Yuk Lebih Melek Keuangan Bareng Aakar, Founder Jouska

Yuk Lebih Melek Keuangan Bareng Aakar Abyasa, Founder Jouska - Young On Top National Conference - YOTNC 2020

Berdirinya Jouska gak terlepas dari sosok Founder-nya, Aakar Abyasa. Lewat kontennya, Jouska ngajak millennials untuk melek keuangan. Konten yang dihadirkan juga gak kaku, yaitu lewat storytelling dan kisah nyata, supaya bisa lebih dimengerti dan dipahami sama gen Y dan gen Z. Yuk, kita bahas profil dari Aakar Abyasa, CEO & Founder Jouska!

Sebelum membangun Jouska, Aakar awalnya menjadi personal financial adviser. Aakar sempat ingin berhenti dari industri finansial dan membangun bisnis, namun semuanya diurungkan setelah ia bertemu dengan seorang perempuan muda yang bercerita tentang masalah keluarganya yang diakibatkan dari investasi bodong. Aakar semakin tercengang saat tahu bahwa rujukan untuk mengikuti investasi tersebut atas saran financial planner-nya.

Momen inilah yang membuat pria kelahiran Banyuwangi, 17 Desember 1985 ini stay di industri finansial. Belum lagi ia melihat adanya gap yang begitu signifikan antara knowledge dan skill dari kelas menengah dengan industri keuangan serta adanya fakta rendahnya literasi keuangan masyarakat Indonesia. Dari sinilah, Aakar memutuskan untuk membangun Jouska, startup yang bergerak di bidang konsultan pengelolaan keuangan independen yang berdiri sejak 2013.

Yuk Lebih Melek Keuangan Bareng Aakar Abyasa, Founder Jouska - Young On Top National Conference - YOTNC 2020Aakar Abyasa mendirikan Jouska supaya millennials lebih melek keuangan.
*sumber foto: Instagram Aakar Abyasa

 

Mengajarkan Millennials untuk Melek dalam Mengatur Keuangan

Bagi Aakar, financial planning itu penting banget. Karena, saat kita lahir, kita sedang dalam masalah krisis, makanya ia menyebut millennials itu sebagai anak krisis moneter. Maksudnya adalah, dimana semua serba mahal, sehingga gak ada pilihan lain buat kita untuk lebih melek finansial. Ada empat pondasi dari financial planning yang sehat, yaitu dana darurat, asuransi (jiwa dan kesehatan), bebas utang dan investasi.

“Jadi saya selalu bilang bahwasanya financial planning terutama untuk millennials, this is not an option, this is the only way to survive untuk menuju impian,” kata Aakar. Ia menambahkan bahwa hemat dan investasi harus dijalankan secara simultan atau dijalankan bersamaan.

Oh iya, pemenang Top Rookie National Agen (2018) dan Leader Top Premium (2010) ini juga ngasih kunci suksesnya nih. Menurutnya, kreativitas itu adalah kunci sukses dalam berkarir. Ide dan pengalaman adalah dua kunci untuk menciptakan kreativitas. Caranya? Bisa diperoleh dari banyak membaca buku, melihat lingkungan sekitar serta memperbanyak pengalaman.

Wah keren banget ya kisah Aakar dalam mendirikan Jouska. Semoga kisahnya bisa menginspirasi kita ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *