Sudah Siapkah Anda Terjun Ke Dunia Kerja ?

Lapangan pekerjaan saat ini sudah merata dan dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai pemerataan tenaga kerja. Maka tidak menutup kemungkinan dimasa yang akan datang masyarakat Indonesia akan tumbuh menjadi masyarakat yang lebih produktif didalam dunia pekerjaan. Terlebih lagi Indonesia sedang mengalai bonus demografi, yaitu kelimpahan penduduk yang usia nya produktif. Kebijakan untuk memperkuat sumber daya manusia tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak, semua elemen harus ikut mendukung agar bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dunia kerja saat ini tentunya harus dibekali ilmu untuk mengusai yang namanya digital. Pada saat ini merupakan suatu masa dunia digital dan teknologi terus bertransformasi secara cepat. Tentunya keahlian dan kepemahaman dibidang digital dan teknologi harus dapat dikembangkan. Selain itu kecakapan kita dalam hal di dunia pekerjaan. Kemajuan teknologi yang ada serta industri yang semakin meluas dan bursa pekerja semakin terbuka lebar mengakibatkan dalam hal bahasa yang digunakan di dunia pekerjaan tentunya secara global. Kepandaian berbahasa inggris secara aktif tentunya dampak dari makin meluasnya dunia pekerjaan. Namun terdapat sisi gelap saat ini, yaitu terkait susah dapat pekerjaan dan naik jabatan jika tidak memiliki relasa orang dalam.

Dunia pekerjaan sekarang juga menuntut untuk kita mampu baik soft skill dan hard skill, karena saat ini zaman modern yang dimana semuanya menggunakan teknologi. Oleh karena itu skill harus diimbangi, maka jika sudah memiliki skill ditambah dengan pengalaman yang telah didapatkan akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Untuk tetap bertahan dalam dunia pekerjaan saya membuat 3 poin utama. Poin yang pertama dan terpenting adalah kesehatan, baik kesehatan fisik dan (psikis) mental. Tanpa tubuh yang sehat apapun pekerjaannya dan semudah dan sedikit apapun jam terbangnya, pekerjaan tersebut akan tidak maksimal dalam melakukannya. Oleh sebab itu untuk tetap bertahan dalam pekerjaan maka harus memiliki tubuh yang sehat dari segi fisik. Karena akan lebih mudah melalukan pekerajaan saat tubuh sedang sehat dan bugar. Selain itu sehat dalam hal (psikis) mental, hal ini dikarenakan pasti didalam dunia kerja banyak tekanan dari berbagai pihak entah ekternal maupun internal. Oleh sebab itu jika dapat mengusai diri dan mental maka akan dapat berjalan lancar dalam dunia pekerjaan. Jika tidak kuat mental, hal yang akan didapatkan adalah sakit mental atau bisa stress.

Poin kedua adalah ketertarikan atau passion, ketertarikan dalam pekerjaan yang kita lakukan merupakan salah satu kunci untuk kita masih dapat bertahan. Bertahan dari berbagai macam kegiatan yang dilalui. Karena jika kita tidak tertarik dalam pekerjaan tersebut, kita tidak akan maksimal mengerjakan nya dan tersa berat dalam melakukannya. Ketertarikan membuat kita terasa ringan dan sangtia dalam pekerjaan, dan tentunya beban tidak terlalu berat karena pekerjaan itulah yang memang passion kita.

Poin ke tiga adalah berbaur dalam setiap kondisi. Tentunya dalam pekerjaan suasana yang didapatkan pastinya akan berbeda setiap saat. Untuk itu mudah beradaptasi dan peka dengan lingkungan sekitar adalah salah satu aspek membangun suasana lingkungan kerja yang lebih nyaman. Dunia pekerjaan bukan hanya tentang diri sendiri namun tentang orang banyak. Tujuan yang dicapai dalam pekerjaan adalah hasil dari banyak nya orang didalamnya, semua saling berpengaruh dan membantu satu sama lain. Oleh karena itu dengan adanya sikap sosial yang baik maka akan memudahkan koordinasi dalam pekerjaan.

[wp_ulike]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *