Badak Sumatera ‘Harapan’ Akan Dikirim ke Indonesia

Badak Sumatera 'Harapan' Akan Dikirim ke Indonesia

Satu-satunya badak Sumatra yang ada di Amerika Serikat akan dikirimkan ke Indonesia. Pengiriman ini dimaksudkan agar badak jantan ini memiliki kesempatan untuk kawin.

Badak berusia 8 tahun yang diberi nama Harapan ini, merupakan salah satu dari tiga ekor badak Sumatra yang lahir di Kebun Binatang Cincinnati, Ohio. Rencananya, Harapan akan dipindahkan ke Suaka Badak Sumatra pada akhir tahun ini.

Demikian disampaikan Direktur Pusat Penelitian dan Pelestarian Satwa Nyaris Punah di Kebun Binatang Cincinnati, Dr Terri Roth seperti dilansirReuters, Rabu (26/8/2015). Kebun Binatang Cincinnati dikenal akan kemampuannya mengembangbiakkan satwa-satwa nyaris punah. 

Menurut Roth, Kebun Binatang Cincinnati pernah melakukan satu-satunya program pengembangbiakkan yang sukses di AS, untuk spesies yang diyakini hanya tinggal 100 ekor yang hidup bebas dan 9 ekor hidup dalam penangkaran di dunia.

Roth menuturkan, keputusan untuk mengirimkan Harapan ke Indonesia ini sebenarnya cukup sulit. Namun demikian, pihak kebun binatang juga tidak bisa melakukan pengembangbiakkan hanya dengan bergantung pada satu spesies jantan.

"Selama bertahun-tahun, kami berharap akan menerima badak betina. Indonesia sudah memperjelas baru-baru ini, bahwa mereka tidak berencana lagi untuk mengirimkan badak Sumatra lainnya ke negara lain," ucapnya.

Kemungkinan untuk menerima pasangan bagi Harapan dari Malaysia, yang juga menangkarkan badak Sumatra, tidak bisa dilakukan. Karena, menurut Roth, Malaysia hanya memiliki badak betina yang tidak subur. Pada tahun 2007 lalu, bayi badak Sumatra jantan kelahiran Kebun Binatang Cincinnati yang bernama Andalas dipindahkan ke Suaka Badak Sumatra. Tahun lalu, satu-satunya badak betina yang lahir di Cincinnati, Suci, mati karena sakit. 

Upaya pemindahan Harapan ke Indonesia ini masih menunggu izin ekspor. Menurut Roth, pemindahan akan menggunakan pesawat, kapal feri dan truk yang kemungkinan akan memakan waktu hingga 60 jam. 

Sumber: http://news.detik.com/internasional/3001449/lahir-di-as-badak-sumatra-harapan-akan-dikirim-ke-indonesia

Tulis Komentarmu