumpuknya residu pada kulit wajah.
 
Bukan kali ini saja fakta bahwa kondisioner bisa menyebabkan jerawat pada dahi. Sebelumnya beberapa dermatologis pun pernah menyataka bahwa kondisioner bisa menyebabkan jerawat pada punggung. Bagaimana korelasinya?
Ketika keramas biasanya kita akan mendiamkan kondisioner beberapa menit agar nutrisinya menyerap ke batang rambut. Ternyata kebiasaan tersebut tidak disarankan.
 
Kondisiner memiliki banyak kandungan minyak dan silikon yang dapat menempel di kulit punggung, apalagi ketika memiliki rambut panjang. Kandungan tersebut sangat baik untuk rambut berkilau, namun bila terpapar kulit, maka dapat menyumbat pori-pori dan timbul jerawat. Disarankan, setelah menggunakan shampo dan kondisioner, langsung membilas rambut serta tubuh dengan sabun mandi.
Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2015/07/10/184912/2966118/234/waspada-kondisioner-bisa-memicu-jerawat-pada-wajah-dan-punggung

Tulis Komentarmu