Seminggu Gajian, Duit Udah Habis? Mungkin Kebiasaan Ini Penyebabnya

Seminggu Gajian, Duit Udah Habis? Mungkin Kebiasaan Ini Penyebabnya young on top

Baru seminggu gajian, eh duit udah habis duluan. Tanpa kita sadari, mungkin berbagai kebiasan kita yang jadi penyebabnya. Mengatur keuangan emang bukan hal yang mudah, salah satunya bagi generasi millennials. Padahal, kita juga harus memperhatikan berbagai pengeluaran finansial yang harus dihindari, supaya keuangan kita tetap aman bukan hanya sampai satu bulan tapi untuk tahun-tahun mendatang. Kemudahan teknologi saat ini, gak menutup kemungkinan merubah kekuatan menjadi ancaman.

Nah, sekarang kita bahas yuk pengeluaran finansial apa aja yang harus kamu hindari.

  1. Latte Factor

Latte Factor memiliki arti pengeluaran kecil yang sifatnya rutin, tetapi sebenernya gak terlalu penting dan bisa ditiadakan. Istilah Latte diambil oleh Bach, penulis sekaligus motivator keuangan di Amerika Serikat dari secangkir kopi. Karena, menurutnya kopi adalah pengeluaran kecil, tetapi kalo dijumlahkan dalam sebulan bisa lebih besar dari biaya listrik dan air. Waduh, bahaya banget nih..

Oh ya, latte factor bukan cuma kopi aja, tapi juga pengeluaran kecil lainnya seperti biaya transfer ATM dan tarik tunai, biaya administrasi bank, sampai ke pengeluaran besar seperti beli barang di luar belanja bulanan. Contohnya beli lipstik, baju dan sebagainya. Kalo udah kayak gini, berarti kamu harus rajin mencatat pengeluaranmu, bahkan sampai yang terkecil. Karena, pengeluaran yang terlihat kecil ini yang berbahaya..

  1. Pay Later

Kedua, Pay Later, kemudahan dalam bertransaksi yang lagi nge-tren saat ini. Sistem dari Pay Later sendiri menalangi dulu pembayaran kamu di awal saat membeli suatu produk atau jasa,baru kamu membayar tagihannya dengan jatuh tempo di bulan berikutnya. Mulai dari beli makan, minum, transportasi online sampai traveling memungkinkan kamu menggunakan Pay Later.

Tapi, kamu juga harus hati-hati nih, karena jangan sampai kamu kebingungan bayarnya nanti karena memilih pembayaran pakai Pay Later ini.

Bahaya Pay Later: Beli Sekarang, Bingung Nanti

  1. Kartu Kredit

Gak bisa dipungkiri benda yang satu ini memang sering menolong di saat-saat genting. Tapi, hati-hati juga dalam menggunakan kartu kredit, karena justru bisa membuat kita menjadi konsumtif. Nah, yang suka bikin kita keliru adalah saat uang cash sudah habis, kita memanfaatkan kartu kredit untuk bertransaksi. Wah, kalo kayak gini sih artinya kamu harus koreksi lagi pengeluaranmu tiap bulan.

  1. Membeli dengan Cara Mencicil

Nah, kamu juga harus menghindari membeli sesuatu dengan cara mencicil. Jangan anggap remeh dengan apa yang akan terjadi ke depannya di hidup kita. Saat ini mungkin kita bisa membayar cicilannya, tetapi apakah ke depannya bisa bayar cicilannya? Gimana dengan dana darurat? Apakah udah siap untuk jaga-jaga kalo kamu nanti sakit? Belum ada dana darurat? Terus, nanti kalo sakit, harus bayar biaya berobat ditambah harus bayar cicilan, aman tuh?

Tips Hemat Anti Ngutang-ngutang Club~

  1. Mengutamakan Keinginan daripada Kebutuhan

Nah yang terakhir juga nih, jangan sampe kamu mengutamakan keinginan daripada kebutuhan ya. Poin ini sih udah sering banget kita bahas, jadi udah pasti kamu paham ya kenapa. Inget nih, di 2020 kebiasaan ini udah harus dihindari.

Maaf Sekadar Mengingatkan, 2020 Kamu Gak Boleh Kayak Gini Lagi Ya

Tapi, ngomongin soal pengeluaran finansial pastinya akan lebih tepat kalo kita ngobrol sama ahlinya. Nah, buat kamu yang mau tau lebih banyak soal pengeluaran finansial yang harus dihindari, mulai dari generasi X,Y,Z, yuk kita ngobrol bareng Aakar Abyasa, CEO & Founder Jouska Indonesia!

Aakar Abyasa akan hadir di Young On Top National Conference 2020 tanggal 4 Juli 2020 di Balai Kartini, Jakarta. Aakar akan ngebahas soal literasi keuangan sampe urusan finansial yang wajib banget kamu tau. Kamu juga bisa nanya-nanya langsung ke Aakar Abyasa di YOTNC 2020.

Yuk Lebih Melek Keuangan Bareng Aakar Abyasa, Founder Jouska - Young On Top National Conference - YOTNC 2020

Selain Aakar Abyasa, masih ada sederet speakers keren dan inspiratif lainnya yang akan sharing cerita serunya, yaitu:

Prilly Latuconsina, Aktris, Entrepreneur, Ketua Bidang Industri Kreatif Rumah Millennials
– Edhozell, Content Creator
– Fauzan Gani, Founder & CEO of DOOgether
– Patrick Effendy, Founder Majelis Lucu Indonesia
– Rico Huang, Co-Founder & CEO Alona & Dropshipaja
Paulina Pungky, Country Manager Valiram Indonesia
– Adrian Syarkawie, CEO Mahaka Media
dan masih banyak lagi

YOTNC 2020 #MenembusBatas udah siap nih ngasih insight menarik untuk kamu semua. Dengan tema #MenembusBatas, kamu akan dapetin pengalaman menarik tentang bagaimana caranya mengajak kamu #MenembusBatas untuk mencapai potensi terbaik dalam diri dan tidak menyerah dengan keadaan dari para speakers di atas.

Yuk langsung aja registrasi sekarang di youngontop.com/yotnc, jangan lupa ajak temen, pacar dan keluarga kamu ya!

Siap #MenembusBatas di YOTNC 2020!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *