8 Tips Aman Bersosial Media di Internet

8 Tips Aman Bersosial Media di Internet
Seperti yang kita ketahui, hadirnya internet dewasa ini telah banyak mengubah gaya hidup kita selama ini. Mungkin dahulu kita membutuhkan bermacam-macam alat atau media guna melakukan aktifitas-aktifitas seperti menonton televisi, mendengarkan musik maupun radio, menelpon teman dan kerabat saudara, hingga membaca berita. Namun, kini semua itu dapat dilakukan hanya dengan duduk manis didepan PC/Laptop saja.
 
Apalagi sekarang ini trend bersosial media memang sudah sangat tinggi. Berbagai aktifitas yang telah dilakukan rasanya memang kurang "Afdol" bila tidak mempostingnya pada sosial media kita masing-masing dan membiarkan teman-teman kita mengetahuinya.
 
Misalkan dahulu saat datang ke rumah makan, hal yang biasa kita lakukan adalah memesan makanan yang diinginkan, setelah makanan disajikan kita pun langsung menyantapnya dan kemudian pulang. Lain halnya dengan sekarang, sebelum menyantap makanan mungkin sebagian orang akan sibuk membuka smartphone/gadgetnya untuk mengupdate status media sosial mereka.
 
Memang selain dapat membuat hidup kita jadi lebih berwarna, sosial media ternyata bisa juga dimanfaatkan oleh orang yang bertujuan kurang baik/jahat seperti melakukan scam, menyebarkan virus, phising bahkan hingga berujung ke kasus pembunuhan.
 
Nah, Setelah sekian lama tak juga sempat membuat artikel baru, kali ini saya akan mencoba berbagi tips aman dalam bersosial media di internet. Diantaranya adalah :
 
Jangan ceroboh mengumbar informasi pribadi anda di internet
Batasilah informasi pribadi di internet/sosial media anda. Selain membatasi informasi berupa alamat email, alamat rumah, nomor telepon ataupun pekerjaan, perhatikan juga apa yang kita share di timeline atau twitter kita. 
 
Gunakan privacy settings yang aman. Misalkan didalam facebook saya menggunakan beberapa konfigurasi dalam privacy settings diantaranya seperti dibawah ini :
 
– How you connect
 
– Timeline & Tagging
 
 
Gunakan password yang benar-benar secure/aman
Seperti halnya informasi pribadi, Password adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan tingkat keamanannya. Pastikan bahwa anda sudah membuat kombinasi password seaman mungkin. Percaya atau tidak hal yang pertama kali dilakukan seorang hacker dalam membobol sebuah password adalah memilahnya dari yang paling mudah seperti tanggal lahir, nama kerabat, nama kekasih, hingga hal-hal sensitif tentang kepribadian anda. Usahakan untuk membuat password seunik dan seaman mungkin dan tentunya dengan "versi anda sendiri".
 
Gunakan mode Private Browsing saat menggunakan komputer umum
Hal penting lainnya saat bersosial media adalah mengetahui private browsing, pada saat kita menggunakan mode browser tidak akan merekam semua browser history, search history, download history, web form history, cookies, atau temporary internet files. Jadi jika anda sedang menggunakan komputer umum seperti di warnet, perpustakaan, kampus dan lain-lain, maka sebaiknya gunakan mode private browsing ini.
 
Untuk menggunakan mode private browsing ini adalah sangat mudah, diantaranya :
 
– Pada Google Chrome cukup tekan CTRL+Shift+N
 
– Pada Mozilla Firefox cukup tekan CTRL+Shift+P
 
– Pada Opera : Klik icon Opera – Klik Tabs and Windows – New Private Tab
 
– Pada Internet Explore cukup tekan CTRL+Shift+DEL
 
Jangan sembarang melakukan pertemanan, hati-hati Fake Account/Fake Friend
Perhatikan setiap pertemanan yang telah anda lakukan dalam sosial media, mengacu pada banyak kasus penipuan, penculikan, hingga pembunuhan yang sering terjadi belakangan ini yang tidak lain di picu oleh penggunaan sosial media. Banyak sekali orang-orang jahat yang menggunakan atau membuat banyak akun palsu untuk memudahkan aksi-aksi mereka. Dalam hal ini maka "privacy settings" adalah hal yang sangat penting.
 
Berfikirlah dua kali sebelum membuka sebuah link/tautan tertentu
Jangan terburu-buru untuk membuka link yang disertakan dalam pesan yang anda terima, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kemana link tersebut akan membawa anda. Bisa saja link itu mengacu ke sebuah situs berbahaya ataupun spam. Bila memang kita tidak yakin, maka sebaiknya abaikan saja.
 
Gunakan protokol HTTPS sebisa mungkin
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya kita gunakan protokol https ini. Facebook & Twitter sudah menyediakan pengaturan khusus tentang ini. Jika belum, maka anda bisa mengubah alamatnya secara manual dari http:// menjadi https://.
 
Hati-hati saat membuka shortened-link/ link yang diperpendek
Untuk yang satu ini mungkin tidak hanya berlaku untuk sosial media saja. Jika anda dibawa ke sebuah situs yang "aneh" karena link ini, maka segeralah tutup browser tab anda tanpa melakukan satupun klik pada situs tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti clickjacking misalnya.
 
Jangan sembarang melakukan pembahasan sensitif pada mode umum
Pertimbangkan untuk tidak melakukan membahasan penting pada mode umum guna menghindari segala konsekuensi yang akan timbul. Misalnya seperti pembahasan pekerjaan, perusahaan, hubungan pribadi dan lain sebagainya. Sadarilah bahwa yang anda bicarakan dapat dilihat oleh orang lain yang mungkin saja tidak anda kehendaki untuk mengetahuinya.
 
Sumber : http://rasmaadhi.blogspot.com/2013/09/8-tips-aman-bersosial-media-di-internet.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *