Cara Menanggapi Haters

Saya rasa hampir semua orang di dunia ini punya Haters.

Di sekolah, sejak SD, pasti udah ada yang ngga suka sama kamukan? Di kampus, di lingkungan kantor, apalagi di dunia bisnis, pasti banyak yang ngga suka sama kita. Semakin kita berada di area yang kompetitif, pasti semakin banyak yang ngga suka sama kita.

Ada pepatah yang bunyinya gini: “Ketika kamu mau membahagiakan semua orang, kamu pasti gagal.” Pasti ada aja yang ngejelekin kamu, “Ah dia pasti ada maunya”, “Dia pasti lagi cari muka”, dst.

Ngga percaya? Coba kamu ambil uang Rp1,000,000 dari ATM, terus kamu bagiin ke 10 tetangga kamu masing-masing Rp100,000. Tetangga kamu yang keluarganya isinya 4 orang pasti ngga se-hepi tetangga kamu yang masih single, dan dalam hati, mereka ngerasa kamu ngga adil, mereka ngerasa seharusnya mereka terima lebih banyak daripada tetangga kamu yang masih single. Ujung-ujungnya, mereka malah ngerasa ngga hepi. Mereka ngerasa Rp100,000 untuk keluarganya yang isinya 4 orang ngga cukup untuk beli apapun. Get my point?

Semakin kamu sukses, Haters kamu akan semakin banyak. Di belakang kamu, mereka akan ngejelek-jelekin kamu. Mereka akan ngerasa semua yang kamu capai itu cuma karena keberuntungan. Mereka ngerasa kamu bisa seperti itu karena dibantu sama network/temen-temen kamu. Nah, tapiiiii… dalam hatinya, mereka berharap bisa seperti kamu. Mereka pengen banget bisa ada di posisi kamu. Tapi mereka ngga sanggup, ngga tau gimana caranya, ngga mau kerja sekeras kamu.

Jadi, apa cara terbaik untuk menghadapi Haters? CUEKIN AJA. Pernah denger peribahasa: “Biarkan anjing menggonggong, Kafilah tetap berlalu” kan? Exactly! Do that! Biarkan mereka menggonggong.

Saya punya 1 prinsip dalam hidup saya: “Kalau niat kita baik (yang tau niat tulus kita ya cuma kita dan Tuhan), jalanin aja; terserah orang lain mau ngejelek-jelekin ide/tindakan kita kayak gimana, jangan dengerin, tetap lakuin!”

See You ON TOP!
Billy Boen

Twitter: @billyboen | FB & IG: @billyboenYOT | LinkedIn: Billy Boen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *