Penyakit Paling Rawan untuk Pekerja

Penyakit Paling Rawan untuk Pekerja
Meskipun sering beraktivitas bekerja, Anda bisa menderita penyakit fatal. Biasanya karena faktor gaya hidup tidak sehat.
 
Berikut ini Okezone merangkum enam penyakit yang paling mudah menyerang para pekerja kantoran dan lapangan, seperti yang dijelaskan dr Sphatika Ekakarttika dari Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, beberapa waktu lalu. Penasaran?
 
Kolesterol tinggi
Ketika bicara mengenai penyakit kolesterol, pasti ada kaitannya dengan pola makan seseorang. Dalam satu hari mungkin Anda kerap mendapat undangan makan dengan berbagai menu menggiurkan.
 
Ini yang membuat Anda lupa memikirkan kadar kolesterol tinggi yang dimiliki oleh makanan itu.
 
"Di sisi lain, kita sering mengabaikan waktu makan yang teratur dan kurang olahraga juga sebabkan kolesterol tinggi," ujar dr Tika saat ditemui di Rumah Sakit Bunda Jakarta, belum lama ini.
 
Hipertensi
Seorang pekerja berusia di atas 35 tahun rawan menghadapi ancaman penyakit hipertensi. Selain faktor gaya hidup yang kurang tepat, penderita dengan tekanan tensi darah tinggi sudah memiliki riwayat hipertensi dari anggota keluarganya.
 
Kalau tidak dikontrol, hipertensi juga cepat berubah menjadi penyakit kardiovaskuler, seperti jantung dan stroke dalam jangka lama.
 
Obesitas
Seseorang dengan obesitas akan mengembangkan penyakit diabetes. Umumnya si pekerja kantoran maupun lapangan menderita diabetes tipe dua yang berasal dari efek faktor gaya hidup yang berantakan, seperti kurang olahraga, makan sembarangan dan juga kegemukan.
 
Penyakit mata
Periksa mata tidak hanya wajib dilakukan oleh para pekerja yang sudah menggunakan kacamata saja. Anda yang tidak berkacamata juga wajib cek saraf mata, apalagi kalau sering ada keluhan.
 
"Kita dari tim medis selalu memeriksa mata dengan alat slit lamp setiap satu tahun sekali. Ini bermanfaat untuk menghindari penyakit mata yang fatal nantinya," tutup dr Tika.
 
Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/08/31/481/1205596/penyakit-paling-rawan-untuk-pekerja

Tulis Komentarmu