Mengenang 11 Tahun Lalu (YOT Day)

#YOT11Tahun #11TahunMenginspirasi

Senin, 6 April 2009, hujan deras di Jakarta, pohon tumbang di mana-mana. Facebook invitation sudah disebar, ada sekitar 50 CEOs dan 50 media juga diundang. Fashion show oleh JIM Models dan MC Kaemita juga sudah siap. Indosat, Banana Republic, Recharge by Greensands dan Optik Seis juga sudah komit untuk mensponsori peluncuran buku PALING ANEH yang belum pernah dilakukan siapapun kala itu. Hard Rock Cafe Jakarta di Plaza eX sudah siap juga.

Puji Tuhan, semua berjalan dengan baik. Keesokan harinya, puluhan media online dan blogger (lagi hit-hitsnya waktu itu) membuat tulisan tentang peluncuran bukunya dan membahas isi buku “Young On Top” yang saya tulis. Saya diundang ke belasan radio top di Jakarta. Sebulan kemudian, saya diminta tampil di episode program “KICK ANDY” dengan judul episodenya: “Young On Top”. Then, the rest is history.

6 bulan kemudian, saya memberanikan diri untuk resigned sebagai Kadiv F&B MRA Group. Oktober 2009 adalah kala terakhir saya menerima gaji sebagai seorang profesional (karyawan). Sejak saat itu, saya merintis YOT hingga hari ini. 11 tahun. Bukan perjalanan yang mudah. Jutaan hal yang telah saya lakukan dan mayoritasnya gagal. Sedikit banget yang berhasil. Tapi memang benar kata orang sukses: kita ngga perlu selalu benar, kita hanya perlu benar di beberapa hal.. dan itu sudah lebih dari cukup.

Tidak terbayang bisa seperti hari ini… YOT ada di 24 kota, ratusan ribu YOTers yang passionate mau berkarya dan berkontribusi secara nyata untuk Indonesia. Saya punya Komisaris, Direktur, dan tim di YOT Pusat yang hebat-hebat dan punya value yang sama serta mimpi yang sama untuk Indonesia. YOT juga sekarang sudah menjadi ekosistem, total ada 6 perusahaan yang bernaung di bawahnya. Semuanya punya purpose yang sama dengan YOT: peduli sama generasi muda Indonesia dan mau bikin mereka jadi generasi muda yang kuat, yang hebat.

Puji Tuhan, semua ini tidak bisa saya lakukan sendiri. Purpose Hidup yang dikasih tau ke saya olehNYA di bulan Maret 2009: “Saya lahir di dunia ini untuk lebih banyak berbagi”- lah yang membuat saya terus bergerak sesulit apapun rintangannya. Ini yang membuat saya tidak give up selama 7 tahun perjalanan ‘berdarah-darah’ yang harus saya dan keluarga saya hadapi (secara finansial). Selama niat kita tulus, selama kita ngga give up, ketika waktuNYA tiba, semua menjadi indah.

Sejak YOT berdiri, saya bertekad:

  1. YOT harus lebih sukses/terkenal daripada nama penulis/foundernya. Ini sudah berhasil dicapai.
  2. YOT harus melebihi umur penulis/foundernya. Ini kita belum tau, karena saya masih hidup. 🙂

Tapi, poin 2 tersebut sudah berevolusi, saya bertekad: YOT harus bisa berumur setidaknya 100 tahun, harus terus ada hingga 2109. Kalau setelah itu YOT tutup, it’s okay. Kalau YOT masih terus bermanfaat buat Indonesia, puji syukur. Saya pasti sudah ngga ada pada saat YOT merayakan 100 tahun. Setidaknya saat ini saya bisa buat plan hingga YOT bisa terus bermanfaat hingga 2109. Setelah itu, mungkin akan ada Billy-Billy lain dengan YOT lainnya yang akan bisa bermanfaat besar untuk Bangsa Ini.

SELAMAT ULANG TAHUN, DEAR YOTERS DI SELURUH INDONESIA. From the bottom of my heart, i am forever grateful. Terima kasih sudah percaya dengan mimpi saya, mimpi YOT. Ayo terus kontribusi positif secara nyata untuk Tanah Air tercinta ini!

Stay Safe. God bless us all.
Billy Boen

Twitter: @billyboen | IG & FB: @billyboenYOT | LinkedIn: Billy Boen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *