Manfaat Membaca Sebelum Tidur

Manfaat Membaca Sebelum Tidur
Membaca adalah jendela ilmu. Ya memang benar, dengan membaca Anda akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan yang baru.
 
Setiap orang tentu memiliki waktu membaca favoritnya masing-masing. Salah satu waktu yang dianjurkan adalah membaca buku sebelum tidur.
 
Menurut para ahli, membaca sebelum tidur disebutkan sangat baik untuk kesehatan. Ada sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan bila melakukan kegiatan tersebut secara rutin.
 
1. Fungsi kognitif meningkat
Penelitian yang dipublikasikan dari Northern Illinois University menemukan bahwa membaca membuat kosa kata dan pengetahuan umum yang dimiliki seseorang lebih tinggi daripada mereka yang tidak suka membaca. Sehingga membaca cepat sebelum tidur dapat membuat Anda lebih pintar.
 
2. Mengurangi kecemasan
Kecemasan dan depresi adalah masalah kesehatan mental yang paling sering dilaporkan menimpa seseorang. Dokter umum di Inggris telah meresepkan untuk membaca buku sebelum tidur bagi pasien yang menderita depresi ringan. Dan ini memang terbukti obat yang sangat ampuh.
 
3. Tidur lebih baik lagi
Menurut National Sleep Foundation, sebuah ritual membaca santai dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur dan membantu pikiran Anda memisahkan waktu tidur Anda dari tekanan hidup sehari-hari. Artinya baca buku sebelum tidur membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak.
 
4. Cegah alzheimer
Meskipun alzheimer bukan penyakit yang dapat dicegah, kebiasaan tertentu dapat membantu melindungi fungsi otak, dan dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terserang Alzheimer. Setiap aktivitas yang merangsang otak adalah pelindung terhadap Alzheimer, sehingga National Institute on Aging menyatakan bahwa orang dewasa yang membaca secara teratur memiliki fungsi mental yang kuat.
 
5. Mengurangi kadar kortisol
Kortisol tidak selalu berarti hal yang buruk. Hormon ini membantu untuk membangunkan orang dari tidur di pagi hari, dan juga membantu mereka mengatasi stres akut. Sayangnya, kortisol yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan, masalah pencernaan, depresi dan kelelahan kronis. Membaca sebelum tidur dapat membantu untuk menurunkan kadar kortisol dalam tubuh serta mengurangi stres.
 
6. Empati berkembang
Kecerdasan emosional adalah kunci untuk mengembangkan hubungan yang sehat, tetapi banyak orang lupa mengembangkan respon empati mereka. Jadi, jika Anda membaca fiksi sastra sebelum tidur, Anda akan lebih mudah untuk memahami emosi orang lain, sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan orang lain. (Sumarni/ SheKnows)
 
Sumber : http://rona.metrotvnews.com/read/2015/08/31/164245/manfaat-membaca-sebelum-tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *