Antibiotik Bisa Cegah Covid-19? Mitos atau Fakta?

Antibiotik Bisa Cegah Covid-19? Mitos atau Fakta?

Di tengah penyebaran Covid-19, banyak informasi mengenai mitos dan fakta cara pencegahannya. Salah satunya dengan antibiotik. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata antibiotik tidak dapat melawan virus? Artinya, antibiotik gak bisa mencegah Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh WHO dalam situs resmi mereka. WHO menyampaikan kalau antibiotik itu hanya untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus. Sedangkan Covid-19 sendiri disebabkan oleh virus, jadi sudah dapat dipastikan antibiotik tidak bisa mencegah ataupun mengobati Covid-19.

WHO juga mengungkapkan belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan Covid-19 ini. WHO gak merekomendasikan tindakan mengobati diri sendiri dengan obat apa pun, termasuk antibiotik atau vaksin untuk mencegah maupun mengobati Covid-19. Beberapa obat dan vaksin masih dalam tahap uji klinis. Jadi, kalo udah ngerasa sakit, ada baiknya langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan pengananan lebih lanjut.

Selain itu, dilansir dari alodokter, mengonsumsi antibiotik di saat kita tidak membutuhkannya, misalnya pada infeksi virus, justru bisa menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik. Hal ini tentunya bisa merugikan jika suatu saat terjadi infeksi bakteri dan gak ada antibiotik yang ampuh untuk mengobatinya.

Oh ya, antibiotik juga gak bisa dikonsumsi secara sembarangan, harus ada anjuran dari dokter. Gunakan antibiotik sesuai dengan dosis dan jangka waktu yang ditentukan oleh dokter dan jangan berhenti minum antibiotik sebelum waktunya meskpun gejala sudah membaik, ya.

Karena belum adanya obat atau vaksin untuk melawan atau mengobati Covid-19, baiknya kita menjaga diri dengan cara yang paling efektif. Caranya yaitu dengan rajin cuci tangan, menutup mulut dan hidung dengan siku yang terlipat atau tisu saat batuk atau bersin serta menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dari orang yang sedang batuk-batuk atau bersin-bersin. Kalau gak ada keperluan mendesak, mendingan di rumah aja ya!

Dengan adanya penyebaran Covid-19 ini, saatnya generasi muda dan anak bangsa tampil menyuarakan bahwa dengan prosedur yang tepat, sikap positif bukan saling menghakimi dan menjatuhkan, tidak saling menyalahkan dan terlibat pertengkaran politik, kita bergandeng tangan bersama-sama melewati krisis ini tanpa memperuncing perbedaan politik dan SARA. Karena kita bersama, #IndonesiaKuat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *