Mau Startup Kamu Dilirik Investor? Ini Dia Tipsnya!

Mau Startup Kamu Dilirik Investor Ini Dia Tipsnya!

Bermunculannya digital startup merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi. Startup sendiri memiliki definisi suatu bisnis baru yang berkembang dan identik dengan bisnis yang melibatkan teknologi, web dan internet. Beberapa jenis startup yang kita kenal hingga saat ini ialah fintech, edutech, e-commerce, media dan kesehatan. Di tahun 2018 sendiri diperkirakan ada 300 startup yang hadir di Indonesia.

Dalam menghadapi pertumbuhan startup, maka dibutuhkan pula akselerator yang berperan dalam pengembangan startup. Salah satu startup accelerator yang ada di Indonesia ialah Plug and Play (PNP) Indonesia. Berangkat dari kunjungan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo ke kantor PNP di Silicon Valley pada Februari 2016 lalu yang menginginkan kehadiran PNP di Indonesia yang melandasi startup accelerator ini hadir di Indonesia dan bekerjasama dengan Gan Kapital sebagai local partner. Plug and Play Indonesia sendiri telah mengakselerasi puluhan startup dari industri berbeda dengan memberikan pendanaan atau funding dan juga mentorship.

Wesley Harjono, President Director Plug and Play Indonesia mengatakan jika Indonesia diperkirakan akan menjadi salah satu Negara yang memberikan kontribusi besar dalam hal perkembangan digital di Asia Tenggara. Menurut research dari Google dan Temasek diperkirakan transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 100 Milyar USD di tahun 2025. Pasar yang besar ini tentunya juga harus diimbangi dengan teknologi yang mumpuni.

Nah, berkarir menjadi startupreneur juga diminati oleh millennials. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perusahaan rintisan yang dibangun oleh mereka yang masih berusia muda. Sebagai startup accelerator, tentunya Plug and Play Indonesia memiliki beberapa tolak ukur layak atau tidaknya startup mendapatkan pendanaan. Nah, untuk kamu yang ingin startup-nya mendapatkan pendanaan atau funding dari investor, berikut ini tipsnya dari Wesley Harjono:

  1. Founder harus memiliki visi dan misi yang kuat

Dari mayoritas investor, yang mereka lihat terlebih dahulu adalah founder dan timnya. Bagaimana background, karakter dan cerita mereka.

  1. Teknologi yang digunakan

Apakah produk dengan teknologi yang digunakan memiliki impact yang besar? Bisnis yang memiliki impact lah yang dicari investor.

  1. Startup yang bisa membawa solusi

Selalu lakukan market research yang mendalam, apakah solusi ini tepat untuk industri? Impact-nya apakah besar? Jangan sampai create solusi yang based on personal experience. Tapi harus melihat secara luas. Karena kalau mau jadi entrepreneur, impact-nya harus besar. Solusi itu harus nasional, gak cuma satu kota atau daerah.

Nah, itu dia tips agar startup kamu mendapatkan pendanaan dari investor. Pastikan kamu menjalankan ketiga poin di atas dengan baik ya!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *