9 Anak bangsa yang harumkan Indonesia di kancah otomotif

9 Anak bangsa yang harumkan Indonesia di kancah otomotif
Berbicara tentang generasi penerus bangsa, jangan sekali-kali remehkan talenta muda Indonesia. Siapa bilang orang Indonesia tidak ada yang mampu mendunia? Setelah di bidang bulutangkis, tinju, dan lainnya, kini giliran di bidang otomotif, anak bangsa unjuk gigi di mata dunia.
Mulai dari segi desain mobil hingga terjun sendiri dalam karir sebagai pembalap, atau bahkan menunjukkan kehandalan dan dedikasi yang unik di bidang mobil dan motor, tak sedikit dari wajah berseri penuh ide dan kreativitas mereka kerap menjadi inspirasi yang penuh janji.
Lantas siapa sajakah putra-putri Indonesia yang mampu mengharumkan nama negara ini di kancah otomotif dunia?
 
\"Name\"
1. Didit Hediprasetyo
Mungkin namanya tak begitu tenar di Indonesia. Namun Didit Hediprasetyo memiliki nama besar di bidang desain mobil internasional. Perlu diketahui, dia merupakan putra dari Prabowo Subianto.
Didit adalah desainer yang membuat rancangan paling istimewa untuk automaker raksasa asal Jerman, BMW. Pria ini merupakan lulusan sekolah desain Parsons di Paris, Prancis.
Baru di tahun 2012, Didit membuat sejarah baru bersama BMW Series 7 Individual Faceliftyang sisi interior dan eksteriornya ia rancang. Bukan sekadar mobil biasa, melainkan model sedan mewah istimewa yang jumlahnya hanya ada 5 unit di seluruh dunia.
 
\"Name\"
2. Alexandra Asmasoebrata
Ini yang bikin hati berdebar. Alexandra Asmasoebrata, adalah pembalap perempuan Indonesia pertama di kelas gokart dan Formula pertama yang menembus dunia internasional.
Kepiawaian perempuan kelahiran 23 Mei 1988 ini terlihat saat usianya masih sangat muda, yakni 12 tahun. Kala itu dia melakukan balapan di ajang gokart kadet 60cc. Terus menapaki karir di dunia balap sampai ke tingkat ASEAN dan dianugerahi penghargaan MURI sebagai pembalap perempuan pertama Indonesia.
Beberapa prestasi yang pernah ia raih di antaranya adalah 2002 1st champion National Kart Championship, 2005 1st champion National Kart Championship, 2005 13th World Championship Junior rotax max dan 2005 1st China Formula Campus Asian Division.
 
\"Name\"
3. Jeffrey Polnaja
Lain lagi dengan sosok yang satu ini. Jeffrey Polnaja adalah seorang biker yang tak hanya terkenal di dalam d=negeri, namun juga di luar negeri. Betapa tidak, biker legendaris ini telah mengelilingi 5 benua besar di dunia bersama motor kesayangannya, yakni BMW R1150GS Adventure.
Pria kelahiran Bandung, 18 Juni 1962 ini menjadi penjelajah dunia pertama asal Indonesia yang mengemban misi perdamaian yang disambut hangat oleh hampir setiap penduduk negara yang di lewatinya.
Telah tuntas melewati lebih dari 78 negara, ia berencana bakal berkelana hingga 220.000 kilometer melintasi negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan hingga Australia.
 
\"Name\"
4. Perdana Putra Minang
Di usianya yang masih sangat belia, Perdana Putra Minang sanggup mengibarkan bendera Merah Putih hingga kancah Internasional setelah menjuarai berbagai ajang balap gokart.
Kiprah Perdana yang lahir pada 23 Maret 2001 ini di dunia balap gokart dimulai sejak sang ayah membawanya menonton sebuah ajang balap di  Jakarta tahun 2008. Di tahun yang sama, ia mulai menorehkan prestasi dengan menjuarai beberapa kelas balap pemula.
Setelah berada di bawah naungan Red White Racing Team, pemuda belia ini akhirnya sanggup ‘mekar’ dan mengharumkan nama Indonesia dengan mencatatkan berbagai prestasi di kelas internasional seperti juara III AKOC 2011 di Macau, Juara II Copa Trofeo Griffone di Napoli, Juara II Rotax Invitational Race 2012 di Malaysia dan banyak lagi.
 
\"Name\"
5. Chris Lesmana
Siapa sangka seorang putra asal Bandung ada yang memiliki peran besar di balik sejarah hebat salah satu tunggangan legendaris dari Volkswagen. Ia adalah Chris Lesmana, seorang desainer kreatif yang mengharumkan nama Indonesia di dunia dalam kancah desain mobil internasional.
Dari tangan seorang Chris Lesmana, desain anyar dari generasi ketiga VW Beetle atau yang juga dikenal di Indonesia dengan sebutan VW kodok ini tercipta. Mobil buatannya diluncurkan pertama kali di serentak di 3 tempat, yakni New York, Berlin dan Shanghai pada 19 April 2011 lalu.
Lesmana yang saat ini tinggal di Jerman membuat sosok VW Beetle menjadi lebih proporsional dan cantik dengan aura feminim yang lebih kental. Tubuh mungilnya dibuat makin rendah dan bundar, roda yang lebih besar dan juga interior yang makin sporty.
Yang lebih hebat dari pria santun berkacamata ini adalah prestasi yang diperoleh dari satu hasil karyanya yang lain, yakni Volkswagen Up!. Mobil mungil tersebut sukses melewati proses seleksi ketat yang kemudian dianugerahi sebagai World Car Of The Year tahun 2012.
 
\"Name\"
6. Stephanus Widjanarko
Alumnus ITB yang satu ini tercatat menjadi salah satu pemuda Indonesia yang sukses menorehkan prestasi di dunia desain mobil. Bukan sembarang mobil, pria bernama lengkap Stephanus Widjanarko ini merupakan salah satu engineer yang bertugas untuk membuat desain mobil balap F1 di Italia.
Sukses secara akademis dengan Indeks Prestasi Komulatif 3.95 (IPK) dari skala 4, ia lantas melanjutkan pendidikan setelah mendapat beasiswa S2 di bidang Engineering Fluid Dynamics/Sustainable Energy Technology di Universitas Twente, Belanda.
Tephie, panggilan akrab Stephanus, sejak kecil bermimpi untuk bisa bekerja di perusahaan F1 karena kerap diajak sang ayah menonton serunya adu cepat mobil tersebut. Impian tersebut berhasil ia capai beberapa tahun setelah mengentaskan pendidikan S2-nya.
Kini ia merupakan salah satu anggota kebanggaan dalam tim Scuderia Torro Roso yang merupakan tim junior Red Bull Racing.
 
\"Name\"
7. Ricky Elson
Sosok Ricky Elson dikenal sebagai salah seorang pemuda jenius kelahiran 1980 yang mendapat julukan ‘Putra Petir’ dari Dahlan Iskan yang kala itu menjabat sebagai Menteri BUMN di era Presiden SBY. Dari otak cemerlang putra Minang inilah Mobil Listrik Nasional ‘Selo’ tercipta.
Di usia yang sangat muda, Ricky Elson telah tercatat sebagai penemu 14 teori tentang motor listrik yang kini menjadi paten milik Jepang. Ia juga pernah menjadi kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generatir NIDEC Corporation, Kyoto, Minamiku-Kuzetonoshiro cho388, Japan.
Pulang dari negeri Bunga Sakura, Ricky bersama Dahlan Iskan mengembangkan teknologi mobil listrik dan renewable energi sembari menunggu kepastian nasib tunggangan ramah lingkungan tersebut dari pemerintah.
 
\"Name\"
8. Rifat Sungkar
Berkali-kali mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, seorang Rifat Sungkar bisa dibilang sebagai salah satu pereli Tanah Air yang paling berprestasi.
Lahir di  Jakarta 22 Oktober 1978, Rifat yang tumbuh besar di lingkungan keluarga pereli menunjukkan potensi dan mulai dikenal semenjak menjuarai Kejurnas Reli tahun 2005. Karena prestasinya yang mengharumkan nama bangsa, Rifat dianugerahi Satya Lencana Prama Krida Pratama sebagai atlet indonesia terbaik di cabang olahraga rally oleh Presiden RI saat itu, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.
 
\"Name\"
9. Rio Haryanto
Usianya masih 22 tahun saat ini. Namun Ryo Haryanto sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah otomotif dunia. Saat ini dia tergabung dalam ajang GP2 Series bersama tim EQ8 Caterham Racing.
Berikut ini adalah ringkasan prestasi yang telah ditorehkan Ryo Haryanto:
    2002 – Juara nasional Go-kart kelas kadet
    2005 – Penghargaan IMI sebagai Atlet Gokart Junior Terbaik
    2008 – Juara Nasional Go-kart
    2008 – Formula Asia 2.0: ke-3, 121 poin
    2008 – Formula Renault Asia: ke-6, 160 poin
    2009 – Juara Formula BMW Pacific 2009
    2010 – GP3 Series: ke-5, 27 poin
    2010 – F1 Test, Virgin VR-01
 
 
Written by : Akhyari Hananto, Member at GNFI
Sumber : Merdeka.com
Link : http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/08/22/9-anak-bangsa-yang-harumkan-indonesia-di-kancah-otomotif/

Tulis Komentarmu