Pentingnya Self-Motivation

Salah satu karakter yang dimiliki oleh orang-orang sukses: bisa memotivasi dirinya sendiri. Mereka ngga pernah ngerasa perlu untuk dimotivasi oleh orang lain. Mereka ngga pernah ngerasa perlu ‘didorong-dorong’ untuk bergerak maju, untuk ngga mager (males gerak). Mereka justru menjadi orang yang ngajak orang lain untuk bergerak maju, untuk ngga mager.

Kok bisa? Mungkin kamu bertanya, “Gimana sih caranya untuk bisa selalu termotivasi?”

  1. Sadar dulu deh, kalau sepanjang hidup kamu, masa kamu harus didampingin sama ‘motivator’ terus-terusan? Kalau waktu kecil kita disuruh-suruh mandi, gosok gigi, belajar, dan ribuan hal lainnya oleh orang tua kita, masa sampai dewasa kita masih terus mau disuruh-suruh mandi, gosok gigi, belajar sama mereka? Ngga malu tuh?
  2. Kamu harus punya tujuan yang jelas. Apapun yang memotivasi kamu. Bingung? Coba sekarang kamu merem, trus kamu bayangin: a) kamu paling pengen rumah kamu kayak gimana, seberapa besar. b) kamu kalo liburan pengennya kemana? Amerika? Eropa? Australia? c) seberapa sering dan seberapa lama kamu pengen bisa liburan sama keluarga? d) di keseharian kamu, ketika ke kantor, apa yang kamu bayangin? apa jabatan kamu di perusahaan? ke kantor kamu naik mobil apa? <- Itu semua adalah sebagian dari mimpi kamu. Ini semua bisa kamu jadiin sebagai motivasi kamu dalam hidup.
  3. Mau tau apa motivasi tertinggi dalam hidup? LIFE PURPOSE. Ini lebih dalem daripada semua mimpi kamu yang udah kamu jabarin di Poin 2 di atas. Life Purpose adalah panggilan hidup manusia yang ditentuin sama Tuhan. Ini misi kita di muka bumi. Saya tau Life Purpose saya sejak April 2009 dan semakin ke sini, menjadi semakin detil: “Untuk lebih banyak berbagi ke generasi muda Indonesia”. Makanya kalau liat semua yang saya kerjakan saat ini, saya memimpin beberapa perusahaan dan invest di beberapa perusahaan, yang semuanya punya benang merah: perusahaannya harus bisa ngebuat generasi muda Indonesia jadi lebih hebat.

Kalau kita punya tujuan hidup, punya gol yang ingin kita capai, punya misi yang kuat.. kita ngga akan pernah lagi perlu dimotivasi. Saya percaya motivasi yang sesungguhnya itu ada di dalam diri setiap manusia. Kamu ngga perlu motivator. Saya (Billy) bukan motivator. Kalau apa yang saya lakukan dan katakan dirasa bisa memotivasi kamu, menurut saya, lebih tepatnya: kamu terinspirasi dengan apa yang saya lakukan dan katakan.. tapi siapa yang memotivasi diri kamu untuk bergerak? KAMU.

See you ON TOP!
Billy Boen

Twitter: @billyboen | IG: @billyboenYOT | FB: @billyboenYOT | LinkedIn: Billy Boen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *