Jual Diri Lewat CV

Jual Diri Lewat CV

Hai YOTers! Dalam melamar kerja, tentu kamu sudah gak asing lagi dengan CV atau Curriculum Vitae. Data berupa profil diri kita ini berisi info penting yang bisa ‘menjual diri’ kita untuk melamar di sebuah perusahaan sehingga kita dianggap layak untuk bekerja di perusahaan tersebut. Nah, berikut ini catatan dari Ibu Diana Tanu, Chief Operations Officer PT. Top Karir Indonesia mengenai ‘jual diri’ lewat CV.

Dua tahun terakhir ini banyak anak muda yang akan lulus atau sudah punya pengalaman bekerja, datang dan bertanya ke saya, “bagaimana sih Mba, cara membuat CV supaya CV saya menarik?” Saya sejujurnya senang sekali dengan anak-anak muda tersebut karena mereka mempunyai keinginan yang besar untuk selalu belajar.

Survey menunjukkan bahwa rata-rata HRD menghabiskan waktu hanya 7 detik untuk melihat apakah sebuah CV cocok untuk posisi yang dicari. Oleh karena itu, kesan pertama pada CV kamu penting sekali loh. Jadi, saya ingin share tips dari para HRD mengenai bagaimana sih supaya kamu bisa ‘terjual’ melalui CV mu:

  1. Mulailah dengan pernyataan yang kuat

Mulailah dengan memperkenalkan ringkasan keahlianmu dan pencapaian yang telah kamu raih untuk menarik perhatian HRD dari ribuan CV yang mereka lihat.

  1. Tunjukkan kontribusimu 

Jangan hanya memperlihatkan dimana pengalamanmu atau posisi yang pernah kamu jalankan baik di perusahaan atau organisasi. Buatlah poin-poin tanggung jawab dan pencapaian yang sudah kamu lakukan.

  1. Tunjukkan kalau dirimu adalah ‘orang yang mereka cari’

Tunjukkan sertifikat atau project yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar atau mungkin foto adalah sesuatu yang penting untuk posisi yang kamu lamar. Oleh karena itu kamu harus tunjukkan foto yang terbaik. Intinya perlihatkan bahwa kamu orang yang mempunyai nilai di posisi tersebut.

Terakhir yang jarang diperhatikan adalah ketelitian dalam pengejaan. Semoga tips ini dapat membantu kalian ‘menjual’ diri melalui CV kamu.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *