Hindari 5 Kesalahan Ini di Pagi Hari Agar Tubuh dan Pikiran Lebih Fokus

Hindari 5 Kesalahan Ini di Pagi Hari Agar Tubuh dan Pikiran Lebih Fokus
Segala rencana aktivitas selama sehari penuh biasanya akan mulai dipikirkan sejak bangun tidur. Oleh sebab itu, diperlukan suasana hati dan fisik yang tenang.
 
Hindari beberapa kesalahan kecil di waktu bangun pagi hari agar mood tetap terjaga dan tak merusak rencana Anda selama hari tersebut.
 
Apa saja misalnya? Berikut kesalahan-kesalahan yang sebaiknya dihindari untuk dilakukan di pagi hari, seperti telah dirangkum detikHealth dari berbagai sumber pada Selasa (25/8/2015):
 
 
\"Name\"
 
1. Langsung buru-buru bangun dan olahraga
 
Pagi hari, terutama saat baru bangun tidur, seharusnya menjadi waktu yang rileks bagi tubuh. Berikan waktu bagi tubuh dan otot untuk terbangun secara perlahan-lahan.
 
Pakar yoga Abhishek Sharma mengatakan bahwa apapun yang terjadi saat Anda baru bangun tidur berpotensi untuk memberikan efek buruk pada kualitas hari Anda. "Jika dilakukan terus-menerus bahkan dapat menyebabkan konsekuensi serius pada kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Luangkan beberapa menit untuk diam dan mengambil napas dalam," tuturnya.
 
 
\"Name\"
 
2. Tidak melakukan peregangan
 
Ketika bangun tidur, otot-otot tubuh, terutama tulang belakang, mengalami kekakuan. Oleh sebab itu bangun tanpa melakukan peregangan disebut-sebut dapat memperparah kekakuan otot tersebut.
 
Selain itu, perlu diingat sebaiknya Anda bergerak dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Jika Anda mengalami kekakuan otot paha belakang dan betis, peregangan ringan saat baru bangun tidur dan beberapa tarikan napas dalam dapat membantu.
 
 
\"Name\"
 
3. Langsung minum teh atau kopi
 
Untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh, ada baiknya Anda minum saat baru bangun tidur Namun sebaiknya hindari minum minuman seperti kopi atau teh.
 
Ahli yoga dan kebugaran fisik Mini Shastri menuturkan bahwa sebaiknya hindari kebiasaan memulai pagi hari dengan teh atau kopi dengan gula dan susu. "Sebaiknya minum air putih, atau bisa ditambah dengan jeruk nipis dan air," tuturnya.
 
 
\"Name\"
 
4. Cek ponsel
 
Seperti telah disebutkan di atas, hindari segala sesuatu yang dapat 'merusak' mood Anda di pagi hari, termasuk langsung memusingkan diri melihat email pekerjaan atau tugas begitu bangun tidur.
 
Faktanya, Anda tidak harus segera memecahkan masalah di kantor dalam dua jam pertama setelah bangun tidur. Nikmati udara pagi dan biarkan tubuh rileks, lakukan pekerjaan benar-benar setelah Anda sampai di kantor.
 
 
\"Name\"
 
5. Melewatkan sarapan
 
Sebuah studi mengungkapkan bahwa melewatkan fase sarapan memiliki hubungan dengan risiko obesitas, diabetes dan kekebalan tubuh yang lemah.
 
Bahkan, Harvard School of Public Health mengatakan bahwa tidak sarapan dapat menempatkan tekanan ekstra pada tubuh.
 
"Melewatkan sarapan akan membuat Anda cenderung lebih lapar di siang hari dan nafsu makan pun meningkat. Anda pun akan menjadi sulit fokus bekerja di pagi harinya," ujar pakar kesehatan Ramon Lamba.
 
Jika memang Anda benar-benar sibuk dan tak memiliki waktu untuk menyiapkan menu sarapan tertentu, ahli kebugaran Leena Mogre menyebutkan setidaknya mulailah hari dengan segenggam kacang almond, roti gandum, atau buah. "Ini dapat membuat kadar gula darah naik secara bertahap," imbuhnya.
 
 
Sumber : http://health.detik.com/read/2015/08/25/093540/3000379/766/hindari-5-kesalahan-ini-di-pagi-hari-agar-tubuh-dan-pikiran-lebih-fokus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *