Satu Kata yang Pantang Diucapkan di Tempat Kerja

Satu Kata yang Pantang Diucapkan di Tempat Kerja
Dalam berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja saat di kantor, terkaang Anda tanpa sengaja mengucapkan kata-kata yang tidak tepat. Mulai berhati-hatilah. Sebab, kata-kata yang buruk bisa membahayakan kredibilitas Anda di tempat kerja.
 
"Kata-kata itu penting. Mereka adalah komponen kunci dalam berkomunikasi persuasif," kata Presiden Well Said Inc, Darlene Price, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (7/9/2015).
 
Menurut Price, seorang pemimpin memakai bahasa untuk mempengaruhi pikiran orang lain sehingga mencapai hasil tertentu. "Kata-kata dapat memaksa orang mengikuti keinginan Anda," ujarnya.
 
Namun, ia mengatakan, satu kata di dunia kerja yang sebaiknya dihindari oleh siapa pun yang ingin sukses adalah "mencoba".
 
Jika atasan Anda mengatakan tugas harus selesai malam ini juga, maka jangan jawab dengan kata itu. "Oke, saya akan mencoba menyelesaikannya," adalah kalimat yang salah.
 
Dengan mengatakan hal itu Anda menyiratkan pekerjaan tidak dapat diselesaikan. Tentu tidak ada bos yang ingin mendengar ada kemungkinan kegagalan.
 
Selain itu, kata Price, kata mencoba juga membuat kesan Anda tidak percaya diri dengan kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu.
 
Sebaliknya, Price menyarankan, gunakan kalimat ini, "Ya, saya bisa menyelesaikannya." atau "Anda akan mendapatkan pekerjaan itu selesai pada sebelum pukul enam sore."
 
Jika bos meminta pekerjaan yang masuk akal, Anda tidak punya alasan mengeluarkan kata mencoba. Tapi jika memang Anda benar-benar tidak dapat menyelesaikannya, katakan dengan sopan untuk meminta perpanjangan waktu sambil mencari cara menuntaskan tugas tersebut.
 
Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2310578/satu-kata-yang-pantang-diucapkan-di-tempat-kerja

Tulis Komentarmu