Apa yang Dilakukan Leaders?

Ibaratnya iceberg (bongkahan gunung es di antartika), yang keliatan dari luar adalah “suksesnya” aja, perjuangan dan pembelajarannya seringkali ngga keliatan.

Juga seperti atlet lari 100 meter di Olimpiade. Yang seluruh dunia liat cuma 10 detik si para pelari lari di lintasan lomba. Persiapan para atlet selama bertahun-tahun, setiap hari latihan, ngga pernah keliatan.

Jadi, apa yang dilakukan kebanyakan Leaders (dan orang sukses)? BELAJAR TERUS.

Saya ngga bilang Leaders atau orang sukses harus kuliah hingga S2 atau S3. Ngga. Belajar bukan melulu menjadi acuan dari proses belajar. Selama kita hidup, setiap hari, disadari maupun tanpa disadari, sebenarnya kita belajar. Mau ngga mau, kita pasti pelajari suatu hal setiap hari.

Tapi, yang membedakan Leaders dengan non-leaders adalah Leaders memaksakan dirinya untuk secara disiplin dan dengan sadar untuk BELAJAR TERUS. Di saat 99% orang lain memilih untuk males-malesan, Leaders memilih untuk belajar.

Mereka belajarnya gimana sih?

  1. Baca buku. Buku yang mereka baca biasanya yang sesuai dengan passion mereka. Kalau passionnya di investment, buku-buku yang dibacanya biasanya soal investing, atau kalau biografinya kemungkinan besar yang dibaca tentang kehidupannya Warren Buffet. Tapi, Leaders juga memaksakan dirinya untuk belajar akan hal-hal yang diluar passionnya. Tujuannya apa? Untuk membuka pikiran mereka, untuk menambah wawasan mereka. Kita ngga akan pernah tau, kalau mungkin aja kita bisa jadi tertarik akan hal baru di luar sana, yang ujung-ujungnya ternyata bisa jadi passion kita.
  2. Nonton Youtube. Yang ditonton video yang kayak gimana?
    1. Video yang memotivasi mereka, misal: video tentang mobil mewah/sport, tentang rumah mewah, tentang traveling,.. apapun yang menjadi mendeskripsikan arti sukses (yang dapat diukur secara material) oleh mereka.
    2. Video yang bisa menambah skill, wawasan, dan membuka pikiran mereka untuk menjadi Leader yang lebih baik lagi, misal: video TedTalk, video interview orang-orang sukses, video dokumenter tentang suatu brand/bisnis atau sebuah permasalahan yang terjadi di dunia ini. Young On Top pun punya ratusan video di youtube.com/youngontoptv. Silahkan ditonton, karena semuanya dibuat untuk kalian semua.

Apakah lantas hanya buku dan video seperti ini yang boleh dibaca dan ditonton? Of course, ngga. Silahkan kalau kalian mau baca novel, mau nonton video yang sifatnya entertaining (lucu, menghibur), silahkan. Tapi inget, mungkin 99% orang hanya baca dan nonton yang bikin mereka rileks. Tapi 1% yang sukses, selain baca dan nonton yang bikin mereka terhibur, mereka TERUS  BELAJAR.

Di saat sekarang ini, dimana kita disarankan untuk tidak kemana-mana (self-quaranteen at home) karena pandemic Covid-19, inilah saatnya untuk kita menambah ilmu kita sebanyak-banyaknya. Selama ini mungkin kita sibuk dengan rutinitas kita, ke kampus atau kerja Senin-Jumat.. kita jadi punya alasan: “ngga punya waktu untuk baca buku, untuk nonton video yang bisa mencerdaskan kita, karena pas sudah sampe rumah, udah capek, pengen langsung bobo”, now.. no excuse.

Dalam 1 minggu ini, saya baru baca bukunya Bob Iger, CEO Disney selama 14 tahun berjudul “The Ride of a Lifetime”. Saya sekarang lagi baca buku “Trailblazer”-nya Marc Benioff, CEO Salesforce. Saya juga setiap hari nonton youtube, salah satu yang saya sarankan, search: Simon Sinek. Dengerin berbagai talk tentang Leadership yang dia sharing di banyak video.

One more thing, cara belajar terbaik adalah dengan SHARING. Ini yg saya lakukan dengan memaksakan diri untuk nulis berbagai tulisan di youngontop.com ini (https://www.youngontop.com/read/161769/leaders-selalu-berpikir-positif/ , https://www.youngontop.com/read/161611/ngga-enaknya-jadi-pengusaha/ , https://www.youngontop.com/read/161518/pentingnya-self-motivation/ ). Kok sharing = belajar? Karena sebelum kita bisa sharing, otak kita harus kita isi dulu.. dengan baca dan nonton. Dan, ketika kita sharing, kita jadi lebih inget lagi apa yang sudah kita pelajarin.

There you go.. selamat belajar, selamat sharing. Jangan pelit sama ilmu, tulis ya di youngontop.com. Kita bikin generasi muda Indonesia jadi lebih pinter, lebih hebat.

See You ON TOP!
Billy Boen

Twitter: @billyboen | IG & FB: @billyboenYOT | LinkedIn: Billy Boen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *