Inilah Cover Letter yang Bakal Dilirik HRD!

Inilah Cover Letter yang Bakal Dilirik HRD!

 

Bagi kamu yang sedang mencari kerja, pastinya sudah tau dong dengan Cover Letter alias Surat Lamaran Kerja? Nah, sayangnya masih banyak yang suka mengabaikan cover letter ini dan lebih mementingkan CV. Padahal, cover letter itu juga jadi bagian penting saat melamar kerja. Terus, bagaimana cara membuat cover letter yang baik dan benar?

Pertama, pembuka yang baik. Kamu bisa menulis Kepada (jika dalam Bahasa Indonesia) atau Dear Mr/Ms. (jika dalam Bahasa Inggris) kemudian tuliskan nama lengkap beserta jabatannya. Untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, kami sarankan menggunakan Bahasa Inggris. Karena, itu bisa jadi poin plus untuk kamu sebagai keterampilan dalam berbahasa asing.

Kedua, jelaskan apa maksud dari cover letter kamu. Artinya adalah kamu bisa menjelaskan jabatan apa yang ingin kamu lamar di perusahaan tersebut. Beri alasan juga kenapa kamu ingin mengisi jabatan tersebut beserta kualifikasi kenapa kamu cocok untuk mengisi jabatan tersebut.

Ketiga, perkenalkan diri kamu, lulus dari Perguruan Tinggi apa dan apa konsentrasi kuliahmu. Tujuannya agar perusahaan bisa langsung tahu apakah kamu memenuhi syarat yang diminta. Tulis secara singkat apa yang telah kamu pelajari semasa kuliah dan itu berguna untuk bekerja.

Keempat, ceritakan pengalaman berorganisasi atau bekerja. Kalau kamu fresh graduate, kamu bisa menceritakan pengalaman berorganisasi kamu saat kuliah. Kalau sudah bekerja, kamu bisa menulis apa, di mana dan bagaimana pengalaman kerjamu sebelumnya. Nah, kamu bisa menjabarkan secara singkat dengan poin pentingnya saja agar perusahaan tersebut tahu apakah kamu memenuhi kualifikasi yang diminta.

Kelima, buatlah penutup yang baik. Perhatikan penggunaan tata bahasa, tanda baca sampai typo-nya ya! Jangan sampai, isi cover letter-mu sudah bagus tapi ternyata ada typo-nya. Selamat berjuang dan semoga berhasil YOTers!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

One thought on “Inilah Cover Letter yang Bakal Dilirik HRD!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *