30 Tahun Jadi Pembuktian Adrian Syarkawie Patahkan Stigma Negatif Berkarir di Industri Radio

30 Tahun Jadi Pembuktian Adrian Syarkawie Patahkan Stigma Negatif Berkarir di Industri Radio young on top YOTNC 2020

Ketinggalan zaman, tidak menjanjikan adalah beberapa stigma yang melekat saat membicarakan industri radio. Tapi, Adrian Syarkawie, CEO Mahaka Media berhasil mematahkan stigma tersebut dengan membuktikan tiga dekade ia berkarir di industri radio dan kini memegang 11 jabatan penting di Mahaka Media Group. Yuk kita kenalan sama sosok Adrian Syarkawie dan contek kisah suksesnya!

Adrian Syarkawie memulai karirnya di industri radio sejak tahun 1990 dengan menjadi duty manager di Radio Prambors Jakarta. Saat itu, Adrian mendapatkan tawaran pekerjaan sampingan tersebut dari teman kampusnya. Statusnya yang saat itu masih sebagai mahasiswa gak menyurutkan semangat Adrian untuk bekerja. Waktu yang ia miliki di akhir pekan atau pada saat luar jam kuliah ia gunakan untuk bekerja. Job desc Adrian saat itu adalah mencatat semua kegiatan operasional kantor dan siaran radio.

Karirnya di Prambors berjalan dari tahun 1990 sampai 1995 dengan enam kali berganti posisi. Adrian mengenang, saat itu jabatan sebagai engineering & production supervision sangat berkesan karena ia tidak memiliki latar belakang teknik. Tapi, hal tersebut gak jadi penghambat dan dijadikan penyemangat dengan mempelajari dunia penyiaran lebih dalam.

30 Tahun Jadi Pembuktian Adrian Syarkawie Patahkan Stigma Negatif Berkarir di Industri Radio young on top YOTNC 202030 tahun jadi pembuktian Adrian Syarkawie patahkan stigma negatif berkarir di industri adio.
*sumber foto: Instagram @adriansyarkawie

Setelah berkarir di Radio Prambors, Adrian sempat bekerja di PT JIG Production Jakarta selama setahun. Dilansir dari kontan, Adrian melanjutkan karirnya di Radio 5 A Sec/Music City FM Cibubur. Hingga akhirnya Adrian berkenalan dengan Mahaka Media Group melalui Radio One FM pada tahun 2000. Adrian memulai karir dari level manager. Karirnya menanjak hingga tujuh tahun kemudian ia menduduki posisi direktur utama.

Hingga akhirnya kini, pria lulusan Business Administration and Management Universitas Pancasila ini sukses menduduki 11 jabatan direktur di berbagai anak usaha Mahaka Media Group dengan beragam lini bisnis. Mulai dari radio, penyedia jasa layanan tiket hingga media agency. Dari sini, Adrian belajar banyak hal sekaligus.

 

Patahkan Stigma Negatif Tentang Berkarir di Radio

Saat memulai karir di Prambors, kala itu banyak yang menganggap bahwa bekerja di radio hanya sebagai hobi atau sampingan, bukan sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Hal ini juga sempat dipertanyakan oleh orang tua Adrian mengenai kemantapan Adrian untuk berkarir di industri radio. Tapi, Adrian mampu memecahkan stigma tersebut dan meyakinkan kedua orang tuanya akan pilihan karirnya. Terbukti, saat ini Adrian mampu membuktikan kesuksesannya di industri radio dan saat ini memegang 11 jabatan penting di Mahaka Media Group.

Selama tiga dekade berkarir, pria kelahiran 9 Agustus 1970 ini percaya bahwa keberhasilan seorang pemimpin tidak terlepas dari timnya. Ia percaya bahwa setiap orang di dalam tim bisa saling melengkapi kekurangan satu sama lainnya. Baik pemimpin maupun timnya bisa saling belajar.

30 Tahun Jadi Pembuktian Adrian Syarkawie Patahkan Stigma Negatif Berkarir di Industri Radio young on top YOTNC 2020Bagi Adrian Syarkawie, kesuksesan pemimpin tidak terlepas dari peranan tim.
*sumber foto: Instagram @adriansyarkawie

Selain itu, do the best juga jadi salah satu kunci keberhasilan yang ia pegang hingga saat ini. Baginya, melakukan yang terbaik sudah pasti harus dipegang teguh oleh setiap orang. Gak hanya itu, Adrian juga meyakini bahwa setiap orang punya kemampuan lebih dari apa yang dirinya ketahui.

“Seringkali kita menganggap dapat mengerjakan 10 tugas sudah cukup, padahal sebenarnya bisa jauh lebih baik daripada itu,” ungkap Adrian dilansir dari kontan.

Banyak kunci kesuksesan lainnya yang dipegang teguh oleh Adrian, yaitu kita harus punya nilai atau value yang wajib kita terapkan dalam bekerja. Selain itu, jangan pernah untuk berhenti bermimpi dan mewujudkannya. Karena, hidup tanpa mimpi hanya sebatas mewujudkan tujuan yang ada di depan mata. Mimpi besar inilah yang menjadi pijakan Adrian dalam mengembangkan bisnis radio Mahaka Media Group.

Wah keren dan inspiratif banget ya cerita Adrian Syarkawie dalam menjalani karirnya selama tiga dekade ini di industri radio. Sosoknya yang inspiratif pas banget buat kita jadikan panutan!

Kamu masih penasaran gak sama kelanjutan ceritanya? Kalo kamu masih kepo sama sosok Adrian Syarkawie, kamu bisa lho dengerin langsung cerita seru dan inspiratifnya di acara Young On Top National Conference 2020 tanggal 4 Juli 2020 di Balai Kartini, Jakarta. Gak cuma dengerin aja, tapi kamu juga bisa nanya-nanya langsung ke Adrian Syarkawie di YOTNC 2020.

30 Tahun Jadi Pembuktian Adrian Syarkawie Patahkan Stigma Negatif Berkarir di Industri Radio young on top YOTNC 2020

Selain Adrian Syarkawie, masih ada sederet speakers keren dan inspiratif lainnya yang akan sharing cerita serunya, yaitu:

– Prilly Latuconsina, Aktris, Entrepreneur & Ketua Bidang Industri Kreatif Rumah Millennials
– Fauzan Gani, CEO & Co-Founder DOOgether
– Paulina Pungky, Country Manager Valiram Indonesia
– Axton Salim, Director & CMO of PT Indofood CBP Sukses Makmur
– Edhozell, Content Creator
– Patrick Effendy, Founder Majelis Lucu Indonesia
– Rico Huang, Co-Founder & CEO Alona & Dropshipaja
– Aaakar Abyasa, CEO & Founder Jouska Indonesia
dan masih banyak lagi

YOTNC 2020 #MenembusBatas udah siap nih ngasih insight menarik untuk kamu semua. Dengan tema #MenembusBatas, kamu akan dapetin pengalaman menarik tentang bagaimana caranya mengajak kamu #MenembusBatas untuk mencapai potensi terbaik dalam diri dan tidak menyerah dengan keadaan dari para speakers di atas.

Yuk langsung aja registrasi sekarang di youngontop.com/yotnc, jangan lupa ajak temen, pacar dan keluarga kamu ya!

Siap #MenembusBatas di YOTNC 2020!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *